Asian Games Jangan Sampai Tinggalkan Utang Daerah


Palembang, SumselNewsOnline,

Asian Games 2018 tinggal beberapa bulan lagi dan segala persiapan untuk mensukseskan even olahraga terbesar di benua Asia terus dikebut.

Pemerintah provinsi Sumatera Selatan selaku pelaksana daerah mengklaim jika semua persiapan sudah hampir rampung dan dijamin seratus persen tuntas pada waktunya nanti.

Kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sukses untuk mendapat dukungan pun gencar dilaksanakan, walau hasilnya masih nampak masih biasa biasa saja.

Dana yang digelontorkan untuk membiayai kegiatan ini bukanlah sedikit. Dari APBN pusat 7 triliun lebih dana yang masuk ke Jakabaring. Bahkan dari APBD Sumsel pun ikut tersedot hingga 3 triliun untuk Asian Games ini.

Dengan besarnya anggaran tersebut maka semestinya sudah lebih dari cukup untuk membiayai acara bertajuk olah raga ini.

Pengalaman dari beberapa even olahraga yang pernah dilaksanakan di Sumsel di era Gubernur Alex Noerdin, seperti PON XVI, Islamic Solidarity Games, dan Seagames, yang selalu berakhir dengan menyisakan utang yang membebani daerah, maka untuk Asian Games 2018 ini diharapkan tak lagi meninggalkan utang, melainkan harus mampu memperoleh keuntungan besar yang dapat menambah pundi pundi keuangan daerah.

“Jika dikelola dengan baik, ada banyak peluang mendapatkan untung dari kegiatan ini”, ungkap Subroto salah seorang pegat LSM di Palembang.

Menurut Subroto, Asian Games merupakan pesta olahraga terbesar di Asia yang pasti akan jadi momen menarik bagi perusahan perusahaan di Asia untuk berpromosi. Mereka pasti berminat menjadi sponsor kegiatan ini. Jika pihak penyelenggara mahir dan profesional menghimpun sponsor dari seluruh negara di Asia maka semua pembiayaan mungkin sekali bisa teratasi tanpa membebani keuangan negara, ujarnya.

Nah, kita lihat saja nanti di akhirnya.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s