SUMSEL TEMPAT PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN SEAGAMES


Provinsi Sumatera Selatan (sumsel)akhirnya menjadi tuan rumah opening dan closing ceremony SEA Games XXVI November 2011 mendatang. Kepastian itu diumumkan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Malarangeng setelah mendapat ketetapan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Presiden, Jakarta.
Gubernur H Alex Noerdin menyatakan siap menyukseskan pesta olahraga Asia Tenggara tersebut. Ketetapan Presiden setelah mendengar paparan Alex Noerdin tentang kesiapan Sumsel menjadi tuan rumah. Paparan 1,5 jam itu, dilakukan dalam rapat terbatas Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II di Jakarta.
Presiden meminta penyelenggaraan SEA Games dilaksanakan di dua tempat, Palembang dan satu lagi ditetapkan berdasarkan hasil rapat yang dipimpin Wakil Presiden, Boediono. Satu daerah itu diperebutkan oleh DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Dengan ditetapkan sebagai kota penyelenggara, Palembang diminta bersolek.
SBY minta kepada Menteri Pariwisata Jero Wacik untuk mempercantik lokasi penyelenggaraan SEA Games agar ribuan tamu dari 11 negara, yang terdiri dari 10 negara ASEAN ditambah Timor Leste, bisa merasa nyaman datang ke Palembang dan Jakarta. Diperkirakan dua kota penyelenggara SEA Games adalah Sumsel dan DKI Jakarta.
Andi Malarangeng dalam jumpa pers bersama Alex Noerdin dan Ketua Umum KONI Rita Subowo, usai rapat terbatas dengan Presiden menegaskan presiden sudah menetapkan Sumsel menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan SEA Games 2011. “Acara terpusat di Kota Palembang diharap sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi kerakyatan. Ini adalah pertaruhan nama baik kita sebagai bangsa,” kata Andi lagi.
Rita Subowo, menambahkan, hasil rapat dengan delegasi 11 negara, semuanya sudah konfirmasi akan ikuti SEA Games 2011 di Indonesia. “Tapi, mereka minta penyelenggaraannya di dua daerah saja, agar hemat biaya dan efektif,” kata Rita Subowo. “Presiden menyetujui dua kota saja, begitu pula di DPR sudah memberi restu agar cukup di dua kota saja,” timpal Andi.
Hadir dalam rapat terbatas dengan Presiden, yaitu Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Perhubungan Fredy Numberi, Menteri PU Djoko Kirmanto, dan Mensesneg Sudi Silalahi.
Sumsel dipilih karena dinyatakan paling siap. “Hasil pemantauan tim kami, ternyata Sumsel paling siap. Sebagian besar pembangunan venue tidak menggunakan APBD dan APBN. Mereka menggunakan dana hibah, BOT, dan investasi CSR perusahaan di daerah. Pendanaan dari pihak ketiga ini mendapat apresiasi dari presiden. Kita berharap penyelenggaraan SEA Games bisa sukses,” kata Andi.
Alex menjelaskan, seluruh biaya pembangunan venues baru dan lama sekitar Rp1,6 triliun. Komposisinya, Rp60 miliar dari APBD khusus untuk rehab venues lama. Lalu, Rp20 miliar dari APBN untuk pembangunan asrama atlet. “Sisanya dari hibah, investasi, dan BOT. Sebagai contoh kebutuhan water treatmen (air bersih) di kompleks Jakabaring kita mendapat bantuan dari CRS perusahaan di Sumsel,” kata Alex.
Pembukaan SEA Games 2011 diselenggarakan pada 11 November 2011. Koreografernya ialah Denny Malik, penyanyi melayu ibu kota asal Padang, Sumatera Barat. Cabang-cabang olahraga yang di Jawa Tengah dan Jawa Barat berpeluang pindah ke Palembang.
Andi menimpali, ”Sekarang, kita tinggal menetapkan maskot dan logo yang berlaku nasional.”
Rita Subowo berharap Sumsel mampu menyelenggarakan pembukaan dan penutupan SEA Games, serta penyelenggaraan SEA Games secara keseluruhan dengan sukses. “Sebagai tuan rumah kita pertaruhkan nama baik dan reputasi bangsa Indonesia,” bebernya.
Sekitar 24 cabang olahraga akan dimainkan di Palembang. Beberapa cabor itu antara lain sepakbola, gulat, senam, renang, aquatik, dayung, menembak, angkat berat, bowling, ski air, dan polo air.
Presiden berharap ekonomi kerakyatan di Indonesia, khususnya di Palembang dan Jakarta, bisa tergerak dengan penyelenggaraan SEA Games 2011. “Pesan Presiden, manfaatkan momen ini sebaik mungkin. Silakan tata wajah Indonesia secantik mungkin. Bikin suvenir-suvenir cantik, makanan khas Palembang (seperti pempek lenjer, tekwan, dan mi celor) agar dipersiapkan. Sebagai tuan rumah kita targetkan tri sukses, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi kerakyatan,” beber Andi.
Sementara itu, Ketua KONI Sumsel, Muddai Madang, menyambut gembira kabar tentang keputusan tersebut. Katanya, Sumsel segera akan menyiapkan berbagai kebutuhan untuk sukseskan dua acara tersebut. Seperti, siapkan lisence officer sebanyak 300 personel dan relawan yang mencapai seribuan orang. Untuk relawan akan disupervisi oleh Menbudpar. Sementara utnuk perekrutan sudah dibuka dan terbuka.
Sedangkan untuk keperluan lain, seperti kembang api, Muddai mengatakan, Cina siap menyuplai. Sementara sound system akan di-handle oleh Gobel. ”Kami jamin acara pembukaan dan penutupan akan lebih meriah dari Laos,” ujar pria berkacamata ini.
Bumi Sriwijaya juga didaulat menggelar 11 cabang olahraga (cabor) dari 42 cabor yang dipertandingkan. Untuk sukseskan pembangunan, total Sumsel butuh Rp1,6 triliun. Sebab, tidak hanya 11 venues yang disiapkan melainkan 24 tempat pertandingan plus wisma atlet.
Rinciannya, 13 venues disiapkan melalui proses rehabilitasi tempat pertandingan bekas PON 2004. Renovasi akan memakan biaya Rp60 miliar yang diambil dari APBD. Sementara sisanya akan dibangun baru. Sedangkan wisma atlet disediakan Kemenpora setelah Sumsel dapat dana Rp200 miliar dari APBN.
Untuk kekurangan dana, Muddai tidak keberatan karena disokong perusahaan di wilayahnya. Misal, tenis lapangan oleh PT Bukit Asam, Stadion Atletik disediakan Pertamina, Sport Science Center dibantu Medco. Sedangkan ConocoPhilips akan sediakan gedung senam dan cardil yang debit airnya mencapai 60 liter per detik. Tempat pertandingan lain yang akan dibangun seperti lapangan tembak, ski air, dan dayung. ”Untuk maskot, akan memakai Komodo dan Elang. Elang dipakai karena Sumsel sudah identik dengan jenis burung tersebut,” ungkap Muddai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s