Jembatan Musi III di Pulau Kemaro


Jembatan Musi III positif akan dibangun dengan tiang pancangnya di Pulau Kemaro. Menurut Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel, Ir Heri Amalindo, kepastian itu, sesuai persetujuan pemerintah pusat, dalam hal ini Bappenas. Sementara untuk tiang pancang seberang ulu berada di sekitaran simpang pasar Plaju.
“Positif di Pulao Kemaro. Begitu perkembangan terakhir dari Direktur Transportasi Bappenas,” ungkap Heri, kemarin. Dipilihnya kedua titik ini agar nantinya Jembatan Musi III bisa langsung connecting (tersambung) dengan ruas jalan nasional yang ada di Seberang Ulu dan Seberang Ilir.
Dengan kepastian itu, artinya ada pemindahan lokasi tiang pancang jembatan. Untuk itulah,  saat ini sedang dibuatkan lagi feasibility study (FS) untuk lokasi baru tersebut. “FS-nya diulang lagi. Sedang dikerjakan PT Perencana Jaya Jakarta. Selesai tahun depan, bisa langsung mulai pemancangan tiang,” katanya.
Menurut Heri, ada rencana wakil menteri PU untuk meninjau titik dimana tiang jembatan akan dipancang. Yang pasti, desain jembatan dengan konsultan China Road & Bridge Coorporation tetap akan dipergunakan. Untuk pendanaan tidak mengalami perubahan, sekitar Rp1,2 triliun. “Dana itu khusus untuk membangun jembatan. Panjangnya sekitar 1,5 Km-2 Km.”
Jarak dua tiang utamanya 402 meter atau kedua terpanjang setelah jembatan Suramadu, mencapai 546 meter. Untuk seberang ilir, dari ujung jembatan Musi III ini akan dibangun jalan baru sepanjang 25 Km ke arah pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA). Jalur lintas timur luar Palembang itu, melintas di belakang kawasan Kalidoni, Kecamatan IT II.
“Sedang di seberang ulu, akan dibangun jalan baru sekitar 4 Km, bertemu dengan jalan nasional,” bebernya. Nah, jalan baru dengan panjang sekitar 30 Km ini akan dibangun menggunakan dana APBD. Untuk itu, pemprov berkoordinasi dengan Pemkot. Mulai dari pembebasan lahan untuk jembatan dan jalur jalan baru tersebut. “Kemungkinan, dana untuk pembebasan lahan dan bangun jalan akan sharing Pemprov dengan pemerintah kabupaten/kota yang dilalui,” cetus Heri.
Katanya, diperlukan dana yang tidak sedikit untuk pembangunan jalan baru itu. “Setidaknya butuh Rp200-300 miliar untuk bangun 25 km jalan baru,”ucapnya. Soal nama jembatan, bisa disebut jembatan Musi III, tapi bisa juga disebut Musi Kemaro. Sembari menunggu ini terlaksana, pemerintah jua telah menyiapkan rencana pembangunan Jembatan Musi IV, V dan lainnya.
Bagaimana dengan penambahan fly over? Dikatakan Heri, tahun ini belum ada pembangunan jembatan layang lagi karena terkendala dana. Memang semula ada rencana membangun underpas di simpang Charitas. “Tapi belum bisa karena tersandung BI yang tidak berkenan. Makanya masih dilakukan DED dan FS dulu,”tuturnya.
Untuk wacana penambahan fly over, ada di simpang Patal, simpang Jakabaring, dan simpang jalan ke bandara. Tapi, untuk 2011 rencananya akan dibangun dulu fly over simpang Patal. “Itupun tergantung ada tidak pendanaan nantinya. Dari pusat kan dibagi-bagi. Mudah-mudahan kita dapat,” pungkas Heri

Iklan

8 comments on “Jembatan Musi III di Pulau Kemaro

  1. Silahkan yang mau maju sekarang sebelum kami anak2 ITB khususnya Kemitraan Nusantara/KN ITB dari SUMSEL yg mendapat beasiswa dr Rakyat SUMSEL, Putra-Putri Terbaik SUMSEL dan Bangsa, memimpin SUMSEL. Kami anak2 ITB KN SUMSEL komit untuk membangun SUMSEL dan mengabdi untuk SUMSEL yang sangat kami cintai.Saat ini kami menempa diri di ITB,mempersiapkan diri membangun SUMSEl.Kami anak2 KN SUMSEL Institut Teknologi Bandung sangat mencintai SUMSEL.

  2. Dalam Memberi komentar untuk pemilihan walikota kita jangan menjelekkan calon calon tertentu, karena jika melihat kejelekan seseorang, niscaya kita cenderung menutupi kebaikan orang tersebut, yang penting calon walikota tersebut harus jelas, dengan latar belakangnya , pendidikan jelas, track records pekerjaan positive, bukti kepimpinannya bisa terlihat jelas, tidak karena mau menjadi pejabat dengan mengumbar janji janji, menepati janji itu sulit apa lagi dengan menghambur hambur kan uang dalam menarik hati pemilih, ini patut kita pertanyakan, Buat para pemilih, “MARILAH GUNAKAN HAK PILIH DENGAN BENAR JANGAN MUDAH PERCAYA DENGAN JANJI, FIKIRKAN KIRA KIRA BISA TIDAK JANJI ITU DI PENUHI,JIKA UANG SUDAH BANYAK KELUAR PASTI AKAN BANYAK USAHA UNTUK MENGEMBALIKAN UANG PEJABAT ITU” mari kita berdoa agar pembangunan Palembang yang sudah ada buktinya ini agar tetap berlanjut, pilihlah calon walikota yang sudah terbukti membuat kota kita ini membanggakan warga palembang baik di palembang maupun diperantauan, sekali lagi mohon jangan mengedepankan pikiran sesaat, fikir fikir fikir dulu, salah pilih, kota kita warga kita akan menanggung kerugiannya

  3. Kami warga komering, tidak akan mencoblos pasangan ALEX NOERDIN-EDDIE YUSUF (SI KACANG LUPA KULTINYA)..

  4. Gubernur tetap yang lamotulah………………….
    Walikota Palembang kito pilih yang baru bae………..

  5. Oi yg ngaku warga komering,pacak nian kau tu ngaku2 warga komering,padahal kau tinggal d plembng.
    Oi wak.. kalu gub lamo kepilih lagi.,
    dak katek lokaknyo nak mikiri skolh gratis,
    brobat gratis,
    Yang ado d pikiranyo paling2 cak mano modalnyo yg abis wktu kampanye pacak balek lagi,dak tau dr korupsi apo dr negeki perushaan2 besak.

  6. yo nian
    kalau gub lamo terpilih lagi idak mungkin
    lah nak bangun2 apo sekolah gratis dll

    paling cito2nyo cuma satu MENGERUK PENGHASILAN YG SEBANYAK2 NYO
    BUAT PENSIUN LAH

  7. kalu apo yang di komentari A hong dan Burket itu benar cak mano dengen gubernur baru yang sudah ngabeske duet puluhan milyard untuk kampanye ????, kuraso jadinyo samo bae sedengke programnya kito belum tau dan pembangunan yang bakal dihasilkenyo kito belum tau itu samo halnyo dengen meleh kucing dalam karung…..(kalu kucingnyo sebesak itu cak mano karung nyo yo ???!!!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s