Kabupaten Musibanyuasin Sekarang


alex

Bagi warga Sumsel, kita masih ingat bagaimana wajah kabupaten Musi Banyuasin pada lima- sepuluh tahun yang lalu. Daerah dengan Ibukota Sekayu itu adalah satu-satunya kabupaten yang paling terbelakang di Sumatera Selatan.

Satu-satunya akses jalan darat menuju Sekayu kondisinya tak pernah bisa mulus. Akibatnya perjalanan kesana bisa berlangsung hingga seharian. Bahkan tak sedikit warga yang lebih suka bepergian menggunakan kendaraan air, dengan alasan sulitnya angkutan umum dan rawan kejahatan.
Masyarakatnya pun demikian. Sebagian besar warga Muba memiliki tingkat pendidikan yang sangat rendah. Waktu itu tak jarang kita temui warga asal Muba yang belum bisa baca tulis, alias buta huruf.
Dalam pergaulan masyarakat Sumatera Selatan, menjadi warga Muba saat itu sepertinya masih dianggap sebagai orang tertinggal, terbelakang. Bahkan bermacam-macam cerita lucu selalu saja mengkonotasikannya dengan orang Muba, orang Sekayu.
Akibatnya, tak sedikit warga asal Muba yang agak malu-malu menyebutkan daerah asal, bahkan ada yang terang-terangan tak mengakui jika dirinya orang Sekayu.
Itulah keadaan Muba dimasa lampau. Kini Muba sudah berbeda. Muba dalam lima tahun terakhir sudah berubah dan berkembang pesat. Muba kini sudah berubah, dari kabupaten terbelakang menjadi kabupaten terdepan. Kabupaten terkaya!
Pendapatan daerah itu sangat fantastis. APBD nya Satu setengah trilyun lebih. Tak ada kabupaten lain di Sumatera dengan APBD sebesar itu.
Segala fasiltas dibangun dengan megah. Bahkan hal yang sebelumnya dianggap sesuatu yang mustahil di Muba, kini justru ada. Misalnya saja Sirkuit Otomotif Skyland.
Untuk memanjakan rakyatnya, Pemkab Muba berjuang sekuat tenaga untuk menelorkan ide-ide cemerlang. Hasilnya, luar biasa!
Muba menjadi satu-satunya kabupaten pertama di Indonesia yang memberlakukan Pendidikan Gratis bagi warganya. Demikian juga dengan kesehatan. Semua fasilitas kesehatan bisa didapatkan secara cuma-cuma.
Pembangunan sarana pendidikan dan kesehatan juga bertebaran dimana-mana.
Sadar akan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di daerahnya, Pemkab Muba memprioritaskan peningkatan kualitas SDM melalui Pendidikan.
SMU Unggulan disediakan bagi siswa Muba yang berprestasi secara gratis. Bagi guru juga disediakan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Beasiswa untuk program S1, S2 bahkan S3 banyak dikeluarkan agar Muba memiliki banyak SDM handal. Bahkan Muba berani membiayai warganya untuk menempuh pendidikan di luar negeri.
Kondisi Kota Sekayu sebagai Ibokot juga kini sangat berbeda dengan masa lalu. Sekayu kini ibarat Mutiara di Sepanjang Sungai Musi. Kota itu telah disulap menjadi sebuah kota yang indah dan maju. Warga Muba benar-benar disenangkan oleh Pemimpinnya.
Kini, menjadi warga Muba adalah kebanggaan. Sejak lahir sudah dapat fasilitas melahirkan gratis. Saat sekolah juga diberikan sekolah gratis. Ketika sakit juga diobati secara gratis. Ketika mau menikah juga ada layanan nikah gratis. Ketika matipun kita masih mendapat layanan Asuransi kematian yang gratis.
Nah, palagi yang kurang?
Oleh karena itu, kini dalam pergaulan masyarakat di luar Muba, orang Sekayu akan mengakui secara tegas jika ditanya dari mana asalnya.
“Ika Wong Sekayu”, ujar Cik Kawairus, warga Sekayu yang biasa bergaul di Palembang. Kini Cik selalu bangga menceritakan kemajuan daerahnya. Ia tak malu lagi jadi orang Sekayu, dan cerita-cerita lucu tentang “kedunguan” orang Sekayu, kini jarang terdengar lagi.
Muba Diambang Sejahtera!

