GUBERNUR RANGKUL LSM UNTUK MEMBANGUN BERSAMA


Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH mengajak seluruh elemen masyarakat Sumsel, termasuk LSM, NGO dan ormas lain bersama-sama membangun Sumsel. Hal ini diungkapkannya kepada sekitar 30 orang anggota sejumlah LSM yang berunjuk rasa ke kantor pemprov, kemarin.
“Kita imbau, seluruh LSM bersama pemprov ikut membangun Sumsel agar lebih maju,”kata Alex. Agar bisa ikut serta, LSM harus benar karena sebuah organisasi terkecil sekalipun harus terdaftar. Paling tidak di tingkat pemerintahan yang paling rendah.
Untuk itulah, ia mengimbau agar LSM yang belum terdaftar di Badan Kesbangpol Linmas Sumsel bisa segera mendaftarkan diri. “Tujuannya baik, jangan disalahartikan,”ungkapnya.
Dalam rangka menyerap aspirasi dan mendengar pendapat dari para LSM dan ormas yang ada, Alex mengatakan akan mengagendakan pertemuan rutin. “Mungkin bisa sebulan dua kali atau sebulan sekali. Silakan nanti menyampaikan apa yang mau disampaikan dalam rangka kebaikan sama-sama,”katanya.
Ia mengatakan, jika LSM sudah demo, artinya ada masalah di tingkat bawah, termasuk di kalangan masyarakat. Hal ini harus disikapi secara bijak. Diketahui, sekitar 30 orang anggota LSM mendatangi kantor Gubernur Sumsel. Mereka protes adanya rencana sweeping dari Badan Kesbangpol Linmas terhadap LSM yang tidak terdaftar.
Kaban Kesbangpol Linmas Sumsel Drs H Rusli Nawi SDP MSi mengatakan, sweeping dimaksud bukan untuk menakut-nakuti LSM yang tidak terdaftar tersebut. “Sebenarnya bukan sweeping, tapi memantau LSM yang ada di Sumsel. Apakah masih eksis atau tidak, dimana kantornya. Jadi kalau ada acara, bisa kita undang dan berbagai kebaikan lainnya,”tukasnya.

Iklan

16 comments on “GUBERNUR RANGKUL LSM UNTUK MEMBANGUN BERSAMA

  1. SAYA SETUJU KALAU LSM DITERTIBKAN KARENA SEJAK REFORMASI LSM DIJADIKAN ALAT UNTUK MEMERAS (PEJABAT/APARAT/PENGUSAHA DLL) BUKAN MURNI UNTUK KEBAIKAN TAPI YANG PENTING DUIT.
    JANGAN SAMPAI LSM TETAP :
    LOKAK SENANG MAJU
    LOKAK SARO MUNDUR

  2. lsm harus tegar dan berani…………….
    mari bersatu gugat korupsi yang ada disumsel…….
    yang harus kita gugat kasus kakapnya dulu………
    biar oke punya… laponya ke kpk aja…
    lebih bagus dengan Demo……….
    Jika sepakat, kita bongkar ulang laporan yang terdahulu ke pihak penyidik sekaligus mendesak atas laporan yang terdahulu terkhusus kasus MUSI BANYUASIN Mulai Th 2002 sd Th 2008. Disinyalir kasus pd thn2 tersebut masih mengendap di kpk ?……………. nah dari dasr ini kita terus gedor dan desak KPK …….. yakinlah kawan, mudah2han KPK juga ogah ngendapin kss sekelas MUBA apa untungnya….. makanya paling tidak kita mengingat KPK agar Fokus dan mengarahkan nyali dan taringnya untuk kasus besar yg terindikasi Korupsi terkhusus untuk Kabupaten MUBA Sumsel.
    Kepada KPK selamat bekerja….. semoga tidak tebang pilih dan salah tebang.

  3. Sebenarnya Kita ini Khususnya Sumatera Selatan jangan nyelene pakek mau membubarkan LSM dan Mensuwipingnya kita lihat Daerah lain Makasar misal hampir setiap hari terkadi Demo tapi Pihak Pemerintahnya Gubernurnya tidak pernah melarang karena Berdemo itu Sudah di atur dalam Undang-undang “Penyampaian Pendapat Di muka Umum itu di bolehkan asal mempunyai izin jadi patut kita Curigai apabilah ada oknum Pejabat yang melarang orang berdemo apalagi yang di demokan Kasus KORUPSI

