Walikota Palembang Diskriminatif


Baliho besar, gambar-gambar, spanduk, dan poster calon walikota yang bertebaran disetiap penjuru Kota Palembang saat ini dalam waktu dekat akan segera sirna. Jika Peraturan Walikota No.58 Tahun 2007 diterapkan maka gambar yang bisa tetap bertahan hanyalah gambar Eddy Santana dengan Gambar Syahrial Oesman saja. Sedangkan gambar calon lain dipastikan sirna secara paksa.

Upaya untuk mencegah persaingan politik melalui pemasangan baliho, gambar-gambar dan spanduk dari calon walikota, terutama yang dianggap saingan Eddy Santana dan Syahrial Oesman nampaknya terus dilakukan.

Dalam Peraturan Walikota tersebut justru diperbolehkan pemasangan iklan layanan masyarakat, iklan sosialisasi pembangunan yang memasang gambar Walikota atau Gubernur sebagai Foto Model-nya. Dengan demikian baliho, spanduk dan gambar-gambar EddySantana atau Syahrial Oesman masih bisa dipertahankan. Walau gambar Eddy Santana yang didampingi Romi Herton tetap harus dibuang.

Yang menjadi perdebatan dari rencana pemberlakuan peraturan tersebut adalah adanya Perda No.8 Tahun 2004 tentang Pembinaan dan Retribusi Penyelenggaraan Reklame. Dalam Perda tersebut sudah ditegaskan jika lokasi Cagar Budaya tidak boleh digunakan untuk pemasangan reklame.

Jembatan Ampera yang sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya justru dihiasi reklame kampanye Eddy Santana dan Syahrial Oesman. Banyak pihak meminta agar baliho yang merusak keindahan itu segera dilepas, namun Walikota bersikeras untuk mempertahankannya.

“Peraturan Walikota tersebut berarti bertentangan dengan Perda, berarti secara hukum harus batal”, ujar seorang pengamat hukum di Palembang.

Nanti, sepuratan kota ini akan hanya ada Gambar Eddy Santana dan Syahrial Oesman saja. Apa masyarakat tidak akan bosen melihat gambar mereka ya?

Iklan

14 comments on “Walikota Palembang Diskriminatif

  1. Untuk seseorang yang masih memimpin saya rasa wajar kalau ada semacam peraturan daerah yang dibuat untuk menertibkan segala macam atribut kampanye yang notabene mungkin belum saatnya muncul tapi dimana2 sudah merebak. Karena khususnya walikota, beliau mungkin sudah capek-capek menata kota agar kelihatan bersih dan rapi, akan tetapi dengan mudahnya para calon2 pemimpin itu mengotori kota dengan enaknya dan mungkin tanpa tidak lagi mengindahkan kebersihan kota kita, apalagi sekarang sudah bertambah banyak saja, dari stiker yang ditempel di mobil sampai tiang listrik bahkan trotoar pun sudah menjadi spacenya,,

  2. duh..palembang..ribut2 mulu soal pilkada..gimana sih pak walikota?ada perda tp kok bapak sendiri gak matuhinnya?yg fair dong pak..

  3. komentar dulur2ku sebaiknyo yang obyektif bae, jangan cak itu, biuarlah rakyat yang menilai…
    dak katek guno yang mengandung Gosip/pitnah…Beduso lur…..
    Boleh Komentar tapi yang Rasional dan Masuk akal….
    kalu aku terus terang Dunia Akhirat Dukung Ir.Sarimuda,MT…… Hidup Sarimuda Maju Terus kami mengawal Anda…….semoga cita2mu tercapai…
    Jika kau terpilih jangan lupa dengan Rakyat Kecil…
    Jugo Jangan Lupo dengan orang yang mati2an mendukungmu…
    Ingatlah jasa2 Timses-Mu…
    Semoga Allah S.W.T Meridhoi-Mu.

  4. Jembatan Ampera termasuk unsur dalam lambang Provinsi Sumatera Selatan.
    Kalau kenyataannya jembatan itu menjadi tempat pemasangan baliho, maka yang perlu dilakukan ialah mengusulkan kepada:

    1. MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk mencatatnya sebagai tempat pemasangan baliho termegah di Indonesia

    2. PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) memberikan penghargaan pada provinsi yang telah menjadikan perangkat iklan out-door sebagai unsur dalam lambang provinsi.

    barangkali penghargaan-penghargaan itu dapat menambah kebanggaan masyarakat sumsel

  5. Asw. mang Aku setuju nian kalau peraturan sudah ditetapke ngapo nak dilanggar? pemimpin itu harus ngasih contoh, apolagi niatnyo untuk kampanye. Allah tahu nian niat dio itu nyalahi peraturan apo idak. Aku yakin hidup dak bahagia dunio akhirat kalu ngelawan aturan. Bekerjalah secara ihsan(baik), berlomba-lombalah dalam kebaikan, bukan dalam keburukan (kemaksiatan), jadikan Islam panduan dalam memimpin, berekonomi, berseni budaya,berpolitik, berdagang. Insya Allah matinyo dalam keadaan mulia atau mati syahid, bukan mati dalam keadaan maksiat,menyedihkan,berlumuran dosa,Nauzubillah min dzalik. Mari kita dukung pemkot sekarang, dan kita dukung SIR MANTAP (Sarimuda-Iqbal Romzi)untuk jadi walikota 2008-2013 Allahu Akbar.

