OKU Selatan Berpotensi Menjadi Kabupaten Baru Yang Gagal


Ketika beberapa kabupaten baru saling berpacu untuk tampil di depan dalam bidang pembangunan, ternyata kabupaten OKU Selatan justru semakin mundur dan jauh tertinggal.

Kabupaten OKU Timur, Kabupaten Banyuasin dan kabupaten Ogan Ilir merupakan kabupaten-kabupaten baru hasil pemekaran di Sumsel yang kini kondisinya sudah menyamai kabupaten-kabupaten yang telah lama ada. Bermacam-macam kegiatan pembangunan terus diupayakan dengan cepat dan peningkatan PAD pun terus ditingkatkan. Tak heran jika saat ini di kabupaten-kabupaten tersebut kondisinya sudah jauh berubah, banyak kemajuan dan warganya pun sangat puas dengan adanya pemekaran.

Namun yang agak nampak berbeda adalah kondisi di kabupaten OKU Selatan, kabupaten pemekaran ini tak banyak menunjukkan kemajuan yang berarti dari sebuah pemekaran. Bahkan kabupaten OKU Selatan lebih berpotensi menjadi kabupaten pemekaran yang gagal.

Dilihat dari penghasilan keuangan daerah, Kabupaten OKU Selatan memang sangat minim. Tak banyak Sumber daya alam yang dimiliki kabupaten itu. PAD-nya sangat kecil dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Sumsel. Bahkan OKU Selatan lebih terkesan hanya mengandalkan dana dari pusat sekedar untuk membayar gaji pegawai dan membiayai pembangunan daerahnya.

Saat ini kegiatan pembangunan di kabupaten tersebut cukup banyak, namun yang sangat memprihatinkan adalah pada pelaksanaannya hampir semua proyek pembangunan yang ada di kabupaten tersebut berantakan. Proyek-proyek terbengkalai dan keuangan negara mubazir serta habis masuk ke kantong para koruptor.

“OKU Selatan memang payah pak. Lebih dari 50 persen proyek dari APBD 2007 lalu yang ada di kabupaten ini terbengkalai dan tak diselesaikan”, ujar Sofyan, seorang kontraktor Palembang yang ikut berkecimpung di OKU Selatan.

Menurut Sofyan, semua proyek di OKU Selatan terjadi KKN yang sangat gawat. Proyek dibantai oleh keluarga dan kroni Bupati serta preman-preman yang tak mengerti urusan administrasi sama-sekali. Proyek hanya dijadikan ajang untuk mengeruk uang, sedangkan hasil pekerjaannya berantakan dan tak sedikit yang dibiarkan tak selesai. Padahal semua dananya sudah habis dikeluarkan.

Anehnya, kendati hampir semua proyek di kabupaten ini bermasalah, namun tak ada satu pihakpun yang berani mempermasalahkannya. Menurut Sofyan, hal ini disebabkan karena keberadaan preman dibalik setiap proyek yang ada menyebabkan LSM, wartawan dan mahasiswa disana tidak berani mengusiknya.

“Jangankan LSM, jaksa dan polisi saja tak berani. Apalagi Bupatinya, H. Muhtadin Serai sendiri dikenal sebagai mantan preman juga”, ujarnya.

Ketidakberanian berbagai pihak untuk mengungkap segala kebobrokan di OKU Selatan tak terlepas karena akses jalan menuju ibukota kabupaten itu Muara Dua, cuma satu, sehingga mereka takut dicegat dijalan oleh preman-preman yang dikenal sadis tersebut.

“Kita cari aman dulu, pak”, ujar seorang jaksa di Kantor cabang kejaksaan negeri Muara Dua kepada Wartawan.

Selain keberadaan pihak luar, ketertinggalan kabupaten OKU Selatan dari kabupaten lainnya juga disebabkan karena kentalnya praktek KKN dalam lingkup pemerintahan. Para pejabat seperti Kepala Dinas disana lebih banyak diisi oleh keluarga dan orang-orang dekat Bupati.

“Disana tak mementingkan profesionalismenya. Ini berbeda dengan OKU Timur”, ujar sumber tadi menambahkan.

Kabupaten Gagal

Jika semua permasalahan ini dibiarkan dan terus berlarut, maka bukan tidak mustahil jika kabupaten OKU Selatan akan masuk dalam katagori sebagai kabupaten pemekaran yang gagal.

“Bagi kabupaten yang dianggap gagal, presiden sudah mengisyaratkan agar dilakukan merger dengan kabupaten lainnya. Digabungkan lagi”, ujar Septiawaqn seorang pengamat di Palembang.

Namun Septiawan sendiri beranggapan jika OKU Selatan digabungkan kembali maka mesti digabung kemana kabupaten itu?. “Kabupaten OKU induk dan OKU Timur pasti tidak akan mau karena dianggap hanya akan menjadi beban saja. Mereka sudah merasa cukup dengan keadaan sekarang”, ujarnya lagi.

Mau tidak mau OKU Selatan tetap dipertahankan mejadi kabupaten, namun perlu dilakukan perubahan besar dalam pemerintahan dan penghapusan segala bentuk KKN serta penindakan secara hukum terhadap segala bentuk penyelewengan yang telah terjadi dengan tegas dan tak pandang bulu.

Nah, ini patut menjadi pemikiran kita bersama.

About these ads

164 Tanggapan

  1. Pecat aja tu Bupatinya.

  2. segera digabungkan saja, daripada telanjur hancur. saya siap memimpin gerakan ini

  3. oi… wong palembang kamu tuh dak usah nak bedebat masalah alex-syahrial, pilihlah bae lenglolo-gumb…. haha….. pak syahrial saya minta tolong bapak tu jangan galak make jasa preman…. olehnyo aku pernah nak ribut sm anak preman timses bapak…. dio ngomong kau dak tau apo aku ni anak siapo…… bapak aku ni preman kawan dengan gubernur pulok…… tapi aku tetap milih bapak syahrial……….. smoga pesan aku ni di baco bapak….

  4. oi…. kamu yang nulis oku selatan kabupaten gagal tuh tau dari mano……… jngan galak macak2…. kamu tuh dak tau apo2 apolagi yang namonyo sofyan tuh…… kamu tuh yang belum dapet borongan jangan nak saling jahat…… siapo tahu aku jadi bupati tahun 2012 agek kau ke kasih borongan…. sabar bae es…..