satu atap

PEMKAB MUBA CANANGKAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba), mencanangkan pelayanan terpadu satu pintu yang dipusatkan di satu gedung di Sekayu.
Pelayanan terpadu satu pintu itu mencakup 48 jenis pelayanan untuk masyarakat, kata Bupati Muba, H. Alex Noerdin di Palembang, beberapa waktu lalu.
Menurut dia, program tersebut dalam upaya memberikan pelayanan lebih baik dan mudah kepada masyarakat seperti pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), sertifikat tanah, izin mendirikan bangunan dan lainnya.
Dikatakannya, dari 48 jenis pelayanan itu terdapat 11 diantaranya diberikan secara gratis antara lain pembuatan KTP, Surat Izian Mengemudi, bantuan hukum, pembuatan akte kelahiran, sertifikat tanah termasuk layanan melahirkan gratis.
Layanan gratis tersebut diprioritaskan bagi masyarakat yang kurang mampu, katanya.
Menyinggung kemungkinan program tersebut sulit diterapkan di tingkat bawah, menurut bupati, Pemkab Muba dalam menjalankan program pembangunan yang terpenting dijalani dulu baru kemudian dilakukan pembenahan secara bertahap.
Dengan cara demikian, tidak akan ada dinas instansi di suatu daerah dalam wilayah Kabupaten Muba yang tidak mampu melaksanakannya sehingga diharapkan masyarakat terutama warga miskin dapat memperoleh pelayanan lebih baik tanpa harus dibebani biaya, kata Alex Noerdin meyakinkan.(int)

sekolah unggul
SMU UNGGULAN DI MUBA TIDAK SAMA DENGAN DAERAH LAIN

Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri-2 Unggulan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tidak sama dengan yang dimiliki daerah lain di Indonesia, karena semua biaya pendidikan siswa digratiskan.
SMU unggulan di daerah tersebut para siswanya selain diberikan fasilitas biaya pendidikan gratis juga diasramakan secara cuma-cuma, kata Bupati Muba, H. Alex Noerdin dalam suatu acara di Palembang, beberapa waktu lalu.
Menurut dia, para siswa SMU Unggulan itu selain diprioritaskan 80 persen bagi siswa berprestasi di kabupaten tersebut, juga sekitar 20 persennya untuk siswa lulusan SLTP berprestasi dari daerah lain di luar Muba.
Program tersebut dilakukan berdasarkan komitmen dan upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, karena prioritas utama pembangunan di sektor pendidikan dimana bangsa yang maju melalui peningkatan kulaitas pendidikan sehingga berhasil mencetak generasi muda berprestasi.
Mengenai biaya pendidikan itu, menurut dia, dianggarkan melalui APBD yakni 20 persen lebih khusus sektor pendidikan.
APBD Muba tahun 2007 sebesar Rp1,589 triliun, dan dari jumlah itu Rp345,6 miliar diantaranya sektor pendidikan.
“Kalau kita melihat ke belakang sekitar empat tahun lalu, tamatan SMU di Muba tidak satupun yang berhasil diterima di Universitas Sriwijaya, karena kalah bersaing dengan lulusan sekolah lain di provinsi tersebut,” katanya.
Namun setelah pemkab memberlakukan program wajib belajar dengan biaya sekolah gratis, ternyata lulusan SMU di Muba mampu seratus persen lulus dan semuanya diterima di perguruan tinggi negeri baik di Sumsel maupun di provinsi lain bahkan ada yang sekolah ke luar negeri.
“Saya yakin daerah lain kalau komitmen dan mau melakukan, juga bisa seperti Muba, karena daerah yang miskin tidak mampu membiayai pendidikan akan mendapat subsidi melalui APBN pusat yakni sebesar 20 persen,” tambahnya. (int)

About these ads

31 Tanggapan

  1. bagus itu… saya salut dan bangga. Ternyata ada juga daerah di negeri ini yang benar-benar ingin rakyatnya maju ya? Selamat Pak Alex… anda memang hebat. Layak jadi Presiden juga.
    Thanks.

