Zakat PNS Baru Terserap 40 Persen


Zakat penghasilan bagi pegawai negeri sipil (PNS) di kantor, dinas, badan dan instansi di lingkungan Pemprov serta BUMD dan BUMN masih menjadi target Badan Amil Zakat (BAZ) Sumsel. Apalagi, tahun 2009 lalu  hanya tercapai 40 persen.
“Masih ada PNS yang berpikir belum wajib membayar zakat,” ujar Drs H M Teguh Sobri, Sekretaris BAZ Sumsel kepada wartawan, beberapa waktu lalu. Perhitungan wajib zakat sendiri berdasarkan nisab 85 gram emas selama satu tahun. Bila dikonversikan menjadi Rp2.116.000 perbulan. “Dari gaji tersebut kemudian 2,5 persennya wajib dizakatkan,” ungkap Teguh.
Dikatakan, capaian 40 persen tersebut setiap tahunnya meningkat. Hanya, potensi yang ada belum tergali secara maksimal. ”Jadi 60 persen-nya PR (Pekerjaan Rumah) kita. Intinya, supaya PNS muslim di lingkungan Pemprov Sumsel mau memberikan zakatnya ke BAZ Sumsel,” katanya.
Mengapa harus ke BAZ Sumsel? Kata Teguh, itu karena BAZ Sumsel sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah. Kemudian tidak ada perasaan rendah diri dengan penerima. Dan, zakat yang disalurkan tepat sasaran dan tepat guna serta merupakan syiar Islam. ”Empat pedoman tersebut yang menjadikan kenapa zakat disalurkan ke BAZ,” tuturnya.
Meskipun baru mencakup 40 persen dari keseluruhan zakat penghasilan PNS, namun BAZ Sumsel mampu meraih penghargaan berupa anugerah zakat sebagai BAZ tingkat provinsi terbaik. Khusus kategori inovasi pengumpulan dana ZIS (Zakat, Infak, dan Sadaqoh) dalam penganugerahan Indonesia Zakat Award 2010 dari 32 Provinsi, 26 maret lalu di Jakarta.
Yang menerima penghargaan Drs H Robinson Malian, ketua pelaksana harian BAZ Sumsel. Diserahkan oleh ketua BAZ nasional Prof Dr H Didin Hafidudin MSi. “Mudah-mudahan dapat meningkatkan kompetisi zakat di tingkat provinsi maupun kabupaten / kota di Indonesia,” ungkap Robinson tadi malam.
Dikatakan, 2009 lalu, BAZ Sumsel menerima Rp1.396.356.514 dari zakat penghasilan lingkungan Pemprov Sumsel maupun dari luar intansi tersebut secara perorangan. Penyalurannya sebesar Rp1.307.245.675. Sedangkan untuk 2008 capaian yang diraih Rp1.035.171.736 dan untuk penyalurannya Rp1.684.347.892.
Ia menjelaskan, penyaluran mencakup  program Sumsel Sehat, cerdas, makmur, takwa dan peduli. ”Tahun 2010 ini BAZ Sumsel mendapat bantuan dari BAZ Pusat untuk program Sumsel Takwa dan Sumsel Makmur, namun berapa besarnya kita belum tahu,” bebernya.
Bagaimana dengan target 2010? Kata Robinson, pihaknya menargetkan Rp1,7 M. ”Ke depan BAZ Sumsel akan ada UPZ (Unit Pelayanan Zakat) ke Masjid. Tahap awal di masjid Takwa Palembang,” tukasnya.  .(mg44)