  5. waduh gubernur sekarang pake jasa preman?mau jadi apa sumsel kalo yg merintah preman?mengerikan banget..pak syahrial,kalo memimpin yang bersih2 ajalah..gak usah pake jasa preman dong.Wah,gimana rakyat sumsel sejahtera kalo memimpin sumsel dengan preman?hidup di dunia ini sementara lho pak..

  6. Kepada Yth Bapak Bupati ( Oku – Selatan )

    Kami sebagai warga Muaradua di perantauan sangat prihatin sekali atas apa yang saya lihat sendiri bagai mana tidak kemajuan di kabupaten yg lain sangat maju di banding kita muaradua, oleh karena itu jangan terlalu banyak KKN nya ( di kurangi ) saya sangat mengerti dan paham apa dibalik semua dari proyek yang mengerjakan nya keluarga dekat anda sendiri , bukan melalui tender murni tapi tender yang telah di atur dan siapa yang mengerjakan nya sudah di tunjuk alias tender tersebut hanya permainan saja. dan untuk perencanaan pembangunan tolong di serahkan kepada yang ahli nya ( Bukan seperti Bapak Hasbi ) dan untuk pemilihan camat – camat tolong di angkat yang sesuai dg pendidikan nya bukan dari ex / bekas guru SD, SMP. jadi nyata bahwa bagai mana mau maju kabupaten kita kalau yang menjalan kan nya ” Bukan Staff Ahli ” TAPI di paksakan demi untuk kekuasaan belaka, demikian lah saran dari kami ini hanya sekelumit bagai mana penjalanan roda pemerintahan tanpa menunjuk yang ahli nya, jadi wajar kalau di bilang kabupaten kita GAGAL di banding dg kabupaten baru lain nya.

    Wassalam
    Jois ( Warga Muaradua Di perantauan )

  7. pak bupati keluargo besar kau keluarga KKN igat samo tuhan. muaraduo bupatinyoo cuman tamat SMP idak ngerti apo2 camat kepala dinas keluaga beasar/timsukses bupati galo berikuk dirut PAM. katonyo m2 kekurangan guru ngapo guru di angkat jd camat dan kepaka dinas. pemborong di m2 keluaga bupati galo dan timsuksesnyo galo. proyek m2 akal2an bupati tadin. m2 calon kabupaten ancur/ambruadul dikernakan pejabatnyo bukan ahlinyo. m2biang korosi pejabat sampai rakyanyo melarat. polisi, angota DPRD, jaksa, hakim, tentara takut galo samo bupati di kernaka bupati mantan preman biso2 cicegat preman m2 kalo wartawan LSM permasaalahkan, masaalah koropsi di m2. rakyat m2 kita lengserkan bupatinyo okeeeeeeeee.

  8. setuju……………………..
    mari kita kontrol bersama pembangunan di Muaradua,
    jika kita temukan indikasi korupsinya mari laporkan bersama ke penyidik .

  9. Aku sangat tertarik dari artikel yang tertuang disini, mungkin bisa dibenarkan juga kalau oku selatan kabupaten baru yang gagal… Untuk itu mari kita sama2 untuk memperbaikinya dan segera berbenah agar kabupaten ini maju dan bisa setara dengan kabupatan2 yang telah lama ada. Saling menyalahkan/menghujat itu bukan penyelesaian suatu masalah.. Nah untuk itu yang ngerasa orang Oku selatan mari kita sama memajukan oku selatan, aku rasa ini belum terlabat.. Untuk Bupati Oku selatan & staf, dan seluruh pegawai yang ada MARI KITA MAJUKAN OKU SELATAN.

    [TUNTASKAN PEGAWAI YANG KORUP DAN SISTEM PENERIMAAN PEGAWAI YANG TIDAK SESUAI PROSEDUR DEMI MENDAPATKAN TENAGA KERJA YANG HANDAL DI BIDANGNYA]

    [RATA-RATA PEGAWAI YANG ADA DI PERINTAHAN DAERAH OKU SELATAN BELUM BEKERJA MAKSIMAL DAN KEBANYAKAN HANYA DUDUK, JAM 10 PAGI PULANG, DAN AKHIR BULAN GAJIAN.... KAMI MOHON AGAR KIRANYA BAPAK BUPATI MELAKUKAN SIDAK KE DINAS TERKAIT]

    Terima Kasih,

    Popirio

  10. jangan korupsi truss hancur kabupaten di buat nyo .

  11. KALAU JADI PEJABAT YANG BENER

    BISA BONGKAR TAPI NGGAK BISA MEMBANGUN
    JANGAN BONGKAR , BODOH ITU NAMONYO
    MASYARAKAT JUGA YANG SUSAH

  12. siapo yang dak stuju……..
    NUNGGIT
    baeeeeeeeeeeeeee…….!!!!!!!!!!!!!!

  13. Assalam mu’alaikum ww,
    Saya anak oku selatan yang ada di rantauan, saran saya supaya kota muara dua menjadi indah, sejuk dan nyaman, agar di laksanakan penghijauan di kota muaradua,khususnya di pinggir2 jalan raya

  14. hahhhh… sedih memang klo dengar kacau balau nyo birokrasi di oku selatan, saya sbg putra daerah oku selatan merasa malu dan prihatin akibat ulah para koruptor yg semakin memperparah keadaan di oku selatan ini. memang untuk mengatasi masalah ini tidaklah semudah membalik kan telapak tangan, tapi paling tidak harus ada gerakan dari kaum muda untuk mengadakan perlawanan terhadap para preman2 berdasi ini. ayo bangkit saudaraku kaum muda oku selatan….. mulailah dari diri kita sendiri untuk tidak ikut serta mempraktekkan Korupsi,Kolusi,dan Nepotisme. salam……

