Tambang Batubara Diserang Warga


Sebuah areal perusahaan Tambang Batubara di kecamatan Merapi Timur kabupaten Lahat milik PT. Budi Gema Gempita yang sudah cukup lama bersengketa dengan warga sekitar masalah lahan, kemarin (19/10) tiba-tiba diserang warga dan mengakibatkan 2 unit alat berat hangus dibakar dan salah seorang karyawan babak belur diamuk massa.

Kejadian ini sontak menyebabkan aparat dari Polsek Merapi dibantu Polres Lahat segera turun tangan mengamankan situasi yang terlanjur rusuh. Ratusan warga yang sudah lama memendam emosi karena laporannya ke Polres Lahat dan DPRD Lahat belum juga ada hasil berarti, sedangkan pihak perusahaan yang menyerobot tetap saja melakukan aksi penambangan batubara.

Pihak DPRD Lahat sendiri sebenarnya sudah beberapa kali melakukan upaya menyelesaikan masalah ini dengan melibatkan pemerintah daerah, namun nampaknya belum menemukan titik temu. Hal inilah yang menyebabkan kesabaran warga tidak terbendung lagi untuk melakukan amuk massa.

Kasus-kasus sengketa lahan milik warga dengan perusahaan tambang batu bara di kabupaten Lahat memang banyak terjadi. Kemudahan diberikannya izin Kuasa Pertambangan oleh pemerintah kepada swasta kerap menimbulkan masalah dengan warga sekitar. Biasanya warga sekitar yang lemah seringkali dirugikan dan perusahaan akan semakin arogan karena didukung oleh kekuasaan dan aparat.

Kejadian di kecamatan merapi yang meliputi 3 desa, masing-masing desa Banjarsari, desa Gedung Agung dan desa Arahan, bisa saja terulang di tempat lain jika pemerintah daerah dan aparat setempat kurang bijak dan cepat mengatasi persoalan sengketa lahan seperti ini. Warga akan habis kesabaran dan berani bertindak anarkis karena merasa nasibnya tidak ada yang memperjuangkan.

Iklan

One comment on “Tambang Batubara Diserang Warga

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s