  4. KPK Didesak Usut Dugaan Korupsi di Musi Banyuasin
    Hukum & Kriminal / Selasa, 8 Desember 2009 20:19 WIB

    Metrotvnews.com, Jakarta: Puluhan massa yang berasal dari Forum Bersama (Fober) LSM Sumatra Selatan melakukan demonstrasi di halaman gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Selasa (8/12). Mereka mendesak KPK untuk mengusut kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh mantan Bupati Musi Banyuasin (Muba) yang sekarang menjabat Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

    Koordinator aksi Faishal Herman memaparkan, dugaan korupsi tersebut terkait penggunaan dana sosial pada tahun anggaran 2006-2007 senilai Rp99 miliar untuk Kabupaten Muba. “Katanya dana itu diperuntukan bagi masyarakat, tetapi implementasi dana itu tidak jelas kemana. Untuk ukuran kabupaten itu terlalu besar. Kenyataannya masyarakat di sana banyak yang miskin,” cetusnya.

    Kepada KPK, perwakilan kelompok ini menyerahkan sejumlah berkas sebagai bahan untuk ditelaah. Diantaranya, hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan bukti-bukti lainnya yang merupakan hasil temuan di lapangan. Menurut Herman, hasil audit tersebut menunjukan adanya beberapa penyimpangan dalam penggunaan anggaran dimaksud.

    “Hasil audit itu di bawah payung hukum. Tetapi tidak ditindaklanjuti. Kalau ada uang negara yang disalahgunakan, seharusnya dikembalikan ke kas negara,” ujarnya.

    Untuk itulah, massa mendesak KPK untuk segera menindaklanjuti kasus ini. “Kami ingin KPK segera mengusut tuntas,” pungkas Herman. (MI/ICH)

  5. 12 LSM Sumatera Selatan Demo Istana
    Senin, 7 Desember 2009 | 22:27 WITADibaca 27 kali
    JAKARTA, SENIN – Dua belas lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang tergabung dalam forum bersama (Fober) LSM Sumatera Selatan berdemo di Istana Negara, Selasa (hari ini). Aksi demo tersebut juga akan diselenggarakan di Mabes Polri, KPK, dan DPP Partai Golongan Karya (Golkar).

    “Aksi itu dalam rangka mendukung program 100 hari pemerintahan Presiden SBY untuk memberantas korupsi,” ujar Faisal Herman, koordinator aksi, di Jakarta, Senin (7/12).

    Fober LSM Sumatera Selatan tersebut sedianya hendak mendesak KPK untuk terus mengusut dugaan korupsi dana bantuan sosial di kabupaten Musi Banyuasin tahun 2006 dan dana operasional kabupaten tahun 2007 yang menyebabkan kerugian negara milyaran rupiah dan melibatkan mantan Bupati Musi Banyuasin yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. “Kasus tersebut sudah dipegang oleh KPK,” ujarnya.

    Fober LSM Sumatera Selatan juga menuntut DPP Golkar membatalkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) VIII Partai Golkar Sumatera Selatan tertanggal 22-23 November 2009 yang menetapkan Alex Noerdin sebagai ketua DPD Partai Golkar Sumatera Selatan.

    “Hasil Musda itu cacat hukum, karena Alex Noerdin telah melakukan pembohongan publik terhadap para kader partai Golkar untuk memilihnya. Kami meminta DPP Golkar untuk membatalkan aksi tersebut dan menonaktifkan Alex Noerdin sebagai Ketua DPD Partai Golkar.

    “Bahwa sejak tahun 2004-2009 diduga terdapat pengambilan uang negara (merugikan negara) ratusan juta rupiah dengan cara mengambil gaji PNS yang tidak jelas, aapakh itu PNS aktif maupun PNS non aktif,” timpalnya. Selain itu, aksi tersebut juga mendesak Kapolri, Jenderal polisi Bambang Hendarso Danuri untuk mencopot Kapolda Sumatera Selatan, Direktur Reserse kriminal Polda Sumatera Selatan.

    Kepala Satuan tindak pidana korupsi, dan aparat Polda Sumatera Selatan lainnya karena diduga telah membiarkan berkeliaran tersangka dugaan kasus korupsi Rp. 3,1 Milliar Adpel Palembang dana APBN 2008, Syahnan dan Effendy Syarif.

    “Mereka berdua hingga sekarang tidak ditangkap dan ditahan. Itu menunjukkan Polda Sumatera Selatan sebagai makelar kasus yang telah bekerja sama dengan kedua tersangka untuk kemudian tidak menangkap dan menahan keduanya,” tandas Faisal. Aksi tersebut akan dibanjiri sekitar 600 orang dari gabungan kedua belas LSM tersebut.

