Dermaga Gasing Jadi Tempat Bongkar Muat kayu Illegal


Kayu Ilegal sedang dimuat ke dalam truk di dermaga gasing

Kayu Ilegal sedang dimuat ke dalam truk di dermaga gasing

Adanya akses jalan menuju pelabuhan tanjung api-api, kendati belum seluruhnya rampung, namun kini keberadaannya telah dimanfaatkan masyarakat. Selain masyarakat sekitar yang terbantu dengan keberadaan infrastruktur jalan tersebut, ternyata juga membangkitkan kegairahan bagi dunia usaha. Sayang pemanfaatan sarana jalan tersebut tidak dibarengi dengan rasa tanggung jawab untuk merawatnya. Akibatnya tak sedikit kondisi badan jalan yang kembali rusak akibat beban kendaraan dan tonase muatan yang berlebihan.

Keberadaan Dermaga Gasing juga ikut memperparah kondisi jalan yang dibangun hingga ratusan milyar tersebut. Setiap hari puluhan truk bermuatan ratusan kayu hasil olahan masuk melalui pelabuhan yang dikelola Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin ini. Akibatnya kondisi terminal dan jalan akses menuju dermaga menjadi rusak.
Yang lebih memprihatinkan lagi, kayu-kayu yang datang dengan kapal-kapal kayu ini diduga berasal dari kawasan ilegal loging. Kapal tersebut bersandar di dermaga lalu membongkar muatannya untuk dipindah ke truk-truk yang telah antri.

Selama ini memang distribusi kayu ilegal dari Sumsel menuju Jakarta hanya bisa dilaksanakan melalui jalur laut. Apalagi umumnya keberadaan pabrik-pabrik kayu (sawmil) yang mengolah kayu hasil penebangan liar ini berada di daerah perairan. Dengan adanya Dermaga Gasing serta akses jalan yang dekat menyebabkan para pengusaha kayu ilegal ini berani memilih jalur darat.

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas dermaga bagi kegiatan bongkar muat kayu-kayu olahan hasil penebangan liar sebenarnya bukan hasil proses yang mudah. Apalagi dermaga gasing cukup dekat dengan kota Palembang sehingga tak bisa luput dari pengawasan aparat. Namun karena loby yang kuat dan konsfirasi dengan aparat tersebut akhirnya para cukong kayu itu bisa dengan leluasa memanfaatkan fasilitas negara untuk keuntungan pribadi

Keberadaan oknum aparat dari TNI dan Polri menjadi indikasi kuat jika kegiatan ilegal ini dibekingi mereka. “Dalam satu hari tak kurang dari 180 kubik kayu olahan ilegal yang diangkut truk dari dermaga gasing ini”, ujar Ibrahim seorang aktivis LSM yang hampir satu bulan ini terus memantau kegiatan ilegal yang telah menjadi pendukung kerusakan hutan di propinsi ini.

Menurut sumber, pengusaha yang membabat hutan di Sumsel dan seenaknya memanfaatkan dermaga gasing ini diantaranya bernama Kanang, Paulus Ten, dan seorang pengusaha keturunan China lainnya. Mereka memang para ‘pemain’ lama yang malang melintang dalam bisnis kayu ilegal di Sumsel.

Hasil pemantauan wartawan di lokasi, sabtu (21/2) ada dua kapal pengangkut kayu sedang melakukan aktivitas bongkar muat. Para buruh angkut sedang sibuk memindahkan muatan ke dalam truk yang terparkir di terminal barang.

Ketika wartawan mencoba mengambil foto aktivitas bongkar muat, seseorang yang diduga oknum aparat yang jadi bekingnya berusaha melarang dengan kasar.

Seorang yang mengaku bernama Jum menjelaskan jika kayu tersebut milik kanang yang baru bongkar. Sedangkan satu kapal lainnya yang telah kosong muatan adalah milik Paulus yang telah bongkar beberapa jam yang lalu.

About these ads

3 Tanggapan

  1. NAH..KALAU SUDAH KETAUAN SEPERETI INI SAYA MENGHARAP KEPADA LSM …TOLONG HAL INI SAUDARA2 JANGAN TAKUT…KARNA SEKARANG INI TIDAK ADA LAGI YG NAMANYA BEKING MEMBEKING…KALU ITU DIA APARAT POLISI LASUNG LAPORKAN SAJA KE PROPAM SETEMPAT DAN KALU DIA TNI LAPOR SAJA KE PM…ATAU GARNIZUN sipat seperti ini kita harus lenyapkan dari bumi ibu pertiwi.DAN INI HARUS LENGKAP DATA ONTENTIK NYA BAIK CUKONGNYA,APARATNYA DAN BARANG BUKTINYA….SILAKAN ANDA JALAN KAN TUGAS….SEBAGAI ANAK BANGSA …KAMI SIAP MMEBANTU ANDA…ASMAWI anak sekayu..di Jakarta. ini hp. saya 081317173251.

  2. MANA POLISI DAN TENTARANYA? APA SUDAH DI “SUSU”I JADI PADA DIAM SEMUA HAH??

  3. betul tuuuuuuu sekarang dah nggak jamanya lg diam karna kita dah demokrasi ok bro………..tu jalan kan untuk pasilitas masyarakat bukan tempat nongkrong para cukong yg jahat saya fikri dari batam turut dukung wong kito

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 744 pengikut lainnya.