Cara Korupsi PNS Golongan Kecil


bensin

Budaya korupsi memang sudah mewabah dilingkungan pegawai negeri di negara ini. Mulai pejabat tinggi hingga PNS golongan terendah pun pasti akan melakukan korupsi jika ada kesempatan.

Salah satu jenis korupsi yang biasa dilakukan PNS golongan kecil adalah mengakali uang bensin dengan cara menukarkan kupon-kupon bensin di pompa bensin dengan uang, tanpa menukarkannya dengan bensin.

Berdasarkan pantauan Wartawan di kios bensin yang terletak di jalan Radial Palembang, ditemukan aksi penukaran kupon-kupon bensin oleh seorang PNS dari Pol-PP Palembang. PNS yang berseragam lengkap dan mengendarai motor patroli Pol-PP ini sengaja datang untuk menukarkan puluhan kupon bensin yang ia bawa. Harga yang tertera dalam kupon tersebut adalah Rp.40.000.

Petugas Pol-PP tersebut langsung bernegoisasi dengan karyawan SPBU. Akhirnya disepakatilah perkupon dihargai Rp.30.000,-. Jadi untuk jumlah kupon yang banyak itu tentu uang yang didapat akan sangat besar juga.

Ketika ditanyakan kepada PNS tersebut ia menjawab jika kupon-kupon tersebut adalah bukan miliknya. Melainkan milik atasannya dan uangnya akan dibagi-bagikan oleh atasannya sebagai uang rokok di Pol-PP.

Jadi kupon bensin tersebut hanya menjadi alat untuk ditukar dengan uang, bukan untuk mengisi bensin kendaraan dinas.

Inilah yang dikenal dengan korupsi kupon bensin.

Advertisements

3 thoughts on “Cara Korupsi PNS Golongan Kecil

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s