EDDY YUSUF LEBIH DIUNGGULKAN


Suhu Politik Memanas Jelang Pilgub Sumsel 2013

Kendati pemilihan Gubernur Sumatera Selatan baru akan dilaksanakan pada akhir tahun 2013 mendatang, suhu politik di daerah ini terus meningkat. Hal ini disebabkan maneuver-manuver politik para tokoh yang disebut-sebut sebagai bakal calon Gubernur sudah semakin tajam. Masyarakat Sumsel akan kembali disibukkan dengan euphoria demokrasi yang terkadang berjalan menyimpang dari rel yang semestinya.

 Beberapa nama yang disebut-sebut telah menyatakan siap untuk tampil dalam Pilgub tahun depan tersebut merupakan wajah-wajah lama yang berasal dari daerah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Umumnya mereka adalah para Bupati dan Walikota yang pada tahun 2013 mendatang akan habis masa jabatannya dan sudah tidak bisa memperpanjang jabatan lagi karena sudah dua periode ia menjabat. Satu-satunya peluang untuk tetap bisa berkuasa adalah ikut serta dalam kegiatan Pilgub, jika berhasil berarti belum akan pension jadi pejabat.

 Walikota Palembang, Edy Santanma Putera yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan sudah lebih dulu mendeklarasikan diri sebagai Bakal Calon Gubernur Sumsel yang akan ikut dalam Pilgub tahun depan dari PDI Perjuangan. Ia memang sangat dikenal di Kota Palembang, namun sangat lemah di daerah kabupaten dan kota lainnya di Sumsel. Bagi warga daerah, nama Eddy Santana tidak banyak dikenal dan kurang popular.

 Demikian juga Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Ir.H.Ishak Mekki yang bakal mencalonkan diri dari Partai Demokrat Sumsel yang dipimpinnya, masih terbilang baru sebatas sebagai tokoh lokal yang sangat dikenal di daerah OKI, namun belum popular di daerah lainnya. Ishak Mekki baru mulai disebut sebagai Bakal Calon setelah gambarnya banyak terpampang di hampir setiap persimpangan jalan yang ada di wilayah Sumatera Selatan.

 Adalagi bakal calon yang sudah sangat agresif melakukan sosialisasi dan pengumpulan dukungan. Ia adalah Herman Deru, Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) yang saat ini menjabat Ketua Nasdem Sumatera Selatan.

 Belum banyak yang tahu partai apa yang bakal dijadikan Herman Deru sebagai kendaraan politiknya untuk maju dalam Pilgub 2013 mendatang. Dipastikan ia tidak akan kebagian lagi dukungan dari partai besar, karena hampir semua partai besar telah mengelus bakal calonnya masing-masing. Bisa saja Herman Deru maju dengan label Calon Independen.

 Peluang Eddy Yusuf

Satu-satunya nama bakal calon yang saat ini banyak disebut dan lebih diunggulkan untuk Pilgub tahun depan adalah Eddy Yusuf, yang saat ini masih menjabat Wakil Gubernur Sumsel mendampingi Alex Noerdin.

 Sebagai Wakil Gubernur yang saat ini masih memimpin seluruh wilayah Sumsel, nama Eddy Yusuf jelas bukanlah nama yang asing. Eddy Yusuf dikenal sebagai pemimpin yang memiliki banyak pendukung dan merata di setiap kabupaten dan kota di provinsi ini. Eddy Yusuf memang berbeda dengan nama-nama lain yang disebut sebagai bakal calon Gubernur, ia justru tidak terlihat ambisi dan lebih membiarkan suasana politik di daerahnya mengalir bagai air di Sungai Musi saja.

 “Masyarakat kita perlu diberikan keteladanan yang baik bagaimana seharusnya bersikap dan berbuat menghadapi agenda-agenda politik seperti Pilgub ini. Kita harus tetap senantiasa menjaga agar suasana masyarakat tetap tenang, tentram dan kondusif. Janganlah kegiatan Pilgub menjadi arena untuk memecah belah persaudaraan”, ungkap Eddy Yusuf dalam salah satu kesempatan kepada Wartawan beberapa waktu lalu.

Tingkat populraitas Eddy Yusuf memang jauh mengungguli nama-nama bakal calon Gubernur lainnya. Bahkan kendati sudah lebih dari 3 tahun berpasangan dengan Gubernur Alex Noerdin memimpin Sumsel, citra Eddy Yusuf justru tetap tegak sebagai pribadi yang terpisah dan berkarakter sendiri. Eddy Yusuf sama sekali tidak terbawa arus politik Alex Noerdin yang spekulatif dan berlebihan. Justru Eddy Yusuf selalu tenang dan tidak terjebak dalam permainan kotor kekuasaan. Eddy Yusuf memilih hidup tenang, nyaman tidak mau berurusan dengan yang namanya KKN.

 Namun belum banyak yang tahu pasti partai apa yang akan digunakan Eddy Yusuf sebagai alat politiknya untuk Pilgub nanti. Diduga Partai Golkar yang saat ini di pegang Alex Noerdin akan memberikan restu bagi Wakil Gubernur ini. Apalagi jika saja Alex Noerdin yang kini sedang ikut dalam Pilgub DKI Jakarta mampu unggul, dipastikan jalan yang sangat terbuka dan mulus bagal didapatkan Eddy Yusuf untuk memenangkan Pilgub Sumsel 2013 mendatang.

 Sebagai Wakil Gubernur Sumsel yang saat ini memegang mandat Gubernur selama Alex Noerdin cuti, Eddy Yusuf tetap mengingatkan kepada semua pihak yang akan turut serta meramaikan Pilgub Sumsel mendatang hendaklah senantiasa mengedepankan kepentingan rakyat banyak, tidak memecah belah persaudaraan warga Sumsel dan berpolitik secara santun dan beretika.

 “Siapapun memiliki kesempatan yang sama, namun marilah kita tetap menjaga suasana kondusif, tenang dan tenteram bagi warga Sumsel bekerja melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Suasana politik tidak perlu mengganggu rutinitas warga, yang biasa ke kebun tetaplah ke kebun, yang pedagang tetaplah berdagang dengan tenang, yang karyawan tetaplah bekerja dengan baik”, tambah Wagub yang dikenal dengan julukan Sang Visioner tersebut. ASS

Iklan

3 comments on “EDDY YUSUF LEBIH DIUNGGULKAN

  1. Ping-balik: Suhu Politik Memanas Jelang Pilgub Sumsel 2013 | EDDY SANTANA PUTRA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s