Tahun Ajaran Baru Semua Serba Gratis !


anak sekolah

anak sekolah

Warga Sumsel sudah sepantutnya bangga dengan terobosan baru yang dilakukan pemerintah prpinsi Sumsel dalam mewujudkan pendidikan gratis dan berkualitas bagi seluruh rakyatnya. Mulai tahun ajaran mendatang para orang tua tidak perlu lagi terbebani dengan biaya pendidikan putera-puterinya karena semua biaya pendidikan telah ditanggung oleh pemerintah. Tak ada lagi pungutan uang komite, tak ada pembelian buku-buku pelajaran, tak ada lagi uang pendaftaran masuk sekolah dan tak ada pungutan-pungutan lain apapun yang kerap meresahkan para orang tua selama ini. Orang tua cukup memikirkan biaya ongkos dan jajan sekolah anak saja.

Sedangkan pakaian seragam sekolah dan sepatu nampaknya belum menjadi sasaran pemerintah propinsi untuk digratiskan. Sebab untuk masalah ini dianggap bukanlah beban berat karena para orang tua umumnya masih mampu membelikannya yang cukup setahun sekali saja.

Namun kendati demikian, pemerintah propinsi menyatakan siap menanggung sepenuhnya kebutuhan tersebut jika orang tua siswa benar-benar tidak mampu. Anggaran untuk hal inipun sudah dipersiapkan.

Dari APBD Sumsel tahun 2009 mendatang, porsi anggaran untuk pendidikan mencapai Rp.516 Milyar, atau 20 persen dari total APBD 2009. Uang komite sekolah kini disubsidi langsung oleh APBD yang jumlahnya sebesar 35,38% dari total anggaran pendidikan. Sedangkan pembangunan sarana dan presarana pendidikan mencapai 40,43%. Untuk peningkatan mutu dialokasikan dana 16,86% sedangkan UPTD 6,48% dan SKPD 0,84%.

Nah, supaya tidak dibuat pening oleh deretan angka-angka belaka, kita cukup menunggu saja hingga tahun ajaran baru tiba. Semua serba gratis. tis…tis….tis……

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s