  2. Dengan begitu pesat pembangunan di kota sekayu,aku sebagai anak deso wang Rantau Panjang, sekayu,sekarang saya merantau di jakarta uda 17 thn.sangat dan sangat bangga dgn kemajuan yang sudah di capai di kab sekayu.harapan saya kepada masyarakat MUBA, kalau ngk ada arai rintangan dan halangan,Tolong di( pertahankan BUPATI sekarang ini ( P.H.Alex .N )hidup…pak..Pak BUPATI….hidup……rakyat…..MUBA..yang begitu tulus dan punya kemampuan untuk membawa MUBA Go…..Internasional di segala bidang.
    Para pembaca yang terhormat, mohon maap….saya ini bukan nya kumpanye,ataupun promosi,,,,,,,,melainkan apa yang saya ucapkan ini adalah kenyataan yang di rasa kan oleh masyarakat……MUBA…..kan….terima kasih.

  3. Dan seandainya kota MUBA uda GO…..int….dan pak Alek ngk ada Halangan sebagai pigur pemimpin is The Best,saya sebagai pengurus perkumpulan anak perantau sekayu dan sekitar nya (EKARASSE)di jakarta sekarang ini,kami di jakarta siap mendukung dan mencalonkan Pak Alex…untuk menjadi Orang NO 1 di SUM SEL (GUBURNUR) ,Semoga pak Alex tetep langgeng dan mempunyai Kharisma yang lebih baik sebagai pempin yang handal dan Piawai di masa yang akan datang…..Semoga Tuhan Bersama kita Selalu….amin ya Rbbal allahmin…….Asmawi Ahmad. 081317173251. Asli ,Rantau Panjang.

  4. menjadi seorang gubernur tidak hanya bisa mengatur satu daerah yang ruang lingkupnya kecil, gubernur harus mempunyai insting….dan kreativitas, kerja keras yang luas untuk membangun daera2 diwilayahnya, kemajuan suatu daerah atau kabupaten tidak terlepas dari kebijakan dan peran besar pemerintah provinsi.
    Kemajuan pesat Kab. Muba, Kab Oku dll. tidak terlepas dari peran besar Gubernur Sumatera Selatan Syarial Oesman. jadi jangan berpikir kita ??? lebih hebat.. buktikan di pilkada nanti syarial pasti layak jadi pemimpin sumsel untuk masa yang akan datang.

  5. Kepada Yth
    Bapak Alex N
    Di Sekayu
    Dalam hal pencalonan GUB Sem Sel,untuk Pak ALEX maju terus pak !!!jangan gentar dengan keritik,hinaan,cemohan dari orang2yang tak berpihak ,,,,ini hal biasa maklumlah……???sing penting saya harap pda pak ALEX klu terpilih nanti jadikan SEM-SEL Propinsi NO1 di Indonesia utk segalah bidang yang positive Coyyyy dan jangan lupa pak pempin yang baik itu adalah pemimpin yang merakyat…trim’s…..MARDEKA…..
    wong Deso Rantau Panjang……di Jakarta…….

  6. Ass Wb…… Yung / kupik ,tulung dong kirim2 impo daerah nye ke Email aku untuk lepas rindu ku di kampung halaman..ye….
    ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    Gai mana perkembangan Remajanya di sekayu dan di Deso2,Tolong hususnya kepada aparat keamanan yang berwenang, peran serta pemuka Agama dan Masyrakat perangi NARKOBA jangan sampai ada di sekitar kita,demi masa depan anak cucu kita sebagai Generasi penerus pemimpin Bangsa….. Wasalam Hormat saya…..Wong Desa Rantau Panjang………di Jakarta.

