KRONI GUBERNUR MULAI TERLIBAT DALAM PROYEK


Kekuasaan kerap kali membuat seseorang terlena dan terjebak dalam tindakan menghalalkan segala macam cara. Apalagi jika untuk mendapatkan kekuasaan tersebut sebelumnya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, maka alasan pengembalian modal menjadi salah satu trik jitu untuk mengeruk keuntungan untuk kepentingan pribadi.

Proyek Besar

Proyek Jalan Talang Keramat yang dikerjakan oleh kroni kekuasaan.

Hal ini memang lumrah dan telah menjadi sesuatu yang biasa terjadi dalam praktek kekuasaan di negeri ini. Bahkan ketika seorang penguasa yang adil dan bijaksanapun bisa saja rusak oleh mereka yang memanfaatkan kekuasaan untuk mencari keuntungan. Mereka para kroni yang bisa berbuat lebih keji dan tak bermoral.

Tanda-tanda kearah sana sudah sangat terlihat terjadi dalam lingkaran kekuasaan di Sumatera Selatan. Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin yang selama ini dikenal sebagai sosok yang santun, bijaksana dan berpihak kepada rakyat, kini mulai dirusak citranya oleh mereka para kroni kekuasaan yang banyak bermain untuk mencari keuntungan. Para kroni ini banyak menguasai pengucuran proyek-proyek pembangunan yang identik dengan uang banyak.

Hal ini sebagaimana yang diakui oleh HR seorang Kontraktor yang biasa menjadi rekanan dibeberapa dinas kepada Wartawan saat ditemui di kantor Asosiasi Pengusaha Kontrusi Indonesia (ASPEKINDO) Sumsel, di jalan Amphibi Sekip Ujung palembang.

Menurut HR, kroni-kroni Gubernur telah membabat habis semua proyek di setiap dinas dan instansi pemerintah di Sumsel. Mereka adalah anak-anak, ipar, saudara dan keluarga Gubernur serta mereka yang mengatasnamakan Tim Sukses ketika Pilgub lalu. Mereka mengkapling proyek-proyek untuk keuntungan pribadi mereka.

“Bahkan kami pun terpaksa harus mengemis dulu kepada mereka jika ingin memperoleh paket pekerjaan. Kalau tidak, maka jangan harap bisa dapat”, ujar kontraktor senior tersebut.

HR menambahkan, seluruh paket proyek PU dibelakangnya ada nama anak-anak dan adik ipar Gubernur. Padahal disana terdapat proyek-proyek dengan nilai rupiah yang sangat besar. Sedangkan di dinas-dinas lain selalu saja ada nama kroni kekuasaan dibalik pengucuran sebuah proyek. Ada dari keluarga, Tim Sukses, pengurus partai berkuasa, hingga organisasi kemasyarakatan yang dekat dengan kekuasaan.

“Bahkan anak gubernur yang perempuan pun banyak ikut bermain dalam berbagai kegiatan yang didanai uang negara”, ujarnya.

Hampir setiap even acara diserahkan kepada Even Organizer (EO) sebagai penyelenggara dan anak gubernur inilah yang menjadi EO nya,” tambah HR lagi.

Jika hal seperti ini terus terjadi ditahun baerikutnya dikhawatirkan citra Gubernur Alex Noerdin akan tercoreng. Padahal selama Alex Noerdin menjadi Bupati Muba dulu, keterlibatan Kroni dalam pengucuran proyek nyaris tidak ada.

“Saya yakin kalau pak Alex Noerdin orangnya bagus. Ia tidak mungkin mau melibatkan kroni dalam kekuasaannya. Tapi ini nampaknya murni inisiatif para kroni yang kerap menjual nama Gubernur untuk mendapatkan keinginannya”, tambahnya. Oleh karena itu demi menjaga nama baiknya seharusnya Gubernur segera memberikan tindakan tegas dan antisifasi agar orang-orang yang ada disekitarnya tidak itut-ikutan memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Nah ggimana pak, semoga ini menjadi masukan yang berharga.

Iklan

19 comments on “KRONI GUBERNUR MULAI TERLIBAT DALAM PROYEK

  1. Ngapo Blog ini lah mulai ngangkat sisi negatif Alex? Jangan-jangan waktu habis Pilgub kemarin janji Alex banyak dak ditepati sehingga lah mulai nyerang…………..sudah-sudah lah yang punyo blog ini saranku cepat-cepat intropeksi diri kalau kito memang kuli atau tukang ulo berenti lah ngikuti wong politik tu buayo galooooooooo…Alex baru setahun bae lah teraso KKN nyo apo lagi sampai 5 Thn hancurlah Sumsel ni.

