Dukung Pelestarian Lingkungan, Dodi Reza Dirikan D’Green


D’Green Community (komunitas hijau) resmi dilaunching Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH di lapangan Baseball Jakabaring, kbeberapa waktu lalu. Keanggotaannya dari kalangan pelajar, mahasiswa dan berbagai pihak terkait lainnya yang  ingin mencoba memperbaiki, menjaga serta melestarikan lingkungan hidup.
Launching D’Green Community dihadiri ratusan undangan mulai TK, SD, SMP hingga SMA di kota Palembang. Di antaranya, para peserta Perkemahan Sabtu Minggu anggota Pramuka dari berbagai sekolah. Sabtu malam lalu, anggota Pramuka dan undangan yang hadir sempat dihibur Paramita Rusady dengan lagu-lagu tentang lingkungan hidup.
“Terbentuknya komunitas hijau ini sebagai implementasi dari semangat green movement,” ujar anggota DPR RI Dodi Reza Alex sekaligus pengagas komunitas hijau ini. Tujuan akhir komunitas tersebut untuk menjadikan Bumi Sriwijaya tetap hijau. Termasuk dalam upaya melestarikan flora dan fauna di Sumsel. “Acara hari ini, kita menanam beragam jenis pohon seperti Trembesi dan Mahoni. Lalu menebar benih ikan serta uji emisi gas buang kendaraan bermotor,” jelasnya.
Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH mengatakan, tren perbaikan dan pelestarian lingkungan sudah menjadi upaya sebagian besar negara di dunia. Indonesia, khususnya Sumsel siap menjadi paru-paru dunia untuk mendapatkan kompensasi negara maju penghasil polusi. Salah satunya melalui program one man one tree (OMOT).
Belum lama ini, Sumsel menerima bantuan satu juta bibit Trembesi. Akan ditambah lagi 2-3 juta benih Trembesi. Targetnya, dalam 2-3 tahun bisa tertanam 7 juta pohon, sesuai dengan jumlah penduduk Sumsel. “Nah, hari ini kita launching D’Green Community yang pertama di Indonesia. Melalui komunitas ini, kita bisa tarik pendanaan dari luar untuk program pelestarian lingkungan hidup di Sumsel,”ujarnya.
Tindaklanjutnya, setiap daerah di Sumsel diharap membentuk komunitas serupa yang punya kepedulian terhadap lingkungan. Gubernur meminta dukungan dari kepolisian agar bisa menindaktegas para pelaku penebangan liar (illegal logging, red). “Kalau masih ada, silakan aparat berwenang untuk bertindak tegas,”tukasnya. Dikatakannya, salah satu dampak penebangan liar yakni banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa daerah belakangan ini.
Dikatakan Alex, akibat banjir ini banyak sawah dan infrastruktur yang rusak. Untuk memperbaiki berbagai kerusakan itu diperlukan biaya yang tidak sedikit. “Kalau air surut, masyarakat perlu diwaspadai berbagai penyakit,”cetusnya.
Yang menjadi pemikiran saat ini bukan hanya penanggulangan sesaat akibat banjir dan longsor yang terjadi. Alex menyakini langkah itu tidak akan menjadi penyelesaian yang baik. Yang diperlukan adalah memperbaiki daerah tangkapan air dan daerah aliran sungai (DAS) yang rusak.
Menurutnya, perlu komitmen semua pihak untuk bisa mewujudkan hal itu. Tak hanya pemerintah provinsi tapi juga pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah pusat. Karena upaya ini dana yang diperlukan juga tidak sedikit. “Bisa saja kerusakannya lintas provinsi dan lintas kabupaten/kota,”tutur Alex lagi.
Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Sumsel Ir H Sarimuda MT menghimbau seluruh sopir AKDP dan AKAP untuk waspada selama perjalanan. “Kita himbau mereka untuk berhati-hati agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan,”pesannya.
Para sopir juga diminta untuk mengurangi kecepatan dan istirahat cukup agar tidak mengantuk saat mengemudikan kendaraan. Serta menghentikan kendaraan untuk sementara waktu jika hujan sangat deras. “Beberapa ruas jalan kan sempit, banyak tikung dan licin jika hujan. Makanya, kalau bisa berhenti dulu hingga hujan reda,”imbuhnya.
Dikatakannya, beberapa ruas jalan yang rawan longsor seperti jalur Lahat- Pagaralam, Prabumulih-Baturaja, Betung-batas Jambi, kawasan Kurungan Nyawa dan Tebing Tinggi-Lahat-Lubuk Linggau. Terkait kemungkinan banjir dan longsor, Dishubkominfo Sumsel telah mengantisipasinya dengan beberapa langkah penting. Salah satunya, berkoordinasi dengan ORARI dan radio panggil lainnya untuk menginformasikan lokasi rawan. Termasuk jika ada bantuan. “Kita tugaskan tim khusus apabila ada banjir atau longsor di suatu daerah,”cetusnya.
Telah pula diinstruksikan kepada Dishub kabupaten/kota untuk menyiagakan personilnya, siang maupun malam siap action. Kesiapsiagaan personil ini penting jika sewaktu-waktu diperlukan. Masing-masing Dishub telah pula berkoordinasi dengan jajaran Dinas PU Bina Marga.
“Alat berat telah pula di standby kan pada jarak terdekat ke titik-titik rawan,”jelas Sarimuda. Jika terjadi banjir atau longsor, maka alat berat dan personil yang ada bisa segera dikerahkan ke sana. Tujuannya, agar dalam waktu singkat dampak banjir atau longsor bisa diatasi.
“Kalau misalnya ada ruas jalan yang tergerus atau tertimbun, bisa kita perbaiki atau dibuka sementara agar kendaraan bisa tetap melintas sehingga tidak terjadi kemacetan lama,”bebernya. Lima pos pemeriksaan terpadu (PPT) Dishubkominfo pun dijadikan posko terpadu untuk pengkoordinasian pemantauan banjir maupun longsor.

