ROMI HERTON MASIH KENDALIKAN PEMERINTAHAN KOTA PALEMBANG DARI PENJARA SUKAMISKIN ?


ROMI

Jika selama ini kerap kita dengar berita adanya Bandar Narkoba yang mengendalikan bisnisnya dari dalam penjara, namun ini justru berbeda, Romi Herton mantan Walikota Palembang yang kini meringkuk di LP Sukamiskin Bandung karena kasus suap hakim MA ternyata masih juga bisa mengendalikan kekuasaannya dari dalam penjara. Padahal kini ia sudah bukan lagi Walikota karena sudah resmi dipecat dan digantikan oleh wakilnya, Harnojoyo, yang resmi dilantik jadi Walikota Palembang beberapa bulan lalu.

PEMKOT

Sudah menjadi rahasia umum, khususnya dikalangan pejabat dan para politisi di Palembang, mengetahui peran Romi Herton yang masih sangat dominan kendati ia sudah jadi pesakitan di penjara kasus korupsi KPK. Romi seakan sepenuhnya memegang kendali pemerintahan dari jarak jauh, sedangkan Harnojoyo jadi boneka yang bertindak sebagai eksekutor saja.

Dalam menentukan siapa saja pejabat yang didudukan memimpin SKPD nampaknya Harnojoyo tak punya kewenangan sama sekali. Hampir semuanya wajah lama, pejabat andalan Romi Herton yang tidak tersentuh oleh Harnojoyo. Bahkan Walikota Harnojoyo terkesan berjalan sendiri karena tim yang ia pimpin adalah Tim milik Romi Herton.

Menurut beberapa sumber yang layak dipercaya, beberapa kali Harnojoyo bermaksud melakukan penggantian para kepala SKPD namun selalu batal karena adanya tekanan dari Romi Herton.

“Asal ada isu bakal ada pergantian maka para kepala SKPD langsung berbondong-bondong berangkat ke Bandung menemui Romi Herton di LP Sukamiskin untuk melaporkan dan meminta perlindungan”, ujar ZA (45) seorang PNS di lingkungan pemkot Palembang kepada Sumsel News Online.

Hasilnya memang manjur, Romi langsung menegur Harnojoyo dan pergantian pun batal, tambahnya.
Dalam hal penempatan pejabat dan kebijakan-kebijakan strategis nampak sekali Harnojoyo tidak berkutik dan semua tunduk dan patuh pada kendali Romi Herton, walau ia sudah bukan apa-apa lagi.

Memang Romi bukan Walikota lagi, tapi sesungguhnya di tangan Romi-lah kendali pemerintahan kota Palembang saat ini berada.

“Lihat saja, di rumah Romi Herton saat ini masih dijaga oleh puluhan polisi Pamong praja setiap hari, baik yang berseragam ataupun pakaian preman”, ujar sumber lagi.

HARNO

Sanjo Ke Penjara
Ada budaya baru yang kini lagi ramai terjadi di kalangan pejabat pemerintah kota Palembang, yaitu setiap hari jumat para pejabat ramai-ramai sanjo, menjenguk Romi Herton di LP Sukamiskin Bandung. Bahkan salah seorang sumber menyebutkan jika penerbangan setiap jumat pagi pesawat Express Air tujuan Bandung selalu penuh oleh penumpang para pejabat Pemkot Palembang yang bermaksud mengunjungi Romi Herton di Bandung.

“Tujuannya macam-macam, ada yang sekedar laporan, minta petunjuk atau mengantarkan setoran”, ujar sumber tersebut menambahkan.

Akibat sibuknya para pejabat Pemkot yang menengok Romi Herton di setiap akhir pekan maka akibatnya akan sangat sulit bagi masyarakat yang ingin berjumpa dengan pejabat pemkot diakhir pekan.

“Sejak hari Jumat nyaris tak satu pun pejabat pemkot yang masih masuk kantor, termasuk Harnojoyo sendiri”, tambahnya.

Keadaan seperti ini jelas sangat merugikan masyarakat. Semenjak Romi berkuasa dan jabatan walikota berpindah ke tangan Harnojoyo hingga hari ini, masyarakat tak bisa melihat hasil kinerja pemerintahan yang berarti yang telah mereka buat. Tak ada ide-ide cemerlang yang mereka buat. Tak ada terobosan pembangunan yang diluncurkan. Tak sesuatu yang membanggakan sama sekali dari satu periode jabatan yang tak lama akan berakhir ini.

Harnojoyo harus segera bangkit dan punya nyali untuk melakukan pembenahan dan gebrakan. lepaskan ikatan kendali Romi Herton agar ia bisa mandiri. Rombak para pejabat yang tidak profesional. Serahkan jabatan kepada mereka yang mampu, yang pandai dan profesional. Bikin terobosan besar yang dinantikan rakyat.

Jika itu yang dilakukan Harnojoyo, bolehlah ia bermimpi meraih jabatan Walikota sekali lagi. Tapi jika tidak, jika Harnojoyo tetap hanya jadi seorang bonekanya Romi Herton, maka jangan harap akan ada rakyat yang memilihnya nanti. Bersiaplah untuk diludahi. Semoga itu tak terjadi.

Iklan

One comment on “ROMI HERTON MASIH KENDALIKAN PEMERINTAHAN KOTA PALEMBANG DARI PENJARA SUKAMISKIN ?

  1. .. Sudah bisa di tebak.. Kalau bisa di ibaratkan sebuah kendaraan.. Bang Romi.H. Ini Supir dan wakil nya tentu menjabat sebagai kernet. Yang jelas2 semua kerja antara si supir dan kernet, saling mengetahui. Itu,menandakan..meskipun jabatan Romi Herton ini sudah di copot, Si wakil pasti merasa gamang juga, takut,.semua rahasia perkimpoian nya kebongkar. Itu maka nya..omongan dan perintaj dari ex mantan walikota ini,masih sangat sakti. ( Menurut anda ? )

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s