TAHUN 2010 SEMUA RAJA SE NUSANTARA BERKUMPUL DI PALEMBANG


Seluruh raja atau sultan dari seluruh kesultanan di nusantara akan berkumpul dalam kegiatan Festival Keraton Nusantara VII yang akan digelar di Palembang pada tahun 2010 mendatang.

Wagub Sumsel Memberikan Arahan kepada sultan palembang

Wagub Sumsel Memberikan Arahan kepada sultan palembang

Hal ini sebagaimana dilaporkan Sultan Palembang Iskandar Mahmud badarudin saat beraudensi dengan Wakil Gubernur Sumatera selatan H.Eddy Yusuf di ruang kerja Wagub, rabu (14/1) ini.

Kepada wagub, Sultan juga melaporkan kegiatan Festival Keraton Nusantara VI yang telah digelar pada tahun 2008 lalu di Makasar Sulawesi Selatan.

Wakil Gubernur Sumsel menyambut baik rencana menjadikan Sumsel sebagai tuan rumah festival budaya ini. Bahkan wagub berjanji akan membantu dan memfasilitasi kegiatan tersebut agar bisa berlangsung dengan sukses.

Wagub menjelaskan, pemerintah Indonesia mengakui keberadaan kesultanan dan kerajaan di tanah air sebagai asset budaya dan sejarah yang harus dikembangkan.

“Hal ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah kepada leluhur sehingga keberadaan kerajaan atau kesultanan ini diakui”, ujar Wagub.

Audensi Sultan Palembang

Audensi Sultan Palembang

Wagub mencontohkan, di Negara-negara lain setelah adanya Negara, maka keberadaan kesultanan atau kerajaan tak diakui lagi. “Di China sekarang tak ada lagi kerajaan-kerajaan yang diakui”, ujar Wagub.

Kepada Sultan Palembang Wagub mengingatkan agar kesultanan ini diarahkan untuk kebaikan umat. Jika kesultanan bersifat mengeklusifkan diri maka pasti akan ditinggalkan umat.

Menurut wagub, kita sebagai bangsa Indonesia harus menghargai dan bangga dengan keberagaman budaya yang dimiliki.

“Negara-negara erofa, amerika, sebenarnya merasa cemburu dengan Negara kita karena dalam setiap acara biasa ditampilkan bermacam-macam tarian, sedangkan di negara mereka itu tidak ada”, tambah Wagub.

Wagub juga mengharapkan agar pelaksanaan festival nanti bisa berlangsung dengan baik dan sukses, sebab sebagai tuan rumah, sumsel memiliki kepentingan dalam rangka pengembangan budaya dan pariwisata.

Iklan

7 comments on “TAHUN 2010 SEMUA RAJA SE NUSANTARA BERKUMPUL DI PALEMBANG

  1. Semoga sukses, harapan saya pertemuan itu bukan sekedar reuni, melainkan ‘tukar kaweruh’ tentang situasi budaya di Indonesia, yang selama ini lebih cenderung pada suatu tontonan bukan tuntunan!

  2. di palembang ada 2 sultan yang masing-masing mengklaim sebagai sultan yang sah, la kalo ada acara Festifal Kertaon Nusantara 2010, lalu Sultan Palembang mana yang menjadi tuan rumah.

  3. kalo boleh tau raja2 nusantara siapa saja??
    dimana saja?? kirim ke e-mail
    siapa yang bisa dihubungi??
    terima kasih banyak
    tetap jaga persatuan NKRI

  4. Seharusnya kita berbesar hati dan bersyukur, dngan ada nya raja2 senusantara itu, karna jasa beliau2, justru Indo bisa menjadi bangsa yg besar. Mengapa kita menjadi bangsa yg tdk menghargai jasa leluhur. Dana AMANAH itu asalnya dari raja2 senusantara, kemerdekaan bangsa ini karna dukungan dan pengobanan para raja2 senusantara. Mengapa nasib para raja2 itu tdk diperhitungkan oleh pemerintah. Setengah dri wilayah Medan, adalah aset2 kasultanan Deli. Marilah kita menjadi bangsa yg bersyukur akan jasa leluhur kita, supaya ALLAH SWT, menjauhkan dri asab bencana yg selalu bertubi2, apabila pda saatnya bangsa ini menjadi bangsa yg besar, Insya Allah juga jasa para darah biru ( SATRIO PINIGIT ), Smga tulisan ini sebagai bahan renungan tuk kita semua. KEMBANG SRENGENGE MEGAR SAK ANGKUPE.

  5. assalamualaikum wr.wb.
    harap di cek dulu keberadaan bapak Iskandar Harun Menjadi Sultan melalui Wadah LSM Himpunan Zuriat Kesultanan Palembang Darussalam..
    tolong dijelaskan silsilahnya
    jangan karena banyak uang berpikir segalanya bisa dibeli
    sekali lagi tolong tunjukan kebenaran
    Insya Allah semua masyarakat di palembang akan selamat

  6. kapan acaranya???, lalu bisakan alamat rumah atau minimal e-mail para raja2 di berikan supaya kalau ada
    sesuatu tentang masukan dan silaturrahmi bisa di hubungi

    Turunan Patih anom Kerajaan seleparang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s