GALI LAGI, GALI LAGI !


Aksi gali menggali di sepanjang jalan di kota Palembang seperti tak pernah berhenti. Baru beberapa waktu lalu digali untuk pasang kabel listrik, pasang pipa gas, atau pipa PDAM, eh kini sudah digali lagi. Entah untuk apalagi.

Akibatnya jalan yang belum lama diperbaiki sudah jebol dan rusak lagi. Disana-sini tumpukan tanah bekas galian dibiarkan menumpuk di pinggir jalan. Jalanan tambah kotor ketika hujan datang. Bekas galian tidak tutup lagi seperti semula. Jalan yang berantakan dibiarkan begitu saja.

Inilah kenyataan yang kita jumpai di kota ini, entah sampai kapan akan terus terjadi. Pembangunan jalan atau trotoar  yang menghabiskan uang rakyat tak sedikit akhirnya mubazir percuma. Inilah kerja para pemimpin kita yang tidak mengerti bekerja profesional.

Untuk menggali tanah pada pemasangan pipa atau kabel bawah tanah di kota Palembang sebenarnya tidak bisa sembarangan dilakukan. Mesti ada izin dari penanggungjawab infrastruktur kota. Biasanya Dinas PU yang punya kewenangan ini. Pihak manapun yang telah mengantongi izin untuk memasang pipa atau kabel galian mesti menyiapkan anggaran sendiri untuk perbaikannya. Yang biasa terjadi saat ini di kota ini adalah pihak Dinas PU yang menerima dana untuk menutup kembali bekas galian seperti semula tidak melaksanakan kewajibannya, namun tetap membiarkannya sedangkan untuk perbaikan akan dibebankan pada anggaran negara yang akan dianggarkan tahun depan. Sedangkan uang yang diminta dari pihak pemilik pekerjaan galian tidak ketahuan lagi kemana raibnya. Alhasil, galian-galian di sepanjang jalan merupakan keuntungan bagi mereka karena uangnya bisa masuk ke kantong pribadi. Begitulah selalu yang terjadi.

Kini kita banyak menemukan galian di sepanjang jalan. Entah berapa bapak uang yang diminta Dinas PU, entah kemana lagi larinya uang itu nanti. Kita sendiri tidak pernah tahu, yang kita tahu jalanan jadi rusak, berlobang dan becek saat musim hujan.

Iklan

One comment on “GALI LAGI, GALI LAGI !

  1. Ping-balik: GALI LAGI, GALI LAGI ! | EDDY SANTANA PUTRA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s