Cemari Lingkungan, PT.PUSRI Didemo LSM


demo pusri

Karena dinilai telah puluhan tahun melakukan pencemaran lingkungan dan tidak juga terlihat keseriusan perusahaan itu untuk mengatasinya, sejumlah LSM di Kota Palembang memilih melakukan aksi unjuk rasa untuk meminta PT.Pusri bersungguh-sungguh menyelesaikan masalah ini.

“Dan bila perusahaan tidak juga mampu menyelesaikan masalah percemaran tersebut maka kami meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup segera turun tangan memberikan sanksi yang tegas, jika perlu segera Tutup pabrik yang menjadi biang polutan di Palembang ini”.

Hal ini disuarakan oleh Arifin Kalender, Ketua Pergerakan LSM Sumatera Selatan yang berorasi di pintu gerbang kawasan pabrik PT.Pusri jalan Mayor Zen Palembang.

PT.Pusri yang telah berdiri sejak tahun 50-an ini juga dianggap kurang memiliki tanggung jawab dan kepedulian terhadap warga sekitar yang setiap saat menghirup udara yang telah tercemar gas amoniak. Program CD dan CSR PT.Pusri dianggap tidak sebanding nilainya jika dibandingkan dengan penderitaan warga selama ini.

Oleh karena itu LSM meminta agar PT.Pusri memberikan tambahan lebih besar lagi untuk program kepedulian bina lingkungannya serta wilayah yang jadi sasaran program tersebut lebih diperluas.

“Jangan cuma beberapa kelurahan dan kecamatan saja, melainkan harus diperluas, seluruh wilayah kota Palembang bisa mendapatkan bantuan”, ujar Arifin.

Rombongan pendemo yang membawa massa sekitar 30 orang ini akhirnya diterima oleh manajer Humas PT. Pusri yang mengajak berdialog langsung di ruangan pertemuan sekurity PT.Pusri.

“PT.Pusri menyadari jika masalah lingkungan sejak lama menjadi fokus utama perusahaannya. Dan memang pencemaran sekali-kali terjadi walau hal itu tidak separah dan berbahaya sebagaimana yang dituduhkan”, ujar Manajer Humas yang hadir bersama Bagian Lingkungan serta sejumlah pejabat lainnya.

Menurut Humas tersebut, perusahaannya yang kini menjadi bagian dari induk perusahaan PT. Pupuk Indonesia, sangat serius ingin mengatasi masalah polusi ini. “Insya Allah nanti kita akan meresmikan pabrik Pusri 2B yang memiliki teknologi canggih sehingga dampak polusi akan bisa diatasi seminimal mungkin”, ujarnya.

Pertemuan yang berlangsung singkat itu akhirnya ditutup setelah semua pihak memahami dan PT Pusri menyatakan komitmennya terhadap perbaikan dan pelestarian lingkungan, serta lebih peduli terhadap masyarakat sekitarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s