Pemprov Anggarkan Dana Rp3,36 M


Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan anggaran Rp3,36 miliar untuk membayar tiga bulan gaji sekitar 1.400 tenaga honor yang tersendat. Tiap honorer bakal mendapatkan Rp800 ribu per bulan.
“Per tahunnya kita siapkan Rp14 miliar, kalau per bulan hitung saja berapa,” ujar  Kepala Biro Keuangan Provinsi Sumsel Laonma Pn Tobing SE kbeberapa waktu lalu.  Menurut dia, untuk membayarkan gaji tersebut, Pemprov harus mengalihkan anggaran pos belanja pegawai ke pos belanja barang dan jasa.
Menurut Laonma, pembayaran gaji honorer yang masuk dan tidak masuk database itu akan diupayakan pada bulan Maret ini juga. Lantaran menyangkut anggaran,  ke depan perlu persetujuan prinsip dari anggota DPRD Sumsel.
“Pengalihan pos anggaran itu, segera kita ajukan ke DPRD Sumsel. Mungkin cukup ke badan anggaran (banggar) saja,” cetusnya. Pengajuan tersebut, tambah dia, masih menunggu pengajuan jumlah honorer dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah(SKPD).
Dikatakannya, saat ini cukup banyak data honorer yang masuk dari SKPD di lingkup Pemprov Sumsel. “Sudah lebih dari 50 persen yang telah kita terima,” kata Laonma lagi. Dengan persetujuan anggota DPRD Sumsel, barulah gaji para honorer ini bisa dibayarkan.
Tinggal lagi, kata Laonma, adanya peralihan anggaran akan disesuaikan dengan APBD perubahan 2010 nanti. Diketahui, hingga kemarin semua tenaga honor di lingkungan Pemprov Sumsel mengeluhkan belum menerima gaji Januari dan Februari. “Kami tidak tahu kapan  gaji dibayarkan. Sudah dua bulan kerja tidak bergaji. Untuk pergi ke kantor kan perlu ongkos, juga uang makan siang,”ungkap salah seorang honorer pemprov kepada koran ini.
Terbengkalainya gaji tenaga honor ini karena adanya revisi aturan pembayaran haji honorer Pemprov Sumsel. Revisi terkait rencana penerapan sistem outsourching bagi tenaga honorer non database. Menyoal rapel kenaikan gaji PNS, Laonma mengatakan hingga kemarin belum ada petunjuk pusat.
“Belum ada instruksinya dari pemerintah pusat. Kita masih tunggu,” tukasnya. Pastinya, pemprov telah menyiapkan anggaran Rp20 miliar lebih. Dana itu untuk membayar rapel kenaikan  gaji selama empat bulan dari sekitar 8.000 PNS Pemprov Sumsel.

Iklan

4 comments on “Pemprov Anggarkan Dana Rp3,36 M

  1. Kemenangan PDIP Bisa Jadi Hanya Tinggal Mimpi
    benar itu kelihatanya akan terjadi dalam pemilu 2009.
    apalagi kalau kita lihat tokoh PDIP di sumsel, kelihatnya berusaha memperjuangan aspirasi rakyat kecil tapi pada dasarnya dia mempunyai kepentigan pribadi yang lebih besar(ingin jadi penguasa)

  2. kalu aku sudah tidak percaya lagi sama janji2 orang partai ataupun platformnya fartai, semua hasil rekayasa dan cendrung membodohi rakyat.
    partai itu banyah bohong nya……………..
    Orang partai yang duduk di DPR Mayoritas tidak memikirkan lagi Rakyat/Konstituennya….
    Anggota DpRd yang ada banyak yang luaph diri dan memperkaya diri.
    Jangan percaya dengan bujuk rayu mereka, cukup sudalah mereka membodohi kita dengan janji2 palsu, karena mereka bekerja relatif bukan mikirin kita rakyat kecil, tapi mikirin perutnya sensdiri dengan memperkaya diri. NERAKA JAHANNAM.

  3. saya masih menaruh harapan pada PDIP untuk memenangkan pilpres yang akan datang ,asalkan PDIP akan benar-benar memenuhi janjinya untuk mensejahterakan rakyat,dalam bidang pangan dan lapangan pekerjaan,selama ini pengangguran diindonesia semakin meningkat,bagi pemimpin yang sekarang hanya janji-janji belaka alias pembohong,untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan pangan yang terjangkau,majulah PDIP wujudkan negara yg makmur.

  4. Mengikuti perkembangan sekarang,yg menjadi ketua pdi prov sumsel dan kota palembang yaitu walikota dan wakil wlikota palembang, sepertinya sdh mulai ada perjanjian timbalbalik antarakeduanya untuk 2013 nanti. Dari pengalaman 2008,mrk ini benar2 mengekploitasi para pns, sampai ke camat dan lurah menjadi kakitangan mereka untuk terus ke rt dan tokoh masyarakat. praktek ini nampaknya akan mereka ulangi menghadapi 2013. namun cukup tepatlah pak gubernur selaku wakil pemerintah pusat didaerah yang memilih Husni tamrin sebagai sekda kota plembang, lebih netral dari calon lainnya. harapan kami kepada pak gubernur untuk memerintahkan sekda kota palembang spy menjadikan pns netral daripada menjadi “kerbau dicolok hidung” oleh walikota dan wakil walikota mereka bukannya nanti sekda melakukan tutup mata dan telinga. cukupla pns kota ini dijadikan kerbau seperti 2013 lalu, jgn jadi kerbau lagi. Utk pak sarimuda, semoga dpt ikut dan mempersiapkan diri. kami sebagai pns kota palembang dan warga yg dikibuli mendukung bapak, KAMI BUKAN KERBAU LAGI. Hidup pak Alex Nurdin,hidup Pak Sarimuda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s