Kawasan Jakabaring Siap Dibangun


Pemerintah propinsi Sumatera Selatan saat ini tengah memfokuskan untuk membangun kawasan jakabaring, kawasan luas di Kota palembang yang hingga saat ini masih berupa lahan kosong yang luas.

Berdasarkan laporan inventarisasi dan identifikasi aset pemprop Sumsel disebutkan jika saat ini pemprop memiliki aset berupa lahan yang terletak di Jakabaring seluas 1.099,51 hektar hasil pembebasan dimasa orde baru dulu. Sedangkan sekitar 225,4918 hektar belum dibebaskan.

Dari tanah seluas 1.099,51 hektar lahan yang telah dibebaskan oleh pemprop Sumsel, hanya sekitar 794,51 hektar yang masih dalam penguasaan pemprop karena 120 hektar telah dibangun oleh PT.OPI dan 185 Hektar dibangun oleh PT.TOP untuk perumahan.

Tanah Pemda yang cuma sekitar 794,51 hektar saat ini 128,0089 hektar telah dimanfaatkan untuk membangun fasilitas olah raga dan bangunan milik pemerintah, sedangkan aset pemda yang tersisa dan belum dimanfaatkan tinggal sekitar 666,5011 hektar lagi.

Sayang, dari tanah sisa yang belum digunakan ini ada sekitar 521,5 hektar telah dikuasai oleh pihak lain. Jadi cuma sekitar 135 hektar saja yang masih aman tanpa diganggu pihak manapun.

Kawasan sekitar 521,5 hektar memang saat ini telah dikuasai masyarakat. Mereka telah menggunakan sebagai lahan usaha, tempat tinggal bahkan tak sedikit yang telah diperjualbelikan dengan pihak lain.

Terhadap masalah ini nampaknya pihak pemprop Sumsel tidak akan membiarkan terus berlarut. Setelah dilakukan pendataan akan dilakukan langkah-langkah untuk mengamankan aset yang tidak dikuasai warga serta untuk tanah yang telah dikuasai warga nampaknya akan dipilih langkah tegas, melakukan pengosongan, hingga proses hukum bagi yang terbukti berupaya untuk menguasai atau memperjualbelikannya.

Tindakan tegas ini akan diambil dalam rangka mendukung program pemprop Sumsel dalam upaya membangun kawasan Jakabaring menjadi kawasan baru yang maju. Pembangunan rumah murah yang berjumlah 2000 unit tahun 2009 ini juga akan menggunakan lahan pemprop di jakabaring sebagai lokasinya. Demikian juga Bank Sumsel dan beberapa instansi lainnya.

Bahkan menurut beberapa sumber, Gubernur Alex Noerdin juga berencana membangun gedung perkantoran baru untuk pemprop Sumsel dilokasi ini. Dengan kata lain, kantor Gubernur akan pindah ke jakabaring juga.

Kawasan Jakabaring memang merupakan satu-satunya alternatif untuk pengembangan kota Palembang saat ini. Pembangunan di kawasan ilir selama ini sudah menyebabkan kawasan ini terlalu padat, sehingga perlu dipilih kawasan lain untuk mengembangkannya. dan Jakabaring adalah kawasan yang sangat tepat.

Namun upaya pemerintah untuk memuluskan pembangunan di kawasan ini belum tentu akan mudah lan lancar. Masyarakat yang sudah bertahun-tahun menguasai kawasan Jakabaring tentu saja tidak akan begitu saja suka rela melepaskannya. Bahkan tak sedikit warga yang mengaku jika pihaknya belum dibayar oleh pemda pada masa pembebasan dulu.

Wagub Eddy Yusuf

Wagub Eddy Yusuf

Wakil Gubernur sumsel, H.Eddy Yusuf yang hadir dalam acara paparan yang dilakukan oleg Badan Pertanahan Propinsi Sumatera Selatan mengingatkan agar upaya pendataan dan penataan kawasan tersebut bisa dilakukan dengan bijak dan berhati-hati. Apalagi saat ini dikawasan tersebut lahan milik pemprop telah banyak dikuasai warga.

Sebaiknya dilakukan pembicaraan dan pendekatan terlebih dahulu dengan mereka. Kita mengharapkan agar masyarakat memahami dan menyadari

Nah, tinggal kita lihat saja.

Iklan

2 comments on “Kawasan Jakabaring Siap Dibangun

  1. bANGUN LAH MANG pALEMBANG TU ,YANG BAGUS…TAPI INGAT WAKTU MAU JADI GUBUR NUR HARUS SESUAIKAN DGN JANJI JANGAN MENGORBAN KAN RAKYAT KECIL…………………….

  2. Y0 boleh bae nak bangun jakabareng? Tapi jangan usir pnduduk yang tinggal,kalau pun mau dipindahkan bayar lah ganti rugi yg sesuai,kasian rakyat miskin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s