  15. key….
    sekarang kita gak usah saling menyalah kan…
    yang terpenting… bupati lebih tegasss…
    pak bupati sendiri orang asli oku selatann…
    apakah bapak bupati mau melihat..daerah nya sendiri kentinggalan dari kabupaten lain…
    apakah bapak mau melihat kabupaten yang anda pimpin gagall…

    bapak sebagai pemimpin di oku selatan..bapak sdah di percaya oleh rakya…
    itu adalah penghargaan tertinggi oleh rakyat untuk bapak…
    gunakan lah kepercayaan itu untuk benar2 untuk membangun,mensejatrakan dan membimbing rakya untuk lebih maju,lebih baik dunia mau pun akherat….
    aq sangat berharap bapak mungkin bisa melaksanakan amanah tersebut…
    gerakan lah hati nurani anda untuk kebaikan bersama agar daerah kita di akui oleh daerah lain dan mjadi daerah yang di ridhoi allah……
    “Abu Ja’far bin Babawaith As Sijistani berkata: “Seorang raja pernah menyurati raja negeri lain, ‘Bagaimana engkau mengatur kerajaanmu dan memerintah rakyatmu? Raja negeri itu menjawab, ‘Dengan delapan cara: Tidak bercanda ketika memerintah dan melarang, tidak melanggar satu pun janji dan ancaman, menghukum berdasarkan kesalahan bukan berdasar kedengkian, mengangkat pejabat berdasarkan kecakapan bukan berdasarkan keinginan, membujuk hati rakyat dan tidak memaksa, mempermudah perijinan bukan karena kelemahan, menyediakan bahan makanan dengan merata dan menghindari hal-hal yang berlebihan”

  16. Surat dari Imam Ali Untuk Para Penguasa

    Jadikanlah kekuasaanmu yang sangat pada segala sesuatu yang paling dekat dengan kebenaran, paling luas dalam keadilan, dan paling meliputi kepuasan rakyat banyak. Sebab, kemarahan rakyat banyak mampu mengalahkan kepuasan kaum elit. Adapun kemarahan kaum elit dapat dibaikan dengan adanya kepuasan rakyat banyak. Sesungguhnya rakyat yang berasal dari kaum elit ini adalah yang paling berat membebani wali negeri dalam masa kemakmuran: paling sedikit bantuannya di masa kesulitan di masa kesulitan; paling membenci keadilan; paling banyak tuntutannya, namun paling sedikit rasa terimakasihnya bila diberi; paling lambat menerima alasan bila ditolak; dan paling sedikit kesabaranya bila berhadapan dengan berbagai bencana. Seburuk-buruk menterimu adalah mereka yang tadinya juga menjadi menteri orang-orang jahat yang telah berkuasa sebelummu, yang bersekutu dengan mereka dalam dosa dan pelanggaran. Maka jangan kaujadikan mereka sebagai kelompok pendampingmu, sebab mereka adalah pembantu-pembantu kaum durhaka, dan saudara-saudara kaum yang aniaya. Kemudian pilihlah untuk jabatan sebagai hakim orang-orang yang paling utama diantara rakyatmu, yang luas pengetahuannya dan tidak mudah dibangkitkan emosinya oleh lawanya. Tidak berkeras kepala dalam kekeliruan dan tidak segan kembali kepada kebenaran bila telah mengetahuinya. Tidak tergiur hatinya oleh ketamakan. Tidak merasa cukup dengan pemahaman yang hanya di permukaan saja, tetapi ia berusaha memahami sesuatu sedalam-dalamnya. Mereka yang paling segera berhenti, karena berhati-hati, bila berhadapan dengan keraguan. Yang paling bersedia menerima argumen-argumen yang benar dan yang paling sedikit rasa kesalnya bila didebat oleh lawan. Yang paling sabar menyelidiki semua urusan dan yang paling tegas beroleh kejelasan tentang penyelesainya. Untuk kaum fakir miskin dan Kaum Lemah jangan kau lalaikan mereka. Jangan sekali-kali kau disibukkan oleh kemewahan. Dan jangan beranggapan bahwa kau tidak akan dituntut apabila melalaikan yang remeh semata-mata disebabkan kau telah menyempurnakan berbagai urusan yang besar lagi penting. Curahkanlah perhatianmu pada mereka dan jangan sekali-kali kau palingkan wajahmu dari mereka. Telitilah juga hal ihwal orang-orang yang tidak dapat mencapaimu disebabkan kehinaan mereka di mata orang banyak. Tugaskanlah beberapa orang kepercayaanmu-yang bersahaja dan tawadhu-untuk meneliti keadaan orang-orang itu. Kemudian penuhilah kewajibanmu terhadap mereka sehingga kaudapat mempertanggung-jawabkan kelak, pada saat perjumpaanmu dengan Allah SWT. Ingatlah apa yang dinyatakan oleh Rasulullah saw: Tidak akan tersucikan suatu ummat selama si lemah tidak dapat menuntut dan memperoleh kembali haknya dari si kuat tanpa rasa takut dan cemas.

  17. wajar bae oku selatan di juluki kabupaten gagal/tertinggal bupatinyo bae preman. kepala dinas,camat,kabag dari guru bukan bidangnyo. pemborong di okus dulur bupati galo dan preman2.

  18. wahai pejabat yang korup, ingatlah kau akan mati…
    tunggu bae gek kalo ketemu malaikat munkar nakir katek lagi yang nolongi kamu…
    insyaflah…
    balekan duit haram asal korupsi,bangun OKUS biar biso bkembang dan bsaing dengan kabupaten lain…
    kalo OKUS maju insya allah para pejabat yang skg biso kepilih lagi di masa yang akan datang, kalo masih nak korupsi jugo…tunggu bae minimal kalo lah pensiun kau banyak dapat musuh…itu akan menjadi awal siksaan sebelum kamu nyemplung ke nerako

  19. hasbi manusia bejat yang kekuasaannyo mengalahkan bupati…
    bupati goblok dak berani menentang kehendak tim sukses..
    padahal katonyo mantan preman….
    atau jangan2 kalian lah bkomplot jadi mapia korupsi OKUS…
    baguslah kalo begitu…
    korupsilah sepuas2nyo…
    besok kalo lah di nerako dak pacak lagi korupsi..
    tinggal menikmati azab hasil korupsi….
    innalilliahi wainnailahi rojiunnn…
    innssyyyaafff lah wahai calon penghuni kubur…….

  20. Ku mohon prihatin pada daerah kita, jangan hanya mementingkan kepentingan pribadi. bangun lah kabupaten kita sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. buka lah hati nurani kita agar kita bisa ikut merasakan penderitaan sesama. Ku yakin, pak bupati dan keluarga dapat mengerti jadi tolong mari kita bersama-sama memajukan kabupaten kita. jangan hanya mendahulukan nepotisme.

