Usai Seagames Alex Noerdin Dililit Utang


Akan Minta DPRD Menyatakan Pengakuan Utang RP.325 Milyar Dibayar Tahun Depan

Hari ini rencananya Seagames XXVI tahun 2011 akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono di Stadion Jakabaring Palembang. Sesuai rencana segala persiapan sudah dinyatakan siap seratus persen. Semua pembangunan sarana venues olah raga yang ada di Palembang sudah selesai tepat waktu. Walau semua mesti kejar-kejaran dan main sulap-sulapan.

Dana yang dibutuhkan untuk membangun fasilitas olah raga dikawasan Jakabaring Sport City Palembang memang bukan sedikit, ratusan milyar rupiah. Gubernur Sumsel Alex Noerdin sejak awal sudah menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan Seagames di daerahnya. Bahkan untuk membangun semua fasilitas tersebut ia sudah berjanji mampu menyediakannya tanpa menggunakan APBN atau APBD. Oleh karena itu pemerintah pusat dengan senang hati menerima tawaran Alex tersebut.

Pemerintah pusat tetap membantu beberapa sarana dengan dana APBN seperti pembangunan Wisma Atlet yang menelan dana Rp.190 Milyar lebih. Sedangkan fasilitas lainnya dibiarkan Gubernur Sumsel menyediakannya sebagaimana yang telah ia sanggupi sebelumnya.

Pemerintah pusat tidak begitu saja membiarkan Alex Noerdin usaha sendiri. Ada bantuan dana Rp.70 Milyar yang dikucurkan untuk membantu.

Alex Noerdin dihadapkan dengan beban dana untuk membangun sarana kolam renang Aquatic center yang katanya dibutuhkan dana Rp.160 Milyar untuk membangunnya. Untuk membangun lapangan tembak juga dibutuhkan dana mencapai Rp.176 Milyar lebih. Semua itu ditanggulangi dulu oleh pihak kontraktor yang sejauh mana objektivitas proses tender yang dilakukan banyak yang meragukannya.

Usaha Alex menggandeng BUMN memang lumayan membawa hasil. PTBA membangun sendiri sarana olah raga sebagai bentuk bantuan langsung dalam mensukseskan Seagames. Sedangkan dalam bentuk dana, bantuan dari BUMN hanya terhimpun sekitar Rp.33 Milyar saja. Artinya walau ditambah bantuan pusat yang cuma Rp.70 Milyar, masih banyak dana yang dibutuhkan untuk menutupi kekurangannya.

Dari hitung-hitungan kasar, jumlah dana yang mesti dibayarkan Alex Noerdin ke kontraktor mencapai Rp.325 Milyar. Jumlah yang sangat fantastis besarnya yang bisa menjadi beban Alex Noerdin sebagai orang yang sejak awal menjanjikan akan mampu membangun tanpa APBN dan APBD.

Dalam keadaan pusing mencari jalan keluar untuk membayar utang kepada kontraktor pasca seamgames nanti, menurut seorang sumber yang sangat layak dipercaya di kantor Gubernur Sumsel mengatakan jika rencananya Alex Noerdin akan mengusulkan kepada DPRD agar menjadikan dana Rp.325 Milyar sebagai utang daerah.

“Alex akan meminta ke DPRD untuk menyetujui Pengakuan Utang yang akan dibayar pada anggaran tahun 2012 mendatang”, ujar pejabat pemprov tersebut kepada Wartawan.

Menurut sumber tadi, dalam aturan keuangan tidak dikenal istilah Pengakuan Utang, karena yang namanya utang daerah harus sejak jauh sebelumnya diajukan dulu kepada DPRD dengan perencanaan yang baik dan DPRD bisa menyetujuinya. Bukan main berhutang seenaknya lalu minta DPRD mengakui itu sebagai utang yang akan dibayarkan tahun depan.

“Jika usulan seperti ini disetujui DPRD dipastikan akan banyak anggota DPRD masuk penjara”, ujar pejabat tersebut.

Dalam pelaksanaan pembangunan sarana seagames yang mengandalkan dana talangan dari kontraktor dan menjadi beban utang Alex Noerdin ini didapati banyak hal yang agak janggal. Misalnya saja untuk membangun Lapangan Tembak dengan keadaan biasa-biasa saja ternyata anggarannya mencapai Rp.176 Milyar, bandingkan saja dengan Wisma Atlit yang megah dan lengkap saja hanya mencapai Rp.190 Milyar saja. Demikian juga dengan sarana kolam renang aquatiq center yang nilai duitnya sangat besar dengan tender yang tak jelas.

Jika nanti DPRD Sumsel berani menolak usulan Alex untuk Pengakuan Utang sebesar Rp.325 Milyar tersebut berarti Alex Noerdin akan dililit utang karena itu menjadi tanggungjawabnya, kontraktor bisa mengejarnya.

Kita lihat saja dan semoga saja utang ini tidak dibayarnya dengan proyek-proyek lainnya, kasihan rakyat jika uangnya dikorupsi terus.

Iklan

3 comments on “Usai Seagames Alex Noerdin Dililit Utang

  1. BENER NIAN TULISAN TU,,, KEMARIN ALEX AJUKAN ITU SEBAGAI UTANG KE DPR, HAMPIR SEMUA FRAKSI SETUJU… CUMA 3 FRAKSI BELUM SETUJU… JINGOK BAE… KAGEK SEMUANYA BAKAL SETUJU KALAU LAH DIENJUK ALEX DUIT…. NAH.. SIAP-SIAPLAH ALEX DAN DPRD SUMSEL MASUK PENJARA TIPIKOR…

  2. MAksud nyo nak nyingokke Kemampuannyo Si ALex Dak Taunyo Ngutang Sano..uTAng sini Kalu Bener Dio NAk Dapet Pengakuan Utang DAri DPRD II , Alangke Lemaknyo Dio…NAk Di KAtoke Hebat ..KAsihannn..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s