Iklan

10 comments on “Dukung Pelestarian Lingkungan, Dodi Reza Dirikan D’Green

  1. wah luar biasa….tapi saya pikir buk mega udahlah, kagak usah mau ambil pusing dengan maju pilpres 2009 nanti….kasih aja kesempatan kepada yang lain…..kalo perlu kasih kesempatan kepada kaum muda untuk maju pilpres 2009 mendatang…saatnya kaum muda memimpin……….

  2. Soal mau pilih dan mau dipilih itu hak dari semua rakyat Indonesia. Tidaklah banyak omonglah, lihat saja nanti tentu rakyat akan memilih orang-orang yang paling loyal terhadap bangsa dan negara kesatuan RI. Orang-orang nasionalis tentu sudah pandai akan milih siapa nantinya. MERDEKA !!!!!!

  3. sip dech… tapi menurut saya bu mega gak usah maju jd presiden. mending kasihin ke yang lain. biar rakyat gak bosen n ada penyegaran baru gt..saatnya generasi baru memimpin.

  4. Kenapa sih pak Sulaiman Alwi dukung SOHE ? Apa sudah ada prestasinya di Sumsel ini ? Kayaknya SO gagal memimpin Sumsel ini kan pak Sulaiman ? Orang gagal kog di dukung ?

  5. Hebat ternyata yah, ga banyak terlihat promosi tapi dukungan masyarakat banyak sekali di kehidupan sosial palembang.

    Salut dah…

  6. Kalau menilai orang, memang bisa kena yang colon gubernur hanya 2 orang, berarti gak punya nyali. Jadi saya harap kepada rekan-rekan gak usah saling menjatuhkan, siapa yang baik siapa yang kurang kita rakyat sumsel gunakan hak anda untuk memilih tanggal 4 september 2008 sesuai dengan hati nurani. Kalau gak mau goulput saja. Coba liat propinsi tetangga ada 7 clon, sumsel yang begitu luas dengan penduduk 7 juta hanya 2 calon. Terima kasih.

  7. alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Gak Jelas? 😐

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s