Rumah Romi Herton

Sebuah bangunan gedung untuk rumah tinggal yang saat ini masih dalam proses pengerjaan yang disebut-sebut milik Wakil Walikota Palembang, Romi Herton yang terletak di jalan Kirangga Wirasantika, Talang Semut Palembang, diduga dibangun melanggar ketentuan. Namun karena sang pemilik adalah orang nomor dua di kota ini, pelanggaran aturan tersebut seakan-akan luput dari pengamatan petugas Tata Kota maupun Trantib. Pembangunannya terus berjalan tanpa ada yang mengusik.

Menurut keterangan seorang sumber di lingkungan pemkot Palembang kepada Wartawan mengatakan jika sebenarnya pembangunan rumah mewah milik Romi Herton ini melanggar aturan kota. Bangunan tersebut dibangun hingga memakan Garis Sempadan Jalan (GSJ).
“Lihat saja, terasnya dengan dua tiang pilar tinggi itu jelas masuk dalam DMJ”, ungkap sumber yang tak mau ditulis namanya itu.
Namun karena itu punya Wakil Walikota tak satupun ada pihak yang mempersoalkannya, tambahnya lagi.
Pengamatan Wartawan di lokasi pembangunan rumah tersebut memang terlalu kedepan. Namun ketika ditanyakan kepada salah seorang pekerja bangunan disana, mereka mengaku tidak tahu masalah itu dan meminta menanyakannya langsung kepada pemiliknya.
Wakil Walikota Romi Herton ketika dihubungi wartawan di kantornya sedang tidak ada di tempat. Sementara itu Kepada Dinas Tata Kota Palembang, Ir.H.Zulkifli juga hingga tulisan ini dibuat belum bisa dikonfirmasi. Beberapa kali Wartawan mendatangi kantornya namun yang bersangkutan tidak ada ditempat.
Seorang aktivis LSM, Mustar Maduron, saat dimintai komentarnya tentang masalah pelanggaran dalam pembangunan rumah pribadi Romi Herton mengatakan bahwa ini menjadi bukti hukum di negara kita yang pilih-pilih. “Ketika menyangkut masyarakat kecil maka ia akan sangat tegas dan tajam. Namun ketika hukum terkait dengan pejabat tinggi maka akan tumpul dan bisa diatur-atur”, ungkapnya.
Nah, bagaimana?

Advertisements