  21. Zalimin kasus belut sudah masuk penjara, siapa lagi yang akan menyusul. Pihak Lemabaga Pemasyarakatan sudah memperbaiki kamar tahanan. Tinggal menunggu tamu yang akan datang. nampaknya pihak DPRD ada yang terdaftar.
    Gerakan LSM yang ada di OKUS kejar terus para pejabat yang korupsi!

  22. Bung…tahukah anda kalau OKUS tersebut awalnya terbentuk karena tak lepas dari perjuangan dari Bpk H. Muhtadin dan tim suksesnya yang saat ini kebetulan menjabat. Biarkan pejabat-pejabat yang ada bekerja dengan baik sambil kita evaluasi bersama. Jangan munafik..Saya sering pulang kampung M2 dan melihat sudah banyak perubahan terhadap perkembangan kota muaradua dan sekitarnya dibandingkan 3 tahun lalu. Tak ada gading tak retak! semoga masukan kita bersama menjadi koreksi bagi pejabat yang ada untuk pembangunan kampung kita. Salam hangat dr putra Negeri Batin

  23. Gek bae kito ngomong-ngomong soal OKU selatan ni.

    Abis pilGub gek bae.

    setalah pelantikan gubernur gek cuma ado duo kemungkinan untuk Bupatinyo, tetap jaya atau malah masok bui…

    Sekarang ni banyak yang ketar ketir dan harap2 cemas

  24. Ass…
    Kadang-kadang kito ni cuma pacak ngomong dan ngeritik bae makonyo Kabupaten kito idak maju-maju..Kab. kito ni kan baru bae berdiri idak pacak ndak langsung maju seperti kab. OKUT dan OKU Induk yang pendapatan daerah nya jauh lebih besar dari Kab,OKUS, sedangkan Kab. kito opodio pendapatanya ?..dan lagi Kab. kito ni kekurangan wong pintar makonyo Bupati menjadikan beberapa guru sebagai Camat,wong kito yang pintar-pintar malah merantau, dan mbangun dan berbakti di Daerah lain..Ayo saudara-saudara yang merasa mampu membangun OKUS lebih maju tunjukan diri Anda,jangan hanya BICARA dan MEMOJOKAN ORANG LAIN.

  25. coba anda lihat pejabat sekelas camat saja sudah 2x ganti mobil dinas dalam dua tahun terakhir, sedangkan disana sini masih banyak jalan yang belum selesai dibangun.
    padahal jalan itu adalah sarana unuk rakyat.

    Masalah guru yang dilantik jadi camat.

    inilah sejarah oku selatan, apo idak ngatek lagi uong birokrasi yang dipercaya untuk mengisi kursi sekelas camat?
    Bayangi bae, Mansyur guru SMP pacak jadi camat kisam. dan pada saat beliau keno kasus selingkuh bukannyo dikenoi sangsi administrasi, eh malah dipindahkan menjadi camat buay runjug…

    kemudian Putrabani adalah seorang guru olahraga SD menjadi pegawai di BKD… setelah dia menjadi pegawai malah istrinya juga ikut lulus CPNS, padahal istrinya tidak pernah menapaki jejak HonDa.
    Nah, setelah protes bergulir untuk kasus ini, istri putra bani urung dilantik menjadi PNS tetapi anehnya Putrabani malah menjadi camat buay rawan.

    Yang lebih lucu lagi pengangkatan pengangkatan pejabat ini dilakukan tanpa diketahui media massa, termasuk pengangkatan ketua MUI muaradua YTH bapak BAHARUDIN MUSTOFA.

    Cubo simak keanehan-keanehan yang terjadi di OKU selatan ini. Mugolah ado tambang emas yang berlimpah didaerah kitoni, tp Oku selatan idak akan maju. yang makmur cuma pejabat dan kroninya saja.
    Kareno bupatinyo idak sekolah, dan penjilat disekelilingnyo banyak

    jadi bukan memojokkan orang yang tak bersalah!
    MEREKA PANTAS DIPOJOKKAN.

  26. Ngapo di M2 yang berhasil dan menguasai ekonomi adalah para wong pendatang, kemana warga asli M2 ? Sedangkan putra daerah kebanyakan berhasil dan sukses justru di tanah rantau. Lihat be kagek banyak mobil2 bagus yang dibawa pulang putra daerah saat libur lebaran nanti.

  27. kalu kamu naktau kelurahan smpang sender tu,pegawaynyo cuma
    2 biji,itu jugo,yg siko,dari kepala sekolah,yg sikonyo dari
    penjago sekolah.mano nak maju.kalo se simpang tu,juaro galo
    kalu kamu dak pecayo,buktikan datang bae ke,simpang sender
    dari;bupati sampe desa.dakkatik kebenaran,juaro galo

    by.sanak ranau

  28. tidak mudah untuk memajukan kabupaten/kota baru, seharusnya kita sebagai masyarakat oku selatan mendukung dan memberikan kesempatan para pemimpin kita terlebih dahulu bukan untuk memojokannya atau menjelek2kan kota kita sendiri,bagai mana mau maju…biasanya orang yang sering memojokkan kotanya sendiri pasti ada indikasi ketidak puasannya terhadap pemimpin sekarang…? p, Muhtadin kurasa cukup sukses kok memimpin kota kita yg tercinta, putra haji asli

  29. Hanya bicara tidak akan membantu menyelesaikan permasalahan yang ada.Mari kita berbuat nyata demi pembangunan di OKU Selatan. Bagi saudara2 yang merasa mempunyai potensi untuk itu. mari kita bahu-membahu untuk berjuang demi kebaikan bumi kita tercinta. Pak Bupati orang terbuka,dan siap menerima saran dari siapa saja asal demi kebaikan, bukan untuk menghujat. Kapanpun,rumah beliau selalu terbuka untuk menerima kedatangan saudara2 sekalian.Salam hormat (Mr NH)

  30. Begitu gawatnya OKU Selatan??????

    Saya terperangah membaca komentar Gadieng, bagaimanan mau bekerja dengan baik kalau penempatan pejabat pemerintah tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, kemampuan, dan kredibilitasnya. Kalau fungsional seperti guru diangkat menjadi pejabat struktural, bagaimana mutu pendiikannya, apakah guru di OKU Selatan sudah berlebih??? apakah tidak ada lagi yang layak jadi camat, padahal ada pegawai yang lulus dari APDN atau STPDN justru lari ke daerah lain.

