Skenario SBY


Penyerahan Bintang Mahaputera

Pencalonan kembali Syahrial Oesman menjadi Gubernur Sumatera Selatan untuk periode yang kedua nampaknya akan berjalan mulus tak banyak hambatan. Apalagi jika Syahrial bisa tampil menjadi pemenang dalam Pilkada, dipastikan tak akan ada hambatan lagi baginya untuk segera dilantik dan duduk dikursi Gubernur untuk lima tahun mendatang.

Berbeda dengan Alex Noerdin atau calon-calon lainnya. Tak akan mudah bagi mereka untuk bisa maju mendapatkan nomor urut pemilihan. Apalagi jika kelak mereka yang terpilih. Rintangan dan permasalahan akan datang secara bertubi-tubi untuk menggagalkan hasil pemilihan dan untuk tidak melantiknya.

Hal ini bukan saja dari permasalahan-permasalahan yang akan sengaja dimunculkan oleh lawan-lawan politiknya, terutama berkaitan dengan kasus-kasus penyelewengan keuangan negara, tetapi juga lebih disebabkan peranan Presiden SBY yang berada dibalik kubu Syahrial Oesman. Dengan kata lain, Syahrial Oesman didukung penuh oleh SBY, bahkan dia adalah pemilik skenarionya.

Sangat beralasana jika SBY memilih mendukung Syahrial ketimbang calon lain dalam Pilkada mendatang. Selain karena kepopuleran Syahrial diprediksi bakal mengungguli calon-calon lainnya, juga Syahrial dinilai telah berhasil dan sebagai Gubernur. Syahrial sangat loyal dan penurut. Tak ada satupun permintaan SBY yang tidak dikabulkan Syahrial. Selain itu, bagi kepentingan politik SBY di tahun 2009 mendatang, Syahrial dinilai akan lebih banyak menguntungkan ketimbang yang lain.

Skenarionya

Selain karena tekad Syahrial yang sangat kuat, pencalonan Syahrial kembali dalam Pilkada 2008 nanti juga tak lepas dari sebuah skenario besar yang dirancang pihak SBY di Jakarta. Syahrial Oesman harus dimenangkan.

Hubungan Jakarta dengan Palembang memang lebih mesra ketimbang hubungan jakarta dengan daerah-daerah lainnya. Bagaimana tidak, SBY menilai Syahrial Plus karena perananannya yang telah mengantarkan SBY menang pada Pilpres lalu. Padahal semua orang tahu jika Sumsel adalah basis massa Megawati, karena Sumsel adalah daerah asal kelahiran Taufik Kiemas suami Megawati. Ternyata di Sumsel SBY bisa menang.

Pihak yang paling berperan mendekatkan SBY dengan Sumsel sesungguhnya bukanlah Syahrial Oesman sendiri. Melainkan orang keduanya yaitu Wakil Gubernur Sumsel, dr.H.Mahyuddin NS. Kedekatan SBY dengan H.Mahyudin memang sudah terjalin sejak lama. Hubungan mereka sangat harmonis, dan lebih mirip seperti keluarga dekat saja.

Hubungan dekat SBY-Mahyuddin inilah yang pernah menyelamatkan kemenangan pasangan Syahrial-Mahyudin ketika pemilihan Gubernur lalu ketika mereka harus berhadapan dengan Rosihan Arsyad. Karena SBY yang berjuang meluluhkan hati Megawati-lah akhirnya Syahrial-Mahyudin bisa dilantik menjadi Gubernur.

Nah, bagaimana skenario yang dirancang oleh pihak SBY dijalankan?

Skenario besar yang telah disusun pihak Jakarta untuk Pilkada Sumsel 2008 mendatang adalah Syahrial Oesman harus dimenangkan kembali dengan syarat ia harus masih mau berpasangan dengan Mahyudin kembali. Bagi Syahrial, syarat tersebut tidaklah berat. Siapapun pasangannya, tak jadi masalah.

Namun bagi Mahyudin, jika nanti ia harus kembali duduk di kursi Wakil Gubernur lagi, bukanlah keinginannya. Ia justru ingin menjadi Gubernur, tak mau jadi wakil lagi. Maklum, wakil selalu dalam posisi yang kurang mengenakan. Dan ia sudah merasakannya selama hampir lima tahun ini.

