Belum Setahun Akses Jalan ke Areal Transmigrasi Sudah Hancur


Inilah potret nyata jika proyek-proyek pembangunan yang ada di Sumsel selalu saja dijadikan alat untuk mengeruk keuntungan pribadi semata, tidak memikirkan kepentingan orang banyak dan hanya akan menambah deretan pejabat dan pengusaha yang bisa diseret ke dalam bui karena kasus korupsi saja.

jalan oi jalan oi 2 jalan oi 1

Lihat saja proyek pembangunan jalan akses menuju kawasan transmigrasi yang ada di kabupaten Ogan Ilir ini. Jalan yang menghubungkan desa Sido Makmur dengan desa Tanjung Pule di kecamatan Indralaya Utara sepanjang 4km yang belum satu tahun dibangun kini sudah rusak parah. Kondisi lapisan aspalnya sudah banyak yang berhamburan dan disana-sini sudah banyak dijumpai lubang-lubang besar persis kubangan kerbau.

Akses jalan ke areal baru transmigrasi yang dihuni warga asal pulau jawa ini dibangun oleh sebuah perusahaan asal Palembang milik Wiliam warga jalan Veteran. Sedangkan instansi pengelola proyek itu langsung dibawah Dinas Transmigrasi kabupaten OI, bukan dikelola Dinas PU Bina Marga yang spesialis membangun jalan-jalan dan jembatan. Diduga akibat kurang tegasnya pihak pengawas dan pimpro terhadap kerja kontraktor, bahkan terkesan sama-sama berkolusi untuk membantai uang rakyat, maka uang milyaran rupiah yang dianggarkan untuk proyek tersebut malah terbuang mubazir. Justru Kontraktor, Kepala Dinas, Primpro dan pengawas yang berpesta memperoleh untung besar karena proyek ini.

Hancurnya jalan baru ini tak lepas dari buruknya kontruksi jalan yang dikerjakan kontraktor. Lapisan dasar jalan hanya dikerjakan alakadarnya. Lapisan aspal penetrasi yang digunakanpun sangat tipis. Akibatnya jalan dengan mudah hancur ketika dilindas ban mobil apalagi diguyur hujan. Padahal jalan tersebut sangat jarang dilalui kendaraan, bagaimana kalau jalan tersebut ramai?

Dipastikan jalan tersebut akan hancur total dalam beberapa bulan lagi. Dan bersiap-siaplah warga yang tinggal di kawasan yang dijadikan Kota Mandiri Terpadu ini untuk terisolir karena satu-satunya ases jalan yang ada hancur.

jalan oi 3 ktmsd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s