PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN MUSI DUA NGARET


Mesti Kelar Desember 2014

Pembangunan jembatan duplikat Musi Dua yang dikerjakan oleh perusahaan kontraktor milik BUMN Hutama Karya hingga saat ini masih belum kelar dilaksanakan. padahal berdasarkan kontrak, perusahaan tersebut wajib menyelesaikannya hingga batas desember tahun 2014 lalu. Namun hingga kini kegiatan pembangunan tersebut masih berlangsung dan nampak seperti “kejar-kejaran” dengan waktu dan target.

Menurut salah seorang karyawan di lapangan, keterlambatan penyelesaian proyek tersebut dikarenakan banyak faktor penghambat, diantaranya masalah alam yang selalu berubah-ubah. “Misalnya pada saat pekerjaan pengecoran tiang jembatan dulu banyak terhambat oleh kondisi air sungai musi yang pasang tinggi”, ujar warga asal jawa barat yang tak bersedia ditulis namanya kepada Sumsel News Online.

Namun beberapa warga sekitar menilai jika melarnya waktu penyelesaian pembangunan jembatan musi dua tersebut disebabkan sejak awal pihak kontraktor bekerja kurang cepat dan banyak membuang-buang waktu. Bahkan pekerja yang ada selalu saja gonta-ganti karena banyak yang tidak tahan. Akibatnya pekerja yang ada jumlahnya tidak banyak yang menyebabkan pekerjaan jadi terlambat. Barulah dalam beberapa bulan terakhir pihak PT.HK melakukan percepatan dengan mendatangkan lebih banyak lagi pekerja dari jawa. Kini tahun 2014 berlalu sudah dan proyek jembatan duplikasi musi dua masih belum rampung juga.

Semestinya pihak PU memberikan sanksi yang tegas kepada kontraktor atas keterlambatan tersebut, bukan malah memberikan banyak kelonggaran dengan Addendum – addendum baru. “Seharusnya kontraktor bisa bekerja profesional, tepat waktu dan hasilnya bergaransi dan dipertanggungjawabkan”, ungkap Sukirman salah seorang aktivis LSM kepada Sumselnews Online beberapa waktu lalu. “Kasus robohnya jembatan Kutai Kartanegara di Tenggarong, yang merupakan hasil karya PT.HK juga seharusnya jadi perhatian dan pelajaran yang berharga untuk diwaspadai’ jangan terulang disini!”, ujarnya.

B

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s