  7. salut sma muba, bangkit trus muba… muba pasti bsa jd kabupaten no1 d sum-sel klo sdm nya mkin brkualitas, ayo muda-mudi muba yg ada d jogja kta jadikan muba best of the best… ^_^¡

  8. hollo dulur2 ape kabar….?gai mane keadaan di sekayu semoga baik2 bae…yek.. Nih buat Pak alek tulong nih ,dengan kondisi dan situasi sekarang ini semua barang2 meranjak naik Hususnya SOMBAKO,tolong di sekayu jangan sampai ikut2tan naik,,,ye,,,ye kasian rakyat di DESO yang berpenghasilan kecil,seperti Tk Becak,Ojek, nyawa,ape lagi yang mantang PARA paroan….kasiaan Pak ALEK…dengan masayrakat seperti ini ,Jangan kayak di Jakarta ape-ape naik2.Tolong ….ya…pak ALEK,kasian dingan wang kite nih…..ape lagi ade yang dak makan…malu ….kite sebagai wang MUBA yang kaya dingen Penghasilan yang cukup Besar Tingkat kabupaten…Terima kasih.

  9. Bagi warga Sumsel, kita masih ingat bagaimana wajah kabupaten Musi Banyuasin pada lima- sepuluh tahun yang lalu. Daerah dengan Ibukota Sekayu itu adalah satu-satunya kabupaten yang paling terbelakang di Sumatera Selatan.

  10. semua daerah sejak otonomi bergerak maju ke depan, siapapun yang memimpin suatu darah jika sumber daya yang ada melimpah tentu akan mampu berbuat banyak di bandingkan dengan daerah dengan SDM/SDA yang terbatas. yang kita rindukan sebagai warga muba adalah kebersamaan. kita rindu duduk bersama para pejabat di saat liburan sabtu minggu, rakyat merasa sedih kalau selalu di tinggal ke luar kota. kita rindu shalat berjamaah di masjid Jami’annur yg mulia. kita rindu pejabat dan staf penjaga gawang yang tidak korup saat mengurus ktp atau izin apalah. tapi rasanya saat itu semua itu masih anggan belaka. semoga sekayuku juga membaik dalam kualitas mentalitas pejabatnya bukan hanya dari kualitas fisik semata. amin.

  11. MUBA OCEEEEE BANGEEET DECH

  12. ass mw wb….
    Apa kabar semuanya warga sekayu dan sekitarnya ?
    Semoga selalu di lindungi YME. amin.
    Untuk Pak Alex bagai mana perkembangannya pak kota sekayu , semoga dengan teriringnya pak alex mau mencalon kan diri mau menjadi GUBURNUR Sum Sel,agar selalu sukses dan tidak ada halangan dari segi apa pun….amin. dan pak Alex…kalau saja saya boleh berminta pada pak alex sebelum meninggalkan jabatan sebagi Bupati sekayu,tolong pak sosialisasikan atau menimal berisedikit gambaran kepada masyarakat untuk calon pengganti pak alex , Supaya mereka ini nantinya tidak salah pilih pimpinannya,biar kota sekayu tetap Exsis seperti saat ini , muda2han lebih maju lagi siapa pun pengganti pak alex nanti.Jangan sampai kota sekayu mundur lagi seperti 5 _ 10 tahun yang lalu. Matilah kita sebagai Anak MUBA. Terima kasih semoga ada tanggapannya. dari Asmawi anak Rantau Panjang, di Jakarta.

  13. Qorry, di/pada Januari 30th, 2008 pada 1:02 p Dikatakan:

    Bagi warga Sumsel, kita masih ingat bagaimana wajah kabupaten Musi Banyuasin pada lima- sepuluh tahun yang lalu. Daerah dengan Ibukota Sekayu itu adalah satu-satunya kabupaten yang paling terbelakang di Sumatera Selata.

    HANYA MENANGGAPI DARI KOMENTAR PAK QORRY.