  31. OKU Selatan belum siap menjadi kabupaten karna SDM nya masih kurang dan tarlalu banyak KKN.

  32. KALO SOHE KALAH…..

    TIKO BUPATI KAMI NI BAKALAN MASOK BUI…..

  33. Jangan saling menyalahkan.yang bersalah silahkan mempertangung jawabkan perbuatannya.untuk kedepannya,OKUS harus dipimpin oleh orang yang berpengalaman dibidang pemerintahan{yang pernah menjadi Pejabat} tetapi harus tegas dalam mengambil keputusan.untukPengembangannya harus menggunakan tenaga ahli yang berpengalaman,dengan mendatangkan tenaga profesional dibidangnya masing – masing.Untuk keadaan sekarang ini OKUS memang sangat tertinggal.

  34. Aku sebagai putra daerah oku selatan yang dulu lebih dikenal dengan Muara dua.
    Kita harus melihat sejarah terbentuknya kabupaten OKU Selatan ini,semua ini berkat perjuangan Bupati dan kroninya yg menjabat sekarang ini,Jadi kita juga jangan hanya mencela dan melihat sisi yg kurang baiknya saja,banyak juga perubahan dan pembangunan yang telah di lakukan oleh mereka.
    Tidak benar semua tender dan proyek di kuasai oleh kroninya Bupati Walapun sebagian besar memang demikian, itu juga dengan harapan agar sang bupati lebih muda untuk melakukan kontrol.
    Satu tahun yang lalu aku pulang ke muara dua banyak perubahan terjadi,seperti pasar yang baru,pembangunan PDAM DI simpang ketuai,Pembangunan Kantor Bupati Di Wai basung itu merupakan sarana infrastruktur tuk menuju OKU Selatan yg lebih baik. Jadi kalau ada kesalahan dan penyimpangan jangan cuma di gunjingkan atau di cemooh saja tapi berikan sumbang saran mu tuk kemajuan bersama.

    Febri Anak rantau lg usaha di Bogor
    Putra ASLI Kelahiran Mura dua

    febri_ns@yahoo.com

  35. wah.. pak febri masih kurang info ya?

    Pasar baru itu anggarannya mencapai Rp.7 M dan hanya dibangunkan Rp.1,5M! kemana yang 5,5Mnya lagi? perlu pak Febri ketahui bahwa dalam penyelidikan tentang pasar tersebut Muhtadien H. sera’i terselamatkan oleh SO yg pada waktu itu menjabat Gub.sumsel. makonyo tadien tahan bukak baju demi membela SOHE pada pilgub kemarin.

    kemudian PDAM yang ada disimpang ketuai itu, tahukah pak febri jika PDAM tersebut adalah proyek gagal? sebuah PDAM tanpa bak pnyaringan dan penampungan! cuma kumpo banyu doank!

    teakhir kantor bupati yang diway basung tu.
    Sebuah proyek yang ntah kapan bakalan selesainyo.

    tau dak pak febri ngapo sangkan semua itu terjadi?
    KARENO BUPATINYO IDAK SEKOLAH………………!!!
    YANG MILIHNYO TU DULU LOLO!!!

  36. febri kau nak tau dak dirut PDAM itu adek ipar tadin. jadi tadin itu biang kkn. tadi itu cuman tamat smp. idak lamo lagi tadin masuk rumah sakit, jantungnyo kambuh lagi dikernokan syahrial kalah.

  37. ado berita baru dari muaroduo, gara2 sohe kalah tadin masuk rumah sakit, jantungnyo kambuh di kernokan dio takut kasusnyo terbongkar. kasus pasar saka selabug, ado jugo kasus terbaru mes mahasiswa di jokja piktif senilai 4m. dan jugo tadin beli ruko dan baguna senilai 12m di norogong bekasi atas nama yuli basir mantu tadin takut ketauan jadi namo mantunyo tadin.

  38. Bupati yang sekarang sudah bebar – benar tidak bisa diandalkan lagi..jadi ya sudah lah unutk kedapanya tidak usah dipilih – pilih lagi.apalagi kroni – kroninya.

  39. Tiga tahun ini aku sering ke Oku Selatan,memang untuk ukuran kabupaten baru pembangun diOKUS tergolong sangat lambat,dibandingkan dengan kabupaten baru lainnya.potensi yang bisa dikembangkan didaerah itu sangat banyak untuk meningkatkan PAD,tetapi dari pihak pemerintah terlalu mengandalkan&mengutamakan proyek – proyek tertentu saja.sehingga untuk pengembangan potensi2 diOKUS kurang diperhatikan.Aku sering menginap dihotel yang katanya punya bupati,sihotel itu terlihat sabagai tempat vital untuk mengatur pemerintahan OKUS. Orang – orang datang silih berganti umtuk melobby sang Penguasa.Tetapi sepertinya sang penguasa dibawah kendali Oknum2 yang berkepentingan,sehingga keputusan yang diambil hanya menguntungkan bagi oknum oknum tertentu,yang jelas sangat merugikan rakyat.Kenudian saya coba menginap dihotel lainya,hotel ini katanya milik salah seorang yang cukup terkanal & disegani diOKUS.Aku coba ngobrol2 dengan siempunya,beliau menceritakan masa lalunya dengan sangat antusias,anak – anak siempunya hotel semuanya telah merantau dan sukses dikota besar,dengan memiliki dasar pendidikan dan latar belakang yang bagus. Dari situ saya menilai banyak Putra terbaik diOKUS yang dapat memajukan OKUS.Untuk itu SAYA mengajak Saudara – saudaraku untuk membangun OKUS,walau pun saya hanya status asli OKUS.tapi mari kita bersama membangan okus.

  40. klo aku ladak ambik pusing kami yangdi ranau oku selatan masa bodoh dg galo2 proyek di m2… percuma be presiden la brp kali genti gubernur caitulah bupati2.. tempat kami masih maitulah janga ndak pungutan saje kaaabaaaaaaaaaaah……. dekan maju klo masih korupsi.. ntah hai dak pacak bekaCO DENGAN YANG LAH MAJU… Gagal…….gagallah… pnting gawiku halal pacak makan meski sederhana….