Iklan

9 comments on “Zakat PNS Baru Terserap 40 Persen

  1. sungguh miris hati ini yaa.. kalu denger PDAM palembang gak bisa memenuhi kebutuhan warga 24 jam. kontras sekali dengan maskot kota palembang saat ini yaitu “VISIT MUSI” coba kita bayangkan ekses ekses dari ketidak mampuan PDAM mensuplai air bersih ke warganya.
    1. warga tiap hari resah akhirnya stress akibat air sulit. ekses selanjutnya kebencian warga, antipati yang timbul dari warga terhadap PDAM sumsel dan Pemda Sumsel. akhirnya timbul rasa tidak senang thd para pejabat.
    2. terjadinya pencurian air dgn cara membobol saluran pipa secara langsung, timbul masalah baru yaitu pencabutan hak pakai, denda , biaya pasang baru, untuk sementara cari sumber air tangki. dan pihak PDAM pun menjadi repot selalu menyelesaikan kasus perkasus.
    3. Pilkada sebentar lagi akan berlangsung, tak ada satupun para kandidiat, membahas masalah infrastruktur daerah termasuk masalah PDAM dll. padahal masalah infrastruktur inilah yang vital bagi kepentingan seluruh masy. sumsel. semua kandidiat selalu ngomong ujungnya saja, yakni membuat masy. menjadi makmur…. padahal awalnya saja mereka gak pernah gubris…
    4. Gimana kalau saya usul setiap warga palembang memasang pipa dari rumahnya dihubungkan langsung kesungai musi, airnya disedot langsung dengan pompa air,,,,gimana ? gimana ? yang rumahnya dipakjo, beli pipa berapa ribu batang untuk sampai ke sungai musi, bisa gak ngebayanginya ya pipa pipa air berseliweran dimana mana dipalembang, he he he ….
    kalupun itu terjadi, saya gak bisa mikirnya lagi betapa besar tarif listrik bulanan yang akan dibayarkan setiap penduduk ke PLN. dan yang lebih penting lagi sanggupkah PLN menampung tambahan kebutuhan tiap rumah untuk pemasangan pompa air.

  2. ai,,pak nirwan jangan kenceng nian woi tembakan tu,,sakit pak rasonyo kami sebagai pegawai pdam.memang bener galo uji bapak tu nomor 1 dengen 2,sudah bener bener kejdian,na untuk no 3 itula masalanyo sebenernyo,amen kami ini sesuai perinta wong pucuk bae,tapi amen wong pucuk cuma pacak enjok janji janji merayu waktu pilkada, supayo milih dio, dak taunyo dio tu cuma ngomong bae nak makmurke masyarakat palembang, tapi dak tau makmano caro nak makmurkenyo,temasuk gek nak sekola grates,berobat gratis,apo apo gratis,aii amen nak budike tulah, memangnyo darimano duet biayo galo galo,temasuk nak besake pdam, belum gratis bae pdam dak tebangun bangun,apolagi kagek nak gratis galo,aiii nemen nak bebudi tuh,,,,,,,,na kalu no 4, ai kamok ini nak bekelakar bae,madaki masang pipa paralon sejau jau idak nggot dari pakjo sampe sungai musi,tapi pecaknyo tuh awak cuma nunjukan bae bahwa wargo kito sudah nek dengen kenyataan yg ado mak ini yo dak?

  3. Aiii kami pegawai pdam jugo nak nanggapi dari ungkapan bapak nirwan salim, kalu yang no.1 bikin warga sakit ati dengan stress…?…. kalu cuman kamu bae yang sakit ati, benci dgn stress yang laen idak, kamu tu nunggak mungkin dak bayar, diputus terus sakit ati jadi stress tapi ku minta kamu tu jangan bunuh diri…. terus kalu nanggapi yang no.2 kalu masalah wong maling banyu kalu kamu nyingok dengan tau nian, payo enjuk tau/laporke..jgn diem bae…apatis kamu tu…kalu kamu tu jgo melok nebok pipa…jdi dak galak ngelaporke…kemaluan caknyo…
    nah kalu yg no.3..salah kamu..tu justru salah satu kandidat konsens nian masalah pdam ini, rajin-rajin nonton Pal TV, jadi tau kalu ado kandidat calon promosi PDAM, katek TV apo…?…nah kalu yang no.4, kalu kamu galak cuboke bae, mayar tunggakan belum tentu galak, apolagi nak mbeli pipa ribuan batang nyambung ke sungai musi….kelakar bae…wong plembang nian caknyo kamu ni….besak kelakar tapi katek bukti….