    Dengan komentarnya pak qorry ,aku jadi ngk nyambung maksud dan tujuannyaini itu mau ngapain. komen yang jelas dong pak !!! ngk di omelin orang kok, asalkan komen nya yang wajar dan jelas atau keritik demi kemajuan. terima kasih. Jangan marah …ya…pak…ha..ha..ha…hahh……

  14. SEMUA DARI KALIAN TAU YANG NAMANYA OTONOMI DAERAH GAK????

    LIMA TAU 10 TAHUN YANG LALU, KALO OTONOMI DAERAH SADAH DI MUBA.. SIIAPO BAE PACAK JADI BUPATI MUBA!!

    SEKARANG DASAR SI TAIK BERNAMA ALEX NOERDIN LAGI HOKI, YAH SUDAH DUIT BANYAK.. BANGUN KOTA KECIK.. SEBAGIAN NIMBUN DUIT.. SEBAGIAN DUIT LAGI BUAT PILKADA!!

    SUDAH2 LAH OI.. KAMU TUH BUYAN GALO KENO TIPU..!!! YAKIN AKU KALO ALEX TEPILIH TAMBAH BUYAN KAMU!!

  15. SEMUA DARI KALIAN TAU YANG NAMANYA OTONOMI DAERAH GAK????

    LIMA TAU 10 TAHUN YANG LALU, KALO OTONOMI DAERAH SADAH DI MUBA.. SIIAPO BAE PACAK JADI BUPATI MUBA!!

    SEKARANG DASAR SI TAIK BERNAMA ALEX NOERDIN LAGI HOKI,.. PAS OTONOMI DAERAH.. MUBA PULO BANYAK DUIT.. YAH SUDAH DUIT BANYAK.. BANGUN KOTA KECIK.. SEBAGIAN NIMBUN DUIT.. SEBAGIAN DUIT LAGI BUAT PILKADA!!

    AKU PERNAH KE MUBA.. AKU KIRO BESAK NIAN,.. JALAN MASIH BELOBANG2, HUTAN.. RUMAH PANGGUNG GALO,, KOTA KECIK.. AI KAU LEX koruptor!!!!!

    SUDAH2 LAH OI.. KAMU TUH BUYAN GALO KENO TIPU..!!! YAKIN AKU KALO ALEX TEPILIH TAMBAH BUYAN KAMU!!

  16. pacak nian ROMI
    jelek2 pak alex , mano perna kau tu kemuba
    kau tuh wong kubu.jadi mano ado duit nak jalan2 ke muba
    dan sebagainya. aku tau kau kau tuh dulu diam/tinggal di pinggir laut tanjung-api2 .

    nah semenjak so nak calon Gub u jadi ikut2an maklum
    biar dapat rai jadi dapat duit .

    kau tuh wong saro jadi jangan banyak cek-cok
    lemak diam bae duma

    sambil minum kopi
    lagian kau jugo dapat duit kopi/rokok dari pak so
    dak lemak tidek bae
    ye

  17. pak alex maju terus………

  18. benar pak jangan takut pasti bpk menang
    kami baca di media
    pak so selalu cari muka

  19. Tidak bisa di pungkiri kalau pembangunan di sekayu mengalami kemajuan pada lima tahun terakhir tapi bagaimana pembangunan di daerah-daerah lain yang menjadi bagian dari Kabupaten MUBA ?

  20. aku asli orang bandung, pernah 3 bulan di sekayu, ngawasin pekerjaan TUGU SEKAYU akhir tahun 2003. awal mula kesana sangat sepi, yang jual mie baso pun tak ada. Kemudian pada saat PON, aku dteng lagi ke Sekayu……takjub…jalan-jalan sudah ramai…seperti jalan-jalan di BAndung….ramai niann…

  21. .tediem pendukung SOHE!!!!!tmbah ciuttt…..
    .dak pca` ngomong,lg…..
    .sudahlah Alex maju bae pantang mundur…..
    .yakin pak Alex pacak ngerebut sumsel 1….
    .sudahlah berharap bae timses SOHE dapetin ide fitnah,lg….
    .huhh…..
    .lah ktawann…… fitan pa,lg??
    .lah bosennnnnn………

  22. kepada pak Alex saya sebagai masyarakat muBA yang ada di rantau selalu mendoakan agar lancar jd gubernur SUMSEL dan buat sUMSEL itu menjadi daerah yang paling maju seperti kota seKayu yang kita cintai….

    kalau bisa jadi presiden ajah biar seluruh masyarakat yang kurang mampu bisa sekolah geratis n berobat geratis….bapak ken sang pelopor….jangan seperti presiden kita yang sekarang hanya mengumbar janji busit….ok salut pada pak ALEX NURDIN….