  41. memang benar kenyataan bahwa oku selatan sejak pisah dari oku induk tidak ada perubahan yang berarti,sangat berbeda dengan oku timur, yang sangat berpotensi,
    mungkin benar harus di rubah semua pejabat2 di okus. maupun juga bupatinya sekalian, tempatkanlah orang yg memang berpotensi, tidak mesti putra daerah. berpikirlah positif untuk maju,,!!

  42. Ganti Tadin….

  43. Oku Selatan mulai dibanjiri segelintir orang – orang yang hanya mementingkan golongan&pribadi semata,setelah mutadin serai manyatakan mengundurkan diri dari pencalonan berikutnya,mulai banyak kandidat bupati yang barmunculan,yang rata – rata bermunculan dari kalangan politik.yang dikawatirkan natinya ketika menjabat,jalas akan mementingkan kepentingan golongan dari pada kepentingan masyarakat,terutama kepentingan pertai.Ada juga kandidat yang kalah sewaktu pemilihan kemarin akan mencalonkan diri kembali,dari sini tampak benar bahwa pemilihan bupati,hanya sebagai tempat segalintir golongan untuk berbisnis dan mencari keuntungan semata.Apalagi yang jelas diantaranya yang ingin mncalonkan diri mnjadi anggota legeslatif,dengan kata lain,mereka hanya coba uji keberuntungan.Sehingga menyebapkan keadaan menjadi tidak sehat.untuk itu,hendaknya masyarakat OKU S,lebih arif dalam memilih pemimpinnya kelak,lihat,bobot,pengalaman,latar belakang keluarga,dan hasil yang telah tercapai,sehingga dapat menentukan pemimpin yang jujur,berpengalaman,dan cerdas…

  44. salam Buat seluruh pejabat OKU Selatah yang HAUS akan uang sehingga Kabupaten yang baru akan mengalami fase keterpurukan untuk tanah kelahiran yang saya cintai!!!
    OKU Selatan telah mencetak segelintir Tuan – tuan yang kaya……….

    SALUT untuk TUAN yang merindukan kekayaan,,,

  45. pokoknyo ganti tadin kagek,harus pernah jadi pejabat,latar balakangnyo pemimpin,belum kotor oleh dunia politik,memiliki wawasan yang luas.

  46. aku setuju nian tuhh..jangan kotori pemimpin oleh dunia politik yang cuma mementingkan kepentingan pribadi….

  47. kalu aku mamang aku ketua pertai tula,dengar – dengar sekarang ni ,la nak nyalon lagi,dukung diolah..kasian duitnyo la banyak abis kalah,dak ado salahnyo dio nyubo mimpen.

  48. Bupati OKU Selatan BENGAK NIAN…………………
    pejabat OKU Selatan banyak korupsi………………………
    pejabat OKU Selatan BERSAUDARA……………….
    pejabat OKU Selatan HAUS DUIT………………..

    Pejabat OKU Selatan yang namonyo KULIN wong desa kotabatu KORUPSI, madai baru berapa bulan menjabat dio beli mobil mewah + bangun rumah mewah………………

    WABUP banyak janji sebelum jadi,,,, tapi la jadi lupa dehhhhhhhhhhhh……………….

    salam KORUPTOR!!!!
    tepuk KORUPTOR!!!!

  49. Alang ke bengak gawi kamu ni yang nomentari tulisan supriadi alias ical ini, dio senyum-senyum bae jingok i tulisan kamu yang terpengaruh oleh hasutan iblis yang menjelma menjadi manusia seperti supriadi alias ical.

  50. aku dukung calon kuat dari margo aji……

  51. bupati sekarang gilo suap,gilo korupsi,

  52. OKUS apakhabarya ? kok tidak pernah ada perkembangan berita OKUS di media-media online sekarang ? apa OKUS sudah hidup enggan, mati pun tak mau ? apakhabarnya BG 108 MS ? alias si Muhtadin Serai ? Khabarnyo habis hajatan dia ?

  53. Apakhabarnya juga hasby sekarang ? jabat apa dia disana ?

    Salam dari orang OKUS di Bogor.

  54. GILE..Di oku selatan dak katik rumah sakit,puskesmas kurang,sekolah saro..pejabatnyo gilo KORUPSIIIIIII<<<mangko Calon bupati yang la kalah nak nyalon lagi…lah jelas – jalas rakyat dak galak mili masi jogo nak nyalon lagii….GGIIILLOOO…nebal ke muko baee..Sadar jadi pejabat tu gawe sosial……bukanyo berebut kekuasaan golongan.duo kali genti bupati…samo bae..mendike diri dewek bae..dak jugo mikiri rakyat..Pak rusli,waktu dio jabat..sibuk bae kampanye,akhirnyo tanggung jawab dit

  55. Dengan hormat,
    Membaca tulisan ini sungguh sangat menyedihkan, ternyata preman dimana-mana. Oleh karena itu maka :
    1. Sebagai seorang bupati yang dipilih oleh rakyat, janganlah hanya mementingkan kepentingan pribadi dan kerabat saja. Kalau apa yang ditulis di atas benar, yang dijadikan kepala dinas adalah kawan2 atau orang dekat bupati saja, tanpa mementingkan profesioanlsime, maka ingatlah pertanggung jawaban di hadapan Yang Maha Kuasa nanti.
    2. Premanisme harus segera dibrantas. Karena model premanisme itulah yang telah merusak sistem pemerintahan di Indonesia. Bahwa ada orang dekat mungkin ia, namun tidak boleh mengatur memelebihi bupati adan wakilnya.
    3. Seorang pemimpin haruslah tegas dalam menindak segala sesuatu yang salah. Jangan pilih2. Berlakulah adil.
    4. Ingatlah apa yang dikampanyekan dulu, .
    5. Para muspida, DPRD, harus mengingatkan bupati, jgn diam saja, karena anda dipilih rakyat untuk mewakili mereka.
    6. Kepolisian harus menindak setiap kejahatan yang ada, termasuk kejahatan kerah putih.

    Semoga OKU selatan tetap ada dan semakin maju, karena aku adalah orang OKU Selatan.

