Seluruh raja atau sultan dari seluruh kesultanan di nusantara akan berkumpul dalam kegiatan Festival Keraton Nusantara VII yang akan digelar di Palembang pada tahun 2010 mendatang.

Wagub Sumsel Memberikan Arahan kepada sultan palembang
Wagub Sumsel Memberikan Arahan kepada sultan palembang

Hal ini sebagaimana dilaporkan Sultan Palembang Iskandar Mahmud badarudin saat beraudensi dengan Wakil Gubernur Sumatera selatan H.Eddy Yusuf di ruang kerja Wagub, rabu (14/1) ini.

Kepada wagub, Sultan juga melaporkan kegiatan Festival Keraton Nusantara VI yang telah digelar pada tahun 2008 lalu di Makasar Sulawesi Selatan.

Wakil Gubernur Sumsel menyambut baik rencana menjadikan Sumsel sebagai tuan rumah festival budaya ini. Bahkan wagub berjanji akan membantu dan memfasilitasi kegiatan tersebut agar bisa berlangsung dengan sukses.

Wagub menjelaskan, pemerintah Indonesia mengakui keberadaan kesultanan dan kerajaan di tanah air sebagai asset budaya dan sejarah yang harus dikembangkan.

“Hal ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah kepada leluhur sehingga keberadaan kerajaan atau kesultanan ini diakui”, ujar Wagub.

Audensi Sultan Palembang
Audensi Sultan Palembang

Wagub mencontohkan, di Negara-negara lain setelah adanya Negara, maka keberadaan kesultanan atau kerajaan tak diakui lagi. “Di China sekarang tak ada lagi kerajaan-kerajaan yang diakui”, ujar Wagub.

Kepada Sultan Palembang Wagub mengingatkan agar kesultanan ini diarahkan untuk kebaikan umat. Jika kesultanan bersifat mengeklusifkan diri maka pasti akan ditinggalkan umat.

Menurut wagub, kita sebagai bangsa Indonesia harus menghargai dan bangga dengan keberagaman budaya yang dimiliki.

“Negara-negara erofa, amerika, sebenarnya merasa cemburu dengan Negara kita karena dalam setiap acara biasa ditampilkan bermacam-macam tarian, sedangkan di negara mereka itu tidak ada”, tambah Wagub.

Wagub juga mengharapkan agar pelaksanaan festival nanti bisa berlangsung dengan baik dan sukses, sebab sebagai tuan rumah, sumsel memiliki kepentingan dalam rangka pengembangan budaya dan pariwisata.

Advertisements