Pabrik Pusri Adalah Ancaman Mengerikan Bagi Warga Palembang


Semua warga Palembang tahu jika PT.Pusri yang pabriknya di daerah 1 Ilir Palembang merupakan satu-satunya pabrik pupuk Urea terbesar di Indonesia. Hasil produksinya menjadi kebutuhan utama para petani di negeri ini yang terlanjur tanahnya kecanduan pupuk buatan. Namun warga tidak banyak yang tahu jika sesungguhnya PT Pusri adalah ancaman nyata bagi mereka karena gas amoniak hasil produksinya bisa saja suatu kali akan meledak dan meracuni seluruh warga kota.

Bagi warga sekitar, kejadian bau gas amoniak adalah hal yang biasa terjadi pada setiap sore dan malam hari. Kejadian ledakan di pabrik yang disertai keluarnya bau amoniak yang menyengat, juga kerap terjadi di pabrik besar ini. Namun selama ini semua itu masih belum membahayakan keselamatan warga.

Namun, menurut seorang pakar teknologi di Palembang, suatu saat bisa saja terjadi suatu peristiwa besar yang dalam sekejab bisa membinasakan semua warga kota ini. “Jika sampai benar-benar terjadi ledakan besar dan ribuan ton gas amoniah menyebar, maka seluruh warga kota bisa keracunan dan menjadi korban sia-sia”, ujar sumber tadi.

Kondisi pabrik PT Pusri memang hingga saat ini masih stabil, namun tangki-tangki penampung gas berbahaya itu juga kondisinya sudah cukup tua dan selama ini belum ada kejadian besar. “Bisa saja itu terjadi”, ujarnya.

Untuk itu ia menghimbau kepada semua warga kota agar selalu waspada dan kepada pihak perushaan dan pemerintah kota Palembang untuk selalu siaga menghadapi bencana yang bisa sewaktu-waktu terjadi.

“Pemerintah harus mempersiapkan antisipasi, apa yang dilakukan jika gas amoniak menutupi seluruh kota dan warganya keracunan. Misalnya membagi alat pernapasan anti gas beracun”, ujarnya lagi.

Nah, apa ini tak berlebihan? Ya, tapi untuk jaga-jaga apa salahnya. Kalau kita tak percaya pun jika sampai ini terjadi, kita pasti tak bisa berkomentar lagi, karena saat terbukti kita sudah mati. Lebih baik sekarang, mumpung masih hidup. Siap-siap.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s