Jemaah Haji Jadi Sasaran Kampanye


bandara.jpgbandara-1.jpg

Tahun ini Jamaah Haji dari propinsi Sumatera Selatan patut berbangga, pasalnya mulai tahun ini Bandara SMB II Palembang untuk pertama kali dijadikan sebagai Bandara Embarkasi Haji, untuk melayani Jamaah Haji dari wilayah Sumsel dan Babel. Jamaah haji tak perlu lagi direpotkan untuk berangkat ke Jakarta dahulu. Selain itu biayanya pun bisa lebih hemat.

Gubernur Syahrial Oesman sendiri tahun ini bisa berangkat bersama ribuan jemaah haji Sumsel lainnya dari Embarkasi SMB II Palembang. Sungguh sangat membanggakan.

Namun ada hal yang kurang pas terjadi dibalik segala kebaikan dari keberangkatan jamaah haji Sumsel dari Embarkasi SMB II Palembang ini. Beberapa hari ini para jemaah haji Sumsel dikejutkan dengan ditemukannya uang Rp.1.250.000,- yang terselip di dalam tiap-tiap tas yang diterima mereka. Tas tersebut adalah semacam cindera mata dari Syahrial Oesman karena diluarnya terpampang gambar Syahrial.

Menurut keterangan beberapa petugas yang membagikan Tas Syahrial tersebut bahwa uang sejumlah itu adalah sekedar uang bekal dari Gubernur untuk para jemaah. “Sekedar sedikit bekal saja”, ujar petugas tersebut.

Seorang Jemaah Haji dari Palembang mengaku kaget ketika dirinya membuka tas hadiah tersebut. “Di dalamnya ada uang Rp.250 Ribu, saya kaget, uang siapa ini. Tapi setelah ditanyakan ternyata itu adalah uang pemberian pak Syahrial”, ujarnya.

Beberapa jemaah haji menanggapi pemberian uang Rp.1.250 ribu ini secara beragam. Ada yang mengaku senang dan berterima kasih kepada Gubernur yang memberikan perhatian besar kepada para jamaah hajinya. Namun ada pula yang menilai jika hal itu sepatutnya tidak dilakukan.

“Kami kam mau beribadah, maka seharusnya urusan ibadah haji ini jangan dijadikan komoditi politik”, ujarnya menyesalkan.

Berbagai pihak menilai jika pemberian uang tersebut adalah bagi-bagi duit untuk memperoleh dukungan. Dengan kata lain, itu adalah Kampanye.

Beberapa tokoh masyarakat berpendapat, jika memang Syahrial berniat membantu atau menyumbang, sebaiknya pihak yang disumbang bukanlah para jemaah haji, melainkan mereka yang hidup serba kekurangan.

haji21.jpghaji3.jpg

“Wah, mestinya bukan jemaah haji kalau mau dibantu. Mereka itu kan orang-orang mampu dan berduit. Makanya mereka bisa berangkat haji. Tapi mestinya orang-orang miskin, anak-anak yatim, janda tua, orang jompo dan lain-lain”, ujar Saidina Umar warga Plaju.

Umar menilai Syahrial kurang peka melihat kondisi rakyatnya. Ia tak tahu siapa yang harus lebih diprioritaskan untuk ia bantu. Selain itu para jemaah haji Sumsel juga malah senang diberi uang itu, mestinya meraka jangan mau menerima sedekah itu.

“Jika perlu ambil uang itu lalu sedekahkan kepada orang-orang yang lebih berhak, bukan dibawa ke arab untuk belanja dan senang-senang’, ujar warga tadi.

Iklan

One comment on “Jemaah Haji Jadi Sasaran Kampanye

  1. Setelah saya amati tulisan-tulisan saudara Supriadi pada blog-blog di Situs ini, saya mensinyalir adanya keberpihakan saudara Supriadi kepada salah satu Calon Gubernur Sumsel, dan saya menyimpulkan bahwa saudara Supriadi adalah salah satu tim suksesnya Alex Noerdin yang sedang menghitung angka-angka untuk mencari kans dari suara-suara yang akan mendukung Alex Noerdin, untuk itu saya himbau kepada para pendukung SO untuk tidak lagi mengisi komentar di blog-blog pada situs ini karena hanya akan menguntungkan Saudara Supriadi dan pihak Alex Noerdin dan beginilah cara kerja dan tipu muslihat dari para pendukung dan Alex Noerdin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s