TRUK ANGKUTAN KAYU LOG KERAP BIKIN MASALAH DI JALAN


Puluhan truk tronton bak terbuka pengangkut puluhan kubik kayu bulat yang hilir mudik di jalur jalan nasional palembang-tanjung enim yang padat lalu lintas, kerap menimbulkan masalah dijalan. Kecelakaan yang melibatkan truk overload muatan sering terjadi dan tak sedikit nyawa melayang.

Upaya membatasi gerak angkutan berat ini memang dilakukan oleh pemerintah daerah, seperti pembatasan operasi pengangkutan dari jam 18.00 hingga jam 6 pagi, namun sepertinya masih belum mampu jadi solusi.

Masyarakat yang merasakan dampak negatif dari keberadaan truk truk besar di jalan raya dengan muatan yang mengerikan, telah lama meminta agar pemerintah menyetop dan melarang pengangkutan kayu log yang  overload dan membahayakan pengguna jalan lainnya, serta sering menimbulkan kemacetan dan kerusakan jalan. Namun hingga kini tindakan tegas seperti itu tidak pernah dilakukan. Nama PT. TEL tampaknya terlalu kuat untuk diusik.

Ribuan kubik kayu log itu memang milik PT. TEL yang berasal dari kalimantan yang diangkut dengan tongkang ke palembang. Dari palembang kayu tersebut diangkut melalui jalur darat ke tanjung enim sejauh 200 km lebih. Disinilah awalnya timbul masalah.

Jalur jalan nasional menuju kota Palembang saat ini sudah cukup sesak oleh truk truk batubara dan truk angkutan antar lintas jawa sumatera. Maka dengan banyaknya truk tronton pengangkut kayu log, bertambah parahlah kondisi jalan raya disini. Kemacetan jadi tontonan sehari hari.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s