PROYEK LRT TELAN KORBAN


amper lrt3ampera lrt 1

Pembangunan jalur Light Rail Transit (LRT) di kota Palembang yang saat ini sedang dikebut akhirnya memakan korban jiwa. Salah seorang pekerja terjatuh ke sungai Musi dan hingga berita ini ditulis, korban masih belum diketemukan.

Dari sekian titik pembangunan jalur LRT, pembangunan diareal sungai Musi, tepatnya sekitar jembatan Ampera merupakan daerah yang paling sulit, berbahaya dan beresiko tinggi terjadinya gagal proyek. Pasalnya disini jalur LRT mesti dibangun langsung diatas Sungai Musi, berupa jembatan khusus yang pengerjaannya tidaklah mudah. Daerah sekitar jembatan Ampera dikenal berarus deras dan sangat dalam. Pekerjaan pemancangan tiang Pancang yang saat ini sedang dikerjakan pun termasuk pekerjaan yang berat. Hingga akhirnya terjadi kecelakaan kerja yang merenggut nyawa.

Menurut beberapa sumber, kecelakaan tersebut lebih disebabkan karena pekerja tidak dilengkapi dengan peralatan pengaman sebagaimana yang sudah menjadi ketentuan.

“Pekerja tidak memakai baju pelampung, serta disekitar areal kerja juga tidak disiapkan peralatan penyelamatan seperti perahu karet dan alat-alat menyelam untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan seperti terjatuh ke laut”, ujar seorang sumber di sekitar lokasi pekerjaan.

ampera lrt2

Ketika Sumsel News Online bermaksud mencari tahu kejelasan tentang kejadian kecelakaan kerja tersebut, tak satupun pihak yang bersedia bicara kepada wartawan. PT. Waskita Karya sebagai Main Contractor Proyek LRT pun memilih bungkam.

Sementara itu salah seorang karyawan dari perusahaan subkon yang mengerjakan pemancangan tiang, mengaku kaget jika berita tentang kecelakaan itu sudah sampai ke telinga wartawan.

“Kami masih melakukan pencarian korban dengan dibantu pawang dari Kramasan”, ujar karyawan yang tak bersedia disebut namanya itu. Namun ia tidak mau menjelaskan siapa nama dan asal korban serta kronologis kejadian kecelakaan tersebut.

Nampaknya pihak kontraktor maupun pihak subkontraktor maupun pemilik kapal sewaan berusaha menutup-nutupi adanya peristiwa tersebut. Apalagi kecelakaan tersebut juga disebabkan karena tidak ada peralatan keselamatan kerja dalam pekerjaan di permukaan sungai musi tersebut.

“Jika diusut pasti akan terungkap siapa yang mesti bertanggungjawab, tapi ini sengaja ditutupi”, ujar sumber tadi.

Advertisements

One thought on “PROYEK LRT TELAN KORBAN

  1. ..Iya..itulah buah dari pelajaran di sekolah..justru sekolah mendidik siswa nya,agar menjadi pintar,disegala galanya.Sekarang kesempatan ada, kedudukan mapan,..uang ..nunggu untuk diambil.. Impas dah biaya2 yg sudah di keluarkan demi jabatan itu.. (Lemak di awak ..tak lemak di urang .. 🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s