Awas! Uang Palsu Beredar


uang-palsu.jpg

Berhati-hatilah jika kita menerima uang pembayaran dalam bentuk uang kertas 100 ribu atau 50 ribuan. Pasalnya kedua jenis uang pecahan tersebut telah banyak yang dipalsukan. Jika tidak teliti kita akan tertipu mentah-mentah.

Adanya peredaran uang palsu ini terbukti dengan tertangkapnya pelaku pengedar uang palsu di Palembang dengan barang bukti sejumlah 7,1 juta rupiah uang palsu. Sedangkan 2,9 juta lainnya sudah terlanjur beredar.

Pelaku adalah Ahmad Zakaria (59) warga Palembang yang tertangkap telah membelanjakan beberapa lembar uang palsu pecahan di beberapa warung di daerah jalan Tanjung Api-api Palembang. Zakaria mengaku uang palsu dengan total nilai 10 juta rupiah itu ia dapat dari seorang warga Jakarta Timur bernama Usman.

Awalnya Zakaria menelpon Usman untuk meminta pekerjaan. Tetapi Usman malah menawarkan untuk mengedarkan uang palsu dengan sistem pembayaran 3 juta rupiah ditukar denga10 juta uang palsu. Alhasil Zakaria tertarik dan langsung berangkat ke Jakarta untuk melakukan transaksi uang palsu.

“Uang 2,9 juta sudah saya edarkan”, ujar Zakarian kepada penyidik dari Poltabes Palembang yang memeriksanya. Hanya saja pihak Poltabes nampak berhati-hati dalam menangani kasus tersebut. Bahkan pengawasan yang dilakukan terhadap tersangka sangat ketat.

“Kasus ini memang belum untuk dipublikasikan, karena akan berpengaruh pada penyelidikan dan tersangka.”, ujar seorang perwira Polisi saat ditanya tentang ketatnya pengawasan.

Nah, berhati-hatilah, siapa tahu uang seratus ribuan yang anda pegang adalah uang palsu juga. Segera lapor jika mendapati uang palsu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s