Tahun Ini Keuangan Sumsel Meningkat


Penyerahan Dipa 2009

Penyerahan Dipa 2009

Tahun 2009 merupakan tahun pertama pemerintahan Gubernur Alex Noerdin untuk mengelola keuangan daerah. Jika tahun 2008 lalu hampir semua lini yang menjadi sumber keuangan daerah mengalami penurunan, ternyata tahun ini mengalami peningkatan yang sangat bagus.

Jumlah anggaran yang tercatat dalam Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) tahun 2009 tercatat kenaikan angka 10 persen dari tahun lalu. Tahun 2008 jumlah DIPA Sumsel hanya Rp.10,8 trilyun, sedangkan tahun ini mencapai angka Rp.12 Trilyun lebih.

Selain dana Dipa, Sumsel juga mengalami peningkatan penerimaan keuangan dari Dana Bagi hasil Migas yang jumlahnya berkisar antara Rp.3 – Trilyun, sedangkan sebelumnya hanya berkisan Rp.2 trilyunan.

Untuk itu dengan keuangan yang cukup besar ini diharapkan dapat dikelola secara maksimal untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, serta menjauhi segala bentuk penyelewengan.

Hal ini sebagaimana disampaikan Gubernur Alex Noerdin saat menyerahkan DIPA kepada para satuan Kerja yang ada diwilayah propinsi Sumatera Selatan.

Jumlah Dipa yang telah diserahkan kemarin mencapai Rp.6 Trilyun lebih, sedangkan sisanya dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) nanti akan langsung dikirimkan melalui rekening masing-masing satker.

Program pokok yang menjadi prioritas DIPA 2009 adalah percepatan pertumbuhan perekonomian yang berkualitas. Intensitas program antikorupsi, reformasi birokrasi dan pertahanan keamanan. Juga pelayanan dasar kepada masyarakat.

Sedangkan uantuk anggaran belanja yang menjadi prioritas adalah bidang pendidikan, kesehatan sarana prasarana infrastruktur dan belanja pegawai.

Berdasarkan hasil evaluasi pada anggaran 2008 daya serap anggaran kurang maksimal sehingga terjadi pembengkakan pada akhir tahun yang berdampak buruk pada perekonomian dan keuangan negara secara menyeluruh.

Alex Noerdin
Alex Noerdin

Gubernur meminta kepada para pengguna anggaran untuk menghindari penyelewengan, tidak mementingkan kepentingan pribadi, melayani dan bukan minta dilayani serta menumbuhkan kerjasama antar instansi.

Gubernur juga mengharapkan agar tender semua pekerjaan tahun 2009 bisa dilaksanakan pada bulan ini juga atau selambat-lambatnya bulan februari sudah selesai semua tender.

“Bapak presiden juga mengatakan bahwa boleh saja tender dilakukan sebelum anggaran disahkan, agar waktu pelaksanaan bisa lebih efektif”, ungkap Gubernur.

Sebelas perwakilan yang kemarin secara simbolis menerima Dipa dari Gubernur diantaranya Wako Palembang, Wako Prabumulih, Bupati OKI, Bupati OI, Pangdam II/SWJ, Kapolda Sumsel, Kejati, Pengadilan Tinggi, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Nah, kita tinggal menunggu sebentar lagi program sekolah dan berobat gratis akan segera berjalan, namun pembangunan infrastruktur lainnya pun tak akan terganggu, karena uangnya banyak. Sekarang tugas andalah untuk ikut mengawasi uang milik rakyat tersebut.

Iklan

6 comments on “Tahun Ini Keuangan Sumsel Meningkat

  1. Ado dak gratisan dari SO, swaktu SO menjabat?

    Tunggu bae lah…. buktinya sudah ado yg digratiskan AN. lagian AN memegang jabatan Gub baru beberapa bulan.

    SABAR Es

  2. Janji Pilkada :

    “” Pendidikan Gratis dan Pengobatan Gratis di Seluruh Wilayah Sumsel Selama 1 Tahun Pertama Menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur , kalau Gagal maka akan lengser sendiri tanpa perlu rakyat yang melengserkan “”

    jangan besak kelakar wak lex ye…kami pegang janji pilkada kamu beduo tu…

  3. kalo mau buru-buru sekolah dan berobat gratis mending minta di SO yang sedang pusing dengan KPK urusan Tanjung api-api…Kemana SO sekarang ya????..atau coba aja minta ke Edy Santana yang janji untuk sekolah dan berobat gratis juga…tapi saat menjabat katanya dana pemkot tidak cukup…itu pemimpin harus memperbesar PAD bukan menjalankan roda pemerintahan seperti air mengalir…berpikir yang banyak bukan duduk-duduk smbil macing dan main golf

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s