    (Persda Network/Roy)

  6. KECEWA dengan keberadaan SUMSELNEWS masak berita yang tampil BASI SEMUA, kalo kira-kira gak mampu bikin media yaaah tutup aja. jangan cuma asal aja. jadikan ini sebagai MOTIVATORMU BUNK PENGASUH. Kecewa-kecewa ini nama GETUK=UBI.

  7. Jika tak punya punya DOSA tak perlu TAKUT ! lembaga swadaya masyarakat( LSM ) didirikan oleh masyarakat untuk masyarakat, diatur dalam PP No.71 Tahun 2000 tentang peran serta masyarakat dan penghargaan , mempunyai pungsi untuk mengawasi kinerja dari Pemerintah,jika ada ditemukan para pejabat pelaksana pemerintahan diduga KORUPSI pasti akan akan diminta pertanggung jawabannya di hadapan Hukum, semua sangat jelas ! ada pada posisinya masing-masing tak perlu dibuat-buat lg aturan-aturan dan kebijakan yg sangat tidak POPULER serta tidak Profesional. sudah dipastikan akan timbul dugaan-dugaan MIRING terhadap pemerintahan setempat ! masyarakat diminta untuk berperan AKTIF baik itu secara perorangan maupun dalam wadah ORGANISASI punya badan hukum atau tidak bukan masalah ! yg terpenting punya kejelasan jati diri sebagai WARGA NEGARA INDONESIA dan bertanggung jawab , kita masyarakat sumatera selatan tak perlu takut atau ragu, untuk melaporkan setiap adanya DUGAAN KORUPSI, seorang pelapor STATUSNYA tetap, tidak bisa dirubah menjadi tersangka dalam kasus yg DILAPORKAN ! ( Pasal 5 ayat 1 PP no.71 tahun 2000 ).

  8. KORUPSI di sumatera selatan sudah dalam tingkat yang sangat memprihatinkan ! pembangunan yang terseok-seok, karena banyak proyek dananya sisa SUNATAN para Oknum-Oknum Pejabat , pemborong (kontraktor) yg ada hanya melaksanakan Dana sisa yg disunat, Kontraktor ikut-ikutan men NYUNAT, pihak pihak yg lain BLA-BLA ikut juga me Nyunat, Akhirnya Proyek dilaksanakan sisa dari DANA Sunatan Massal, bagaimana Pembangunan akan berhasil jika proyek-proyek Jalan,jembatan,bangunan2 dan hal lain sebagainya dilaksanakan dengan Dana sisa SUNATAN, bisa dipastikan tidak sesuai dengan RAB dan SPEK,RKS yg ada. ! Kabupaten adalah daerah yg ter parah kondisinya, setiap tahun dana hingga Ber Milyar-milyar baik APBD maupun APBN mengalir untuk Pembangunan hasilnya sangat jauh dari harapan !??????? Salam ANTI KORUPSI !

  9. PROYEK BANYAK YANG DIKAPLING KAPLING DAN DISUNAT SUNAT.
    KESIMPULANNYA MAFIA PROYEK DAN BANYAK TUKANG MALING…
    HANCURLAH NEGERI INI JIKA DIPEGANG OLEHA PENGUASA YANG RAKUS DAN TAMAK HARTA. TANPA MEMIKIRKAN RAKYAT.

  10. Jangan Menyalakan Seorang Gubernur yang Bijaksana Tetapi Majukanlah Sumatera Selatan untuk generasi yang akan datang Klo setiap Problem di Sumsel Dan di Indonesia Masalah diselesaikan dengan Demo Bakalan Bentrok masyarakat di Sumsel Dan Kapan Majunya Provinsi Sumatera Selatan, Apakah Masyarakat Di SUmsel Makin Miskin & melarat.
    Carilah Solusi Dengan Kepala Dingin & Musyawarah Mencapai Kata Mufakat.
    OKe ????!!!!!!!!!!!!

  11. LSM Jangalah Kamu Mengkambing Hitamnkan Pimpinan, Seandainya Kamu Orng2 LSM Jadi Diatas Bagaimana nantinya nya ?
    Apakah LSM masuk Di bUbarkan Oleh SBY ??!!!!!!!!!!!

  12. LSM adalah lembaga yang yang mengakar. bisa dijadikan inspirasi bagi masyarakat. berjuang demi rakyat.

  13. YANG TERPENTING ADALAH… BAGAIMANA MENGAKOMODIR KEPENTINGAN2 RAKYAT YANG MEMANG SELAMA INI TIDAK SEMUA TERSENTUH, YANG ADA HANYALAH KEPENTINGAN POLITIK DAN JABATAN SAJA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s