Banyak Proyek Tahun 2015 Belum Kelar


Kendati tahun anggaran 2015 sudah dinyatakan tutup buku, namun tak sedikit pekerjaan proyek-proyek di tahun itu yang hingga kini masih belum kelar, bahkan ada diantaranya yang masih jauh dari 100 persen.

Pada proyek jalan dan jembatan yang dibiayai dana APBN misalnya, ada pekerjaan proyek penguatan jembatan Sungai Lilin dan jembatan bayung lincir yang hingga kini masih belum kelar juga, padahal diduga dana proyek tersebut sudah dicairkan semuanya.

Demikian juga pada proyek pembangunan bandara kota Pagar Alam yang didanai APBD Kota Pagaralam puluhan milyar, hingga tutup buku tahun 2015 lalu hingga kini masih belum selesai. Sedangkan anggarannya sudah dikeluarkan dan administrasinya sudah dinyatakan 100 persen tuntas.

Pada proyek dengan dana APBD propinsi pun masih ada pekerjaan yang terlambat penyelesaian, sedangkan keuangannya dan laporannya sudah 100 persen.

Alasan keterlambatan pekerjaan memang bisa beragam, dan sebagian diantaranya bisa dimaklumi. Namun jika pembayaran keuangannya sudah dinyatakan 100 persen berdasarkan laporan kemajuan fisik yang sudah dinyatakan 100 persen, maka hal tersebut adalah merupakan pelanggaran dan penyimpangan yang tidak bisa dianggap wajar. Laporan seperti itu dapat dikatagorikan sebagai manipulasi atau laporan fiktif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s