Untuk mendorong cita-cita Mahyuddin, sebagai kawan yang baik, SBY sudah pula menyiapkan resepnya yang diyakini semua setuju dan sama-sama diuntungkan.

Skenarionya, Syahrial tetap jadi Gubernur dan Mahyudin menjadi Wakil Gubernur. Tetapi SBY punya komitmen jika pada Pilpres 2009 nanti ia masih terpilih kembali dan bisa duduk menjadi Presiden periode kedua, Syahrial Oesman bakal ditarik ke Jakarta menjadi Meteri di kabinetnya. Jika SBY jadi menteri maka otomatis Mahyudin akan naik menggantikan Syahrial menjadi Gubernur.

Syahrial sendiri sangat setuju dengan skenario ini. Apalagi ia nampaknya memiliki ambisi menjadi Menteri setelah Gubernur ini.

Untuk menggoalkan rencana ini maka SBY pun harus melakukan langkah-langkah yang mendukung bagi kemenangan Syahrial-Mahyudin dalam Pilkada mendatang. Salah satu bentuk usaha SBY untuk mendongkrak Syahrial adalah memberikan Anugerah Bintang Mahaputra kepada Syahrial beberapa bulan yang lalu. Harapannya, dengan bintang tersebut penilaian rakyat Sumsel kepada Syahrial akan lebih besar dan meningkat. Dan nampaknya ini sangat berhasil, Syahrial semakin jauh menguat.

Walau sesungguhnya pemberian Bintang Mahaputera bagi Syahrial masih belumlah tepat dibandingkan dengan jasa-jasa yang telah dibuatnya bagi bangsa. Syahrial hanya baru dikatakan berhasil menjalankan Tugasnya sebagai Gubernur yang digaji besar dengan uang rakyat. Belum berjasa lebih sehingga pantas mendapat Bintang Mahaputera. Namun itu memang hak Presiden. Siapapun bisa ia berikan bintang jika ia mau.

Jika nanti Syahrial-Mahyudin menang dalam Pilkada 2008 maka dipastikan SBY akan secepatnya melantik mereka dan menutup rapat-rapat telinganya dari berbagai protes, kritikan dan tuntutan hukum atas kemenangan tersebut. Selanjutnya Syahrial-Mahyudin giliran akan dihadapkan pada tugas baru untuk memenangkan SBY dalam Pilpres 2009 di wilayah yang dikhawatirkan bakal menjadi daerah kemenangan Megawati ini.

Nah, jelaskan, semua bersumber dari orang yang sangat bisa dipercaya. Silahkan anda lihat saja sendiri. Oke?

Iklan

5 comments on “Skenario SBY

  1. Ehm menarik dan agak ironis??

    Syahrial Oesman kan ada diurutan ke-9 Calon Presiden di Pilpres 2009. Apakah dia akan mau ditarik untuk jadi menteri sementara dia punya kans untuk jadi Presiden?? Secara hari gini orang sudah muak dengan Megawati, Akbar Tanjung, Gus Dus, Amin Raiz, Yusril Izha M dll??

  2. Oyo, Syahrial urutan ke9 capres 2009?
    tapi biso bae skenario ini jalan…namonyo jugo deal2 politik..Emang enak mano jadi menteri ato Gubernur??klo aku pribadi sih enak jadi Gubernur bae..
    tp apo salah klo skenario ini bener??any idea????

  3. kalau memang semua itu betul,berarti bagus dong…..
    ada anak sumsel bisa ke jenjang nasional…

    bisa maju terus ke atas itu karna merasa mampu dan dia percaya dengan kemampuan
    nya yang di berikan allah.

    hidup So hidup SBY …..
    sumsel maju terus………..

  4. Supriadi, Sekarang SBY dukung alex-eddy apolagi yang nak kau karang. Sekarang jelaskan kalu kau cuma nak mendiskreditkan SO dan Uwong2 yang mendukung SO termasuk Presiden SBY, sekarang SBY dukung alex pasti otak kau lagi ngarang-ngarang nak muji SBY iyo kan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s