TUGAS BARU BAGI PEJABAT BANGKU PANJANG


Menyukseskan pelaksanaan SEA Games XXVI tahun 2011, tak cukup dilakukan segelintir orang. Semua harus berperan aktif. Bukan hanya pejabat yang dipercaya mengemban amanah pada jabatan tertentu, tapi juga PNS yang menghuni ruang bangku panjang, “309” di lantai III, Pemprov Sumsel.
Mereka yang ditempatkan di ruangan itu, para PNS yang sudah pernah mengenyam berbagai jabatan pemerintahan. Tenaga dan keahlian mereka dipastikan akan sangat membantu jika dilibatkan dalam menyukseskan Sumsel sebagai tuan rumah SEA Games.
Karena itu, Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH akan merangkul dan melibatkan seluruh pejabat “309” di lingkup Pemprov Sumsel untuk bersama-sama mempersiapkan SEA Games ini. “Akan kita libatkan semuanya, termasuk di ruang 309,” katanya di hadapan ratusan pejabat eselon II dan III yang dikumpulkan di auditorium Bina Praja beberapa waktu lalu.
Para PNS senior yang dibangkupanjangkan ini diminta menunjukkan kemampuan dan kelebihan agar bisa dilihat kinerjanya. Dikatakannya, maksud dari pengarahan kemarin agar semua pejabat pemprov bisa menyatukan semangat, tekad, dan jangan terpecah belah dalam blok-blok tertentu. “Tidak mudah dapatkan ini. Bukan pula hadiah dari pemerintah pusat. Ini kehormatan hasil perjuangan kita,” tegas Alex.
Ia mencontohkan, banyak yang tidak tahu kalau investor yang membangun lapangan tembak sudah tiga kali berganti. Belum lagi perjuangan keras lainnya. Awal majunya Sumsel menjadi satu dari empat provinsi yang menjadi tuan rumah SEA Games XXVI mendapat cibiran dan cemoohan banyak pihak.
Harus diakui, Sumsel hanya punya beberapa venues yang tidak standar. Itupun peninggalan PON 2004. Kurang sumber daya manusia dan tidak punya dana. “Tapi ada satu yang tidak dimiliki daerah lain, yakni kemauan dan tekad. Makanya setelah paparan di hadapan presiden dua hari lalu, kita yang dipilih untuk tempat open and closing ceremony SEA Games nanti,” bebernya.
Keputusan pusat, di Sumsel akan dimainkan 28 cabang olahraga (cabor) dari 44 cabor yang dipertandingkan pada SEA Games 2011. Kemungkinan masih bisa bertambah, tergantung kesiapan daerah lain.
Hanya, Alex berharap DKI Jakarta tidak “lempar handuk” karena terlalu berat bagi Sumsel untuk menggelar semuanya sendirian. Kelebihan lain yang membuat Sumsel terpilih yakni sudah dipersiapkannya pembangunan atlet village (wisma atlet) yang mampu menampung 4.000 atlet dalam satu lokasi. Ini ternyata menjadi syarat utama untuk bisa menjadi tuan rumah. Sumsel sudah mengajukan dana Rp416 miliar, namun oleh pemerintah pusat hanya dikabulkan Rp200 miliar dari APBN.
Dijelaskan Alex, SEA Games tahun depan hanya sasaran antara untuk menuju sasaran akhir yang lebih besar. Multiplier effect dari pelaksanaan SEA Games ini dipastikan akan membawa dampak positif bagi pembangunan Sumsel, khususnya perekonomian masyarakat. “Dipastikan dengan adanya even bertaraf internasional ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan dan penyerapan tenaga kerja lokal,” cetusnya.
Dengan menjadi tempat open and closing ceremony, Sumsel kembali menerima tambahan dana dari pemerintah pusat sekitar Rp200 miliar. Bisa jadi, dengan tambahan pendanaan, alokasi APBD Sumsel Rp60 miliar untuk rehab venues lama tidak akan terpakai.
Asisten II Pemprov Sumsel, Ir H Eddy Hermanto SH MM menambahkan, tambahan dana Rp200 miliar itu belum dipastikan untuk apa. “Setidaknya jadi tambahan kita pada pembukaan dan penutupan nanti. Belum lagi dana-dana tambahan lainnya,” tutur Eddy.

Iklan

6 comments on “TUGAS BARU BAGI PEJABAT BANGKU PANJANG

  1. BAGAIMANA RASANYA DIPIMPIN OLEH iR ALEX NOERDIN ?……
    Sehebat apakah kepemimpinannya dengan Syahrial Oesman ?………..
    Sudah 1 Tahun Kepemimpina Alex Noerdin, Apa sudah ada Hasilnya ?………..
    Bagaimana dengan Pengelolaan Proyek yang ada disumsel ?…..apa bermanfaat bagi rakyat kecil ?…………….
    Bagaimana dengan kinerjanya ?………….. apakah berpihak pada rakyat kecil?…
    Enak pilih Alex Noerdin Atau pilih Syahrial Oesman ?……………….ayo bagaimana rasanya ?……………….

  2. dem aku nyesal nian dipimpin oleh alek noerdin ikak, mendingan syahrial dulu. hasilnyo mempen keliatan jelas, lagi pulek wange merakyat nian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s