  56. yang sudah terjadi apa boleh buat.kelalaian, kesalahan, dan keserakahan pejabat, dan wakil rakyat dalam mengemban amanah ternyata sangat- sangat tidak dapat dipertanggung jawabkan.pertai politik nya mementingkan kepentingan golongan.dalam memilih wakil – wakil nya untuk duduk di kursi -kursi DPRD juga tetap terjadi KKN,mengutamakan saudara2,tanpa memandang profesionalisme!!dari terbentuknya thn 2004 lalu okus belum memiliki pemimpin yang bertanggung jawab.dari Rusli Nawi hingga pemerintahan muthadin serai.rusli nawi,ketika memerintah ia hanya sibuk nempersiapkan kampanye2 untuk pemilihan.sehingga menelantarkan tanggung jawab.Muthadi serai,kita bisa lihat sendiri pemerintahanya????untuk itu kepada rakyat okus untuk kedapanya,harus lebih bijak dalam menentukan nasib okus,pelihlah pemimpin yang berpengalaman,berwawasan luas,memiliki latar belakang yang bagus,dan yang paling penting memiliki tim kerja yang profesional,pintar,..

  57. MUARA 2 KOTA YG KOTOR AKAN KEPERIBADIAN…
    saya yang merasa putra daerah asli oku selatan
    merasa sangat malu dan malah enggan untuk mengakui kalo saya putra daerah oku selatan…
    saya mempuyai pengalamman pada tahun 2006
    saya bekerja mencari sepiring sepageti & sekarung dolar di ibu kota jakata
    alhamdulilah saya keterima di perusahaan IT di jakarta sambil melanjutkan pendidikan di pakultas…..di kota depok
    pada tahun 2006 saya mencoba untuk membatu membangun dan memperhatikan tanah kelahiran saya yg sangat miskin akan semuanya termasuk pendidikan..saya mengajukan permohonan kepada boz pemilik perusahaan t4 saya berkera untuk memasang jaringan RADIO WIRELESS..Untu memudahkan kirim data membatu mempermudah pekerjaan mejadi maksimal…di kantor2 pemda setempat..setelah kita mendemokan prodak yg akan kita pasang di muara dua..pejabat2 setempat berkata kalo peroyeknya ingin kalian yang pegang dia mengajukan tawaran dan meminta PI yg sangat besar..kita menawarkan….rp.(…….juta) dia bilang cuma cukup buat beli ES…padahal jumlah tersebut cukup buat beli satu buah mobil baru kelas2.. mewah cuyy…….lain kali ceritanya kita sambung
    mangcek kau lagi banyak gawi

  58. payu nyak gawoh jd bupati kik keti selingut unyin…..

    wat sai aga ngdukung mek,..

    hahahahahahaha……………..

  59. sebenar ya pak bupati malu ngk sih, kab ya terbobrok dari kabupaten yg lain pdahal potensi di oku selatan cukup memadai utk kas daerah!!!! tp itu semua hanya berandai2 tampa bergerak sedikit pun!!! semua itu harus ada kesadaran, gerak kan pola pikir yg matang!!…..! MALU NGAK SIH PAK

  60. Sangat memprihatinkan, Bupatinyo dak katik malu……
    aq sbg warga oku selatan yg tggl di jkt sangat sedih nyingok kenyataan yg ado di oku sltn, harus ado perubahan, harus ado keberanian, pjbt di tingkat provinsi hrs turun tangan.
    semoga pjbt pusat segera trn tngn.

  61. makanya woooi wong oku selatan,,kalau milih pemimpin yang memang ahlinya,ini bupati wiraswasta,kita tau wiraswasta itu targetnya keuntungan lebih besar,,
    kalau bupati itu yah minimal S1 bukan SMP aduuuuuhhhhh aduuuh SMP tau apa tentang pemerintahan,,,????? yang udah S1 aja belum tentu bisa apa lg SMP,,,
    guru jadi camat gak nyambung lahhhh,,,
    nanti pada pemilihan bupati yang akan datang mari kita semua membuka mata,siapa calonnya????
    pengalamannya apa saja???
    ya minimal sarjana dong,,,
    ayooo bangkit OKU SELATAN

  62. dah pak tadin dari pado dusonyo tmbh bnyak mundur beeee
    di kisam tinggi blm mrsakan perkmbangn orde bapak,,,msih cak dulu lah
    adillllllll donggggg bung

  63. salam kebangkitan..!!!!!
    mohon sampaikan tanggapan ini kepada Bupati dan pejabat KOOORUUUP!!!!!!!!!!!!
    OKU SELATAN dak bakal maju2 kalau dak katik keseriusan dalam membangn daerah ini, maklum be pejabat n wakil rakyatnyo mata duitan galo…berlomba nyalon jadi anggota Dewan dan Bupati dengan niat meraup keuntungan sebanyak banyakno ( memperkaya diri sendiri) “yangkaya makin kaya yg miskin makin miskin” dan yang pasti semua pejabat dan Bupatinyo kurang berkompeten dibidang nya ( dak bemutu’sekolah apo idak uiiii…kalau cuman tamat SMP SMA dak usah jd Bupati!!!!!!!!!!pacak aku bee kalau mak itu walau cuman S1 Tapi berpengalaman diOrganisasi jd dk bodoh bodohnian terlebih lagi Untuk anggota DEWAN DAN CALON mohon mencalonkan diri dengan niat Tulus Ikhlas dalam memperjuangkan aspirasi rakyat jangan cuma diam!!!! asal dapat duit sudah….ingat SEMUA AKAN DIPERTANGGUNG JAWABKAN!!!!!semua akan matiiiii…..dan yang pasti untuk memimpin DAERAH YANG BARU BERKEMBANG dibutuhkan ORANG YANG BERPENGALAMAN DIBIDANGNYA MINIMAL S2 Murni..Bukan Nembak!!!!!!!!dan yang pasti pengalaman organisasi harus punya, begitu juga dngan ANGGOTA DEWAN Dan Calonnya” Min S1 jangan SMP ,SMA .kalau dak katik perubahan ttng kriteria PEMIMPIN DAN CALEG OKUS DAK BAKAL MAJU2.
    dan saran untuk masyarakat OKUS
    -PILIHLAH PEMIMPIN YANG BERKOMPETEN DIBIDANGNYA
    – KITA HARUS SADAR DAN TAHU DENGAN BENAR KRITERIA PEMIMPIN KITA
    – JANGAN MAKAN UANG SUAP ( 30.000 ITU DIKIT )PERTANGGUNGJAWANNYA YANG BESAR.
    -BERANIKAN DIRI UNTUK MELAPORKAN KE LSM APABILA TERDAPAT KECURANGAN DALAM SEGALA HAL
    – GALANG PERSATUAN UNTUK MENEGAKKAN KEBENARAN/ JANGAN HANYA DIAM!!!

