JELANG PILKADA, PENGHARGAAN MARAK


Sepertinya sudah menjadi tradisi, ketika di daerah mulai diramaikan dengan kegiatan Pemilihan Kepala Daerah, orang-orang pusat mulai kasak-kusuk cari duit dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara memberikan berbagai macam penghargaan yang akan berguna untuk mendongkrak prestasi seorang bakal calon kepala daerah dari kalangan incumbent.

Bupati OKU Timur, Muba dan OKU berbaris untuk menerima penghargaan.

Tahun ini kejadian seperti itu nampaknya sudah dimulai. Beberapa penghargaan bersekala nasional, yang katanya sangat bergengsi, telah banyak dibagikan kepada Bupati, Wakil Bupati atau Walikota yang berencana akan mencalonkan lagi untuk periode selanjutnya. Bahkan untuk mendapatkan penghargaan dimaksud, tak sedikit seorang bakal calon incumbent mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Penghargaan yang biasa meramaikan masa pencalonan diantaranya penghargaan bidang Kesehatan, BKKBN, Koperasi dan UKM, Pertanian hingga penghargaan sekelas Adipura. Sudah menjadi rahasia umum jika penghargaan itu dikeluarkan atas pesanan dengan imbalan uang yang tak sedikit. Makanya tak jarang kita jumpai ada suatu Kota yang semrawut dan kotor malah mendapatkan Adipura sampai berturut-turut.

Salah satu penghargaan yang belum lama dibagikan kepada para Kepala Daerah yang akan calon lagi adalah penghargaan Satya Lencana Manggala karya dari BKKBN. Tercatat Bupati OKU Timur Herman Deru yang mendapatkannya. Sedangkan penghargaan dibawahnya, Manggala Karya,  diberikan kepada Bupati MUBA, OKU, Musi Rawas dan Wakil Bupati OKU Selatan. Hanya saja untuk yang OKU Selatan terasa agak ganjil karena bukan Bupatinya yang mendapat penghargaan, tapi wakilnya. Sedangkan peranan wakil secara langsung di bidang KB jarang nampak. Ini diduga karena Wakil Bupati OKU Selatan, Drs.Wantjik Abdullah bakal ikut pencalonan bupati OKU Selatan tahun depan.

Penghargaan lainnya dari Bidang Kesehatan dibagikan juga. Beberapa Bupati yang akan mencalonkan lagi yang mendapatkannya. Motifnya masih sama dan sebangun dengan penghargaan sebelumnya.

Penghargaan-penghargaan itu akan dimasukan dalam daftar kesuksesan sang bakal calon incumbent itu untuk meraih dukungan. Di koran-koran lokal akan dipenuhi ucapan-ucapan selamat berukuran besar. Bahkan tak sedikit daerah yang sengaja mengaraknya keliling kota. Semua itu dilakukan sebagai upaya “kampanye terselubung” untuk memperoleh dukungan. Bagaimana? Setuju?

Bupati OKU Timur Mendapatkan bingkisan KONDOM usai menerima Penghargaan Satya Lencana Manggala Karya

Iklan

2 comments on “JELANG PILKADA, PENGHARGAAN MARAK

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s