  4. sori mr. wong
    aku baru buka lagi ye..
    1. jadi mak ini, aku nak nanyo nian dengan kamu,
    kapan nian PDAM kito ini idak byar pet pecak pln kito tapi tebalek, kalu pln matinyo 2-3 jam, cuma kalu PDAM kito idupnyo bae yang 2-3 jam he he he, jangan pulok kau jingok daerah elitnyo, jingoklah tempat kami sungai batang, kenten.
    2. kalu maling banyu, jingoklah dewek ke plosok jangan kamu jingok daera elit bae. ngapo males apo ke plosok ? he he he
    3. baguslah kalu memang ado, aku jugo melok dukung kalu cak itu.
    4. aii..men kami ini mayar terus oii jangan katoke dak mayar, jingoklah segel meteran kami masih bagus. aii mang cek wong ini su uzon nian, aku ini pengen nian jugo mandi tengah malem cak kamu itu, he he he tapi jangan pake air tampungan, dak kuat ngalirnyo, cak banyu kemek bae, hi hi hi hi…ha ha hah ha ha ha ha.
    cubo amen PDAM kito memang sudah bagus nian, surveila sekali sekali kerumah rumah plosok kota, apo nian dak make pompa lagi nyedot aernyo..
    5. yo aku ini asli wong plembang nian tempatku 3 ilir sinilah, memang banyak kelakar tapi idak cak kamu begawe males makan gaji buto, ha ha ha ha ha.

  5. Kepada Yth,
    seluruh Simpatisan SO

    untuk diketahui bersama :

    1. Blog ini sengaja dibuat untuk Memprovokasi..dengan Tujuan Ahir adalah terjadinya perpecahan khususnya di tanah Sumatera Selatan ini, dan Indonesia pada umumnya.

    2. Banyak sekali komentar – komentar (99,999 % ) dari simpatisan SO yg telah dihapus..karena mereka takut akan bangkitnya kesadaran para anggota forum akan fakta yg sebenarnya.

    3. Tulisan yg mereka/admin sajikan adalah kampanye hitam dari kubu AN..dengan harapan dapat membentuk opini sesuai dengan yg mereka harapkan. tetapi kita / masyarakat lebih cerdas dari yg mereka duga..

    oleh karena itu, saya menagajak rekan – rekan semua :

    1. Mewaspadai bahaya laten yg ditimbulkan dari usaha provokasi blog ini

    2. kita tidak perlu lg berkomentar karena akan sia – sia ( dihapus ) dan biarkan mereka berpesta memuja – muji AN..biarkan mereka tenggelam dalam mimpi..iklaskan saja..karena kita telah berusaha untuk mengingatkan.

    3. Kepada rekan – rekan semua..teruslah berprestasi..gapai tantangan kedepan dengan wawasan dan skiil yg nyata..

    Selamat Berkarya..Sukses Selalu
    Hormat saya,
    Wangga

  6. kapan pak kami masyarakat di sekitar kenten laut di alirin dinginnya air pdam??mohon infonya ya..sapa yang bisa beri info..thanks buat anda2 sekalian

  7. pdam untuk wilayah kenten sako belum berjalan dgn maksimal,,,,,klo musim hujan bair nya deres,,,klo kemarau air nya gx hidup,,,sama saja bohong,,,,,,,tolong dong bwt bapak2 yg bekerja di PDAM khususnya wilayah kenten sako,,,,,diperhatikan,,,,

  8. PDAM untuk wilayah kenten sako belum berjalan dgn maksimal,,,,,klo musim hujan air nya deres,,,klo kemarau air nya gx hidup,,,sama saja bohong,,,,,,,tolong dong bwt bapak2 yg bekerja di PDAM khususnya wilayah kenten sako (KOMPLEK Yuka),,,,,TOLONG diperhatikan,,,,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s