  23. si romi tai juga tu da tau ape-ape ngomong basing age mulut kau tu ku nju tai…. jangan jangan kau salah satu pendukung OSHE….

  24. I love you Pak AN. Semoga jadi Gubernur Sumatera Selatan atau bahkan Presiden RI.

  25. Kamis, 14 Agustus 2008 14:52 WIB

    Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kontroversi foto calon Gubernur Sumatra Selatan Syahrial Oesman di lokasi perjudian di Genting, Malaysia, mulai menunjukkan titik terang. Menurut pengamat telematika Roy Suryo, sosok lelaki yang menjadi obyek dalam foto-foto ini merupakan Syahrial Oesman.

    Kesimpulan itu disampaikan Roy Suryo di Yogyakarta, Kamis (14/8). Roy menjelaskan, ia telah menganalisa ketujuh foto dengan menggunakan dua metode, baik metode optik maupun logika. Selain menganalisa komposisi gambar, pencahayaan, distorsi, dan kapasitas pixel, Roy juga mengamati file dari telepon seluler yang digunakan untuk memotret obyek.

    Dari tujuh foto yang ada Roy meyakini bahwa lelaki berkacamata dan mengenakan pakaian gelap ini merupakan Syahrial Oesman. Salah satu foto menunjukkan Syahrial tengah duduk salah satu meja permainan judi.(DOR)

  26. Assalamu,alaikum Wr.Wb.

    Saya merupakan salah satu putra daerah MUBA yang sekarang lagi menempuh pendidikan S.2 Magister Profesi Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dan tinggal di Asrama Ranggonang milik PEMDA MUBA, Jl. Tunjung Baru No. 4 Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta.

    Bagi rekan-rekan, masyarakat MUBA yang ingin berkonsultasi masalah Psikologi/kejiwaan, silahkan layangkan ke alamat E-mail : syarkonipsi@yahoo.co.id. insya Allah akan saya respon dengan sebaik-baiknya.

    Syarkoni, S.Psi

  27. Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

    Pasca PILKADA Legislatif yang diselenggarakan pada Bulan April lalu, banyak sekali para Caleg diseluruh Indonesia yang mengalami tekanan mental, stress, bahkan ada yang diberitakan meninggal dunia.

    Ini merupakan ketidak siapan mental dari masing-masing caleg, mungkin salah satu cara adalah dengan menggunakan psikologi positif, yaitu merespon dengan cara-cara positif, bukan dengan cara-cara negatif, pendekatan religi dan spiritual kepada Allah SWT insya Allah akan mengurangi beban mental yang dirasakan.

    Wassalam.

    Syarkoni, S.Psi

  28. ALEX NOERDIN I LOVE U PENO2 AN

  29. pak ada gak beasiswa buat kulia di luar pulau
    (bandung)
    saya sekarang mahasiswa di bandung jurusan planologi’
    .untuk mendukung karir saya di bidang planologi saya mau kulia lagi ambil jurusan kesejarteraan sosial.
    tapi kebentur dana pak.
    mungkin ada beasiswa buat saya

  30. pak ada gak beasiswa buat kulia di luar pulau
    (bandung)
    saya sekarang mahasiswa di bandung jurusan planologi’ tahun 2009 mungkin lulus kulia tahun 2013.
    .untuk mendukung karir saya di bidang planologi saya mau kulia lagi ambil jurusan kesejarteraan sosial.
    tapi kebentur dana pak.
    mungkin ada beasiswa buat saya…

    bantuan dari pabak sangat saya harap kan..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 749 pengikut lainnya.