DISPENDA KOTA PALEMBANG TIDAK TEGAS DALAM MEMUNGUT SETORAN PARKIR


dispenda parkir

Pendapatan daerah kota Palembang tahun 2016 ini ditarget 12 Milyar lebih, padahal tahun lalu yang cuma ditarget separuhnya saja ternyata tidak mampu mengejar target. Maka diyakini target yang dipatok DPRD Kota Palembang ini hanya akan jadi mimpi, alias tidak akan pernah terwujud.

Pengelolaan retribusi parkir selama ini dikenal dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Palembang, padahal sesungguhnya ada instansi lain yang juga ikut menerima uang setoran parkir secara langsung yaitu Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Palembang. Bahkan diduga dana yang dikelola dari parkir oleh Dispenda jauh lebih besar nilainya dibanding Dishub.

Dishub hanya mengelola parkir disepanjang bahu jalan dan pinggir-pinggir ruko yang harganya relatif kecil sedangkan Dispenda mengelola tempat-tempat parkir diareal gedung-gedung pusat perbelanjaan, toko-toko dan kawasan tertentu yang tarifnya lebih mahal dan pendapatannya lebih banyak.

Sistem pengelolaan parkir di mall selama ini memang melibatkan swasta dengan sistem pembagian yang lebih menguntungkan swasta yaitu sistem 70:30, sedangkan sistem pembagian uang parkir dishub memakai sistem 60:40. Akibatnya kini banyak areal parkir yang memilih berurusan dengan dispenda dari pada dengan dishub. Dispenda memberi keuntungan lebih besar bagi mereka.

Kawasan jalan Veteran yang disana banyak berdiri ruko penjual mobil bekas pun memilih setor parkir bulanan langsung dengan Dispenda. Mungkin harga bisa lebih murah dan lebih bisa diatur.

Pengawasan penerimaan keuangan parkir yang dikelola Dispenda pun nampaknya kurang begitu jelas. Dispenda hanya menerima setoran sesuai yang diserahkan swasta, bahkan diduga masih banyak kebocoran, sehingga nilai rupiah yang masuk tidak mulus dan banyak penyimpangan.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang duduk persoalan ini Sumsel News Online mencoba mengkonfirmasi pihak Dispenda dan Dishub Kota Palembang. Namun hingga berita ini naik, kedua kepala SKPD tersebut belum berhasil di konfirmasi.

Sementara Kepala Bidang Perparkiran Dishub Kota Palembang. Edy, tidak membantah adanya kemungkinan hal tersebut.

parkir1

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s