  2. MENURUT SAYA PROGRAM PAK ALEX BAGUS TAPI SAYANG BELIAU TIDAK KONTROL PELAKSANAANNYA, SEHINGGA INSTANSI PELAKSANANYA MEMBUAT CEMBURU SOSIAL DIKALANGAN MASYARAKAT DAN PENGUSAHA KECIL.. KALAU INI DIBIARKAN PAK ALEX AKAN MENJADI “BOM WAKTU” SAAT PILKADA NANTI, RAKYAT KECEWA PASTI TIDAK AKAN MEMLILIH PAK ALEX LAGI. SAYA SALAH SEORANG YANG TERKENA PELAKU CEMBURU SOSIAL ITU.

  3. alex noerdin adalah sosok yang tenang menghanyutkan, menggambarkan dia adalah seorang licik dan bengis.
    alex noerdin adalah mantan bupati muba, yg telah menjarah dan dikorupsinya habis-habisan.
    alex noerdin itu koruptor kakap, bengak buyan & goblok kamu wong palembang kalo dak tau siapo alex tu sebenarnyo.
    KORUPTOR KAKAP DAN HARUS SEGERA DI BUI

  4. AI SUDAH SUDAH LAH YG PUNYA SITUS INI OMONGKE BAE BAHWA BANYAK KORUPSI PADA MASA ALEX MENJABAT SEBAGAI BUPATI MUSI BANYUASIN DULU, SEKARANG JINGOKLA DEWEK NGURUSI TAA TANJUNG API API DAK PACAK ALASANNYO BESAK BIAYA.
    NGAPO GUBURNUR SEBELUMNYA MAMPU ?
    TAA ITU BAGUS UNTUK KEMAJUAN SUMSEL

  5. Sedih aku nyingok sumsel mak ini ari, cuma jalan ditempat idak begerak gerak, katonnyo sekolah gratis sampai sepatu dibelikan, berobat gratis tapi cuma buat banyak korupsi obat dak sampai ke pasien sisonyo dijual ke pasiean umum. Kalo dak percayo buktiken dewek icak2 keluargo kamu yg miskin dan pake program obat gratis.
    MASAH TANJUNG API API LA KEJINGOKAN DAK BEJALAN PADAHAL ITU KAN DEMI KEMAJUAN SUM-SEL
    KALO PROYEK ITU JADI YANG HAWATIR PEMERINTAH PUSAT, NGAPO HAWATIR GEK PARA INVESTOR BALEK KE SUM-SEL.
    LAH KAN SEKARANG YANG BUYAN TU ALEX NURDIN DAN EDY YUSUF
    ATAU MEMBANG MEREKA SUDAH DIBIAYAI PEMBERINTAH PUSAT WAKTU NAK JADI GUBURNUR

  6. WAKTU PILGUB DULU CAK CENGKI NIAN SEGALONYO NAK DI TURUTKAN GALO KENDAK MASYARKAT
    TAPI NYGOTONYO SETELAH JADI CAK DAK TAU BAE
    APO LAGI EDY YUSUF WONG BATURAJO LA TAU NIAN SIAPO DIO WAKTU NAK JADI BUPATI DULU TAHAN NJILATI BURIT, TAPI LA JAI MUKO KITO LOK TAI DIJONGOK NYO

  7. oiii lex….
    mundur la kau tu…
    janji kau dulu klo dak berhasil program dlm 1 th, nak mundur.
    harus komit lex dgn janji kau dewek.
    jgn jilat ludah samo pantat kau dewek.
    klo kau lex blm galak mundur, berarti kau tu belum blk modal kampanye & blm biso bayar utang2 kampanye.
    ALEX NOERDIN SI PEMBOHONG, KORUPTOR KAKAP.

  8. kepada ytt(terlaknat)yg coment diatas
    dan kpd penghujat bpk Alex Nordin
    coba dilihat dulu kemajuan Sumsel sekarang
    bandingkan dengan yg lalu,
    JANGAN KATAK DALAM TEMPURUNG
    NGOMONG BAE,
    KESIMPULANNYO KAMUTU ,,,,,ANAK KAMPANG GALO,,,,,,,

  9. hahahhahahha….
    sapao suruh milih aku ??
    dah tau anakku dah besak besak, pasti minta jatah proyek lah ……
    hahahhahahah

  10. @RANA
    hhaha sukses nian oooo, kau wong alex apo??
    SUDAh2lah sampe 20 taun kedepan kroni alex masih jalan, yakinlah
    smoga mati kegilas bus si alex ini, ngomong setaun nak mundur?? mano???
    ngomong cuma satu periode bae, manoo????

  11. HHHAHAAA AKU SENENG KAMU MILIH AKU GALO,. NAK KUMAKAN2 GALO SEGALO ISI TAIK YANG ADO DIDUET KAMUU,. BIAR PERUT AKU NEMBAH BESAKKK,.. KAMI PACAK MANDI DUET DEPAN RAI2 KAMBENG KAMU GALOO,. PILIH AKU LAGI YOO PERIODE KE DEPAN,.. BIAR KAMU PACAK JILATI BURIT AKKU GEK UNTUK DAPAT DOET,.. HHHAHAHAAA

    AKU INI BERWIBAWAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA buyaan
    BUSUK PULOK HAWO AKU,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s