    saya sebagai putri daerah ranau sangat sedih dan geram melihat keterpurukan daerah saya khususnya DANAU RANAU DAN SEKITARNYA, 12 tahun saya tinggalkan tidak ada perubahan malah ancuuur, terutama jalan rayanya memang sekarang lumayan bagus tapi dak tau 2 bln lagi, biasanya 3 bln dibangaun dah hancur lagi pemborong dak pernah ganti dari 20 thn yang lalu, padahal hasilnya dah ketauan, nyata nian KORUPSINYO….
    yang pasti aku rindu dengan suasana RANAU 20 18 THN YANG LALU pemimpin yang bijaksan dan pantai masih indah dan alami.

    terimakasih
    ALIA

  64. Nyak bijo mpai muloh jak tiuh yang lagi musim durian dan duku! Menurut saya pembangunan di kota M2 relatif sudah ada kemajuan dibanding kondisi kota M2 pada 2 (dua) tahun lalu. Walaupun demikian diakui kemajuannya tidak secepat OKU Timur yang mungkin Pendapatan PAD nya lebih tinggi dibandingkan OKUS, jadi PR-nya adalah bagaimana cara dapat meningkatkan PAD melalui pajak daerah untuk pembangunan dimasa mendatang. Masalah korupsi oleh para Pejabat dan Kontraktor kita serahkan saja kepada pejabat yang berwenang seperti BPK dan tindak lanjuti oleh. Jaksa dan Polisi. Usul saya sementara ini sbb : Sepeda motor dalam kota sangat banyak dan kurang tertib; fasilitas jalan raya perlu di-perlebar khususnya antara Simpang Martapura hingga Ranau agar tidak kecebur sungai atau jurang kayu mulu yang dalam.

    Hari Sabtu 27/12/08 kami sekeluarga sempat jalan-jalan ke Banding Agung & Villa menikmati ikan mas bakar hasil tangkap panahan. Cerahnya udara Gunung Seminung, Danau Ranau dengan naik speed boat memiliki sensasi tersendiri. Terus terang alamnya serasa lebih indah dan alami dibanding Toba atau Bedugul Bali. Didalam hati berharap semoga dimasa mendatang dapat mengajak rekan-rekan kolega domestik dan dari manca negara dapat berkunjung ke Ranau. Sekian dan salam untuk seluruh pencinta OKUS. Wassalam.

  65. Aslkm saudara-saudaraku Se OKUS yth.

    Walaupun agak terlambat selamat tahun baru 1430 H dan 2009 semoga kita selalu mendapat rahmat dan hidayah dari Allah swt.

    Saya sangat terharu setalah membaca bebarapa artikel diatas, semenjak zaman nenek moyang kita (zaman kepuyangan] kita tinggal di plosok-plosok dusun terpencil yang akhirnya alhamdulilah saat ini kita sudah menjelma menjadi Kabupaten OKUS, kita bersyukur dengan anugrah yang telah kita dapat selama ini kesemuua itu adalah hasil kerja keras dan perjuangan pendahulu kita. Terkait daripada pemimpin kita yang telah saudara-saudara tuangkan dlm artikel diatas, marilah kita menyikapinya dengan arip dan bijaksana. Pilkada yang akan datang mari kita pilih pemimpin yang berwawasan kedepan dan benar2 matang dalam mengambil suatu keputusan demi kemaslahatan masyarakat OKUS., yang tentunya membutuhkan sumbang saran dari kita khusus masyarakat OKUS. Saya sangat setuju dengan MR.ER ( idan gham betegah). Napak tilas yang di jalani Beliau.. Banyak potensi yang dapat kita garap antara laian Danau Ranau dan betapa banyaknya aset OKUS yang belum disentuh, peningalan peninggalan kepuyangan keramat, barang-barang pusaka adat istiadat, budaya, bermacam-macam rgam bahasa, tempat wisata Kalau kita peduli dengan hal tersebut dan mencoba mempromosikan di mana tempat kita merantau saya yakin apa yang di harapkan MR. ER dimassa yang akan datang akan tercapai dan menjadi kebanggakan masyarakat OKUS.

    Wasalam Indra S Jelma Haji.
    ( Tangerang Kota Bumi}

  66. sudahlah..kamu2 ni,banyak igo teori, sok kehebatan galo.Ado yg bangakan diri dewek tapi dak katik kwalitas!!memalukan.tahu dak sebenarnyo ado apo di OKUS itu.Camat semenjak menjabat bisa bangun rumah 1,5M lebih,lahan lahan tanah potensial di sekitar kota sudah dikuasai antek-antek MS.rumorNya kandidat yang dulu kalah total RN,SD,mau maju lagi apa motifasi mereka???kalo bukan ngembalikan Modal yang dulu& mencari tambahanya.RN ketika menjabat sibuk mengunakan uang daerah untuk kampanye sehingga lupa tanggung jwbnya. coba hitung berapa yang telah didapat MS &antek2nya selama menjabat???jumlah yang sangat besar bukan???untuk itu ayo lah saudara2 ku,ditahun 2010 nanti marilah kata dukung pemimpin baru yang bersih,berpotensi,berpengalaman,latar belakang keluarga jelas,visi dan misi nya sesuai untuk okus..

  67. Calon anggota dewan yang nak milih tahun ini dak katik yang bagus, pasti nak mikirke duit bae samo cari bini lagi!!!!
    klo aku nak GOLPUT bae…

  68. iyo.memeng caleg2 dioku selatan skr dak katik yg berkualitas.tukung pempek nak nyalon pulo,Budak abg la ikut2an nyalon pulo,tapi semoga warga masyarakat oku selatan lbh bisa memilih.PAD nyo kecil nian tapi pejabatnyo di OKUS kayo2 nian.tapi masyarakatnya sangat jauh ketinggalan.wartawan datang cuma untuk melakukan pemerasan kepadapara pejabat korup.tapi aku dangar2 ada Putra daerah asli OKUS yang menurