PERUMAHAN “ALEX NOERDIN” KINI SUDAH BERPENGHUNI


 rumah 1

Puluhan rumah berukuran sangat kecil berderet dapat dengan mudah dijumpai saat kita memasuki kota Palembang dari jalur Musi dua, tepatnya di kelurahan Keramasan. Rumah-rumah mirip sangkar burung itu adalah ide dan terobosan jitu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pada awal masa kekuasaannya pada periode pertama ia menjabat. Rencananya ia membuat program rumah murah yang diperuntukan bagi warga miskin. Janjinya tiap tahun ia akan membangun minimal 1000 rumah.
Sayang, program itu tak berjalan sebagaimana yang ia janjikan, Gubermur tidak serius dalam menjalankan program ini, bahkan akhirnya dibiarkan terlantar. Mungkin saja hal ini disebabkan karena membangun rumah untuk orang miskin tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa bagi kantong pribadi, berbeda dengan membangun sarana prasarana mega proyek seperti Jembatan layang, fasilitas olah raga dan sejenisnya.
rumah alex 1

Kini kondisi perumahan yang biasa disebut warga sekitar dengan sebutan “Perumahan Alex Noerdin” terbengkalai dan tidak dituntaskan. Bahkan sebagian diantaranya ada yang sudah ambruk.
Kendati demikian bagi sebagian warga menilai mubazir saja jika perumahan tersebut dibiarkan terlantar begitu saja. Mereka yang tidak memiliki rumah mulai coba-coba menempati rumah-rumah yang ada. Bahkan saat ini seluruh rumah sudah berpenghuni.
“Lumayan pak, dari pada ngontrak”, ujar Rahman salah seorang warga yang mengaku sudah tinggal disana selama satu tahun lebih. Sebagai seorang sopir angkutan dengan penghasilan pas-pasan, keberadaan rumah kosong ini sangat membantunya dalam hal tempat tinggal.
Jika saja tidak terbengkalai, program rumah murah ini sejatinya saat ini sudah berjalan dengan sukses menolong ribuan warga miskin dalam penyediaan perumahan. Apalagi di lokasi perumahan ini pemerintah juga sudah banyak menggelontorkan proyek sarana dan prasaran pendukung yang nilainya milyaran rupiah. Mulai dari sarana Jaringan dan instalasi listrik, jaringan air bersih, MCK Komunal, dan berbagai sarana lainnya yang kini semua itu jadi mubazir dan sia-sia.
rumah

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sendiri nampaknya menanggapi masalah ini dengan santai dan tidak terlalu serius. Apalagi yang jadi alasan bahwa terbengkalainya program itu bukan kesalahan pemerintah, melainkan itu urusan kontraktor dengan pihak Bank. Karena pemerintah tidak membiayai program tersebut.

Iklan

One comment on “PERUMAHAN “ALEX NOERDIN” KINI SUDAH BERPENGHUNI

  1. Pembangunan rumah alex nurdin sudah bertahun-tahun dibangun, namun sampai sekarang belum tuntas, bahkan sebagian lahannya diduga telah dijual kepada pihak ketiga. Mudah-mudahan sebelum masa jabatan bapak ir.H. alex noerdin sebagai gubernur, semua unit selesai dibangun. Trim’s redaksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s