  6. Assalamu’alaikum wr.wb
    Wahai para pemimpin dan rakyat yang belum tahu bagaimana menerapkan Islam dalam semua aspek kehidupan, mari kita ikut ngaji di antaranyo samo Ustadz M. Iqbal Romzie (pasangannya Sarimuda) calon wako dan cawawako. Beliau itu mantap keislamannya, beliau itu istiqomah dengan peraturan yang disepakati. Insya Allah nanti kalo mereka mimpin Palembang luar biasa peraturan2 dan program2 yang mereka buat, insya Allah dapat membimbing dan mensejahterakan rakyat. Ya Allah bantulah SIR MANTAP menjadi pemimpin, janganlah Engkau berikan kami pemimpin yang dzholim, yang bergaya preman, mentingke kepentingan dewe dan golongannyo Berilah pemimpin yang seperti Rasulullah ya Allah. Amin

  7. tarokla cak kato pak mail, buat orang yang masih berkuasa sih masih wajar. tapi saya rasa jumlahnya juga sudah berlebihan dan juga bukan untuk tujuan iklan layanan masyarakat n sosialisasi pembangunan lagi.
    lagipula disana juga ada muka romi herton. emangnya dia siapa? wawako bukan, siapa-siapa juga bukan!
    berarti kan tujuannya kampanye. nah trus kenapa baliho-baliho calon yg lain diturunkan?
    heran, buat peraturan tapi gak tau cara matuhinnya.
    kalo lagi berkuasa jangan sewenang-wenang! tuhan itu gak tidur pak!
    diatas langit masih ada langit! inget itu.
    buat masyarakat, berpikirlah…

  8. sudah.sudah sarimuda tuh.cuma.nak jago gengsi bae.jadi walikota…aman dak percayo tanyoke dewek samo sarimuda nyo….aman sarimuda dak ngaku percuma dio nyandang gelar HAJI…didepan namo dio…
    bedoso cs…budike uwong tuh….klo waktu itu aku bawa tape rekaman lah kurekam omongan dio tuh…

  9. palembang butuh pemimpin baru, yang mengayomi dan dekat dengan masyarakat.
    jika ada calon yang ngasih uang! ambil aja uangnya, jangan coblos orangnnya, dari awal aja udah curang apalagi pas mimpin>>!!???yang begini mo ngerubah bangsa???
    embel-embel berobat gratis pendidikan gratis, gaktaunya kampanye pake anggaran —sensor—.
    ingat BUNG kita ini BUTUH BUKTI, BUKAN JANJI.

  10. pilih partai yang bergerak dengan visi dan misi yang jelas, yang berani melantangkan keras ANTI KORUPSI. bukan yang kerjanya tebar pesona!

  11. Kepada Yth,
    seluruh Simpatisan SO

    untuk diketahui bersama :

    1. Blog ini sengaja dibuat untuk Memprovokasi..dengan Tujuan Ahir adalah terjadinya perpecahan khususnya di tanah Sumatera Selatan ini, dan Indonesia pada umumnya.

    2. Banyak sekali komentar – komentar (99,999 % ) dari simpatisan SO yg telah dihapus..karena mereka takut akan bangkitnya kesadaran para anggota forum akan fakta yg sebenarnya.

    3. Tulisan yg mereka/admin sajikan adalah kampanye hitam dari kubu AN..dengan harapan dapat membentuk opini sesuai dengan yg mereka harapkan. tetapi kita / masyarakat lebih cerdas dari yg mereka duga..

    oleh karena itu, saya menagajak rekan – rekan semua :

    1. Mewaspadai bahaya laten yg ditimbulkan dari usaha provokasi blog ini

    2. kita tidak perlu lg berkomentar karena akan sia – sia ( dihapus ) dan biarkan mereka berpesta memuja – muji AN..biarkan mereka tenggelam dalam mimpi..iklaskan saja..karena kita telah berusaha untuk mengingatkan.

    3. Kepada rekan – rekan semua..teruslah berprestasi..gapai tantangan kedepan dengan wawasan dan skiil yg nyata..

    Selamat Berkarya..Sukses Selalu
    Hormat saya,
    Wangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s