Pelaksanaan SEA Games XXVI 2011 nanti akan bebas dari sampah. Pencanangan program Environment Oriented and Free Waste SEA Games 2011 akan dilakukan bersamaan dengan nonton bareng (nobar) dan launching Mars Sumsel Gemilang di halaman pemprov Sumsel, 11 Juli mendatang.
“Selama ini, dalam setiap even sampah selalu menjadi masalah. Nah, kita mulai dari sekarang agar nanti pelaksanaan SEA Games sampah-sampah tak menimbulkan masalah,”jelas Iwan Kurniawan, koordinator acara nobar dan launching Mars Sumsel Gemilang, kemarin.
Dengan adanya program free waste ini, nantinya di setiap venues SEA Games akan disiapkan tempat sampah. Tidak hanya satu, tapi beberapa sesuai dengan jenis sampahnya. Misalnya, ada tempat untuk sampah organik dan anorganik.
“Jumlahnya akan kita sesuaikan dengan kondisi dan luas venues,”katanya. Selain menjaga kebersihan, juga untuk mengajarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Program ini secara tidak langsung membantu petugas kebersihan.
Untuk menjaga kebersihan kawasan venues, akan dilibatkan volunteer dari berbagai kalangan termasuk anggota pencinta alam. “Sementara untuk SEA Games dulu. Kita harapkan nantinya bisa diterapkan di seluruh Sumsel, baik kantor pemerintahan, sekolah dan lainnya,”cetus Iwan.
Untuk acara nobar, akan dimulai pukul 20.00 WIB. Karena pertandingan final piala dunia berlangsung dinihari, maka panitia akan menggelar berbagai acara yang mampu menarik minat masyarakat untuk nobar di halaman depan Pemprov Sumsel.
“Rencananya kita akan undang Charlie ST 12, karena dia juga duta lingkungan hidup. Untuk acara, akan melibatkan seniman local dan pihak terkait lain,”bebernya. Selain itu, akan dilakukan launching Mars Sumsel Gemilang oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin.
Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Robby Kurniawan SSTP MSi menambahkan, ide nobar ini dilaksanakan atas aspirasi pegawai dan masyarakat. Acara nobar tersebut disatukan dengan kampanye lingkungan hidup yang akan dihadiri Duta Lingkungan Indonesia, Charlie (vokalis ST12).
“Charlie ST12 akan tampil dan ikut nobar bersama warga Palembang,” katanya. Untuk memberikan semangat kepada penonton, panitia menyediakan hadiah yang akan diberikan kepada pemenang tebak skor dan doorprize. Untuk nobar, panitia akan menyiapkan layar lebar 10 x 12 meter satu unit dan dua screne pendamping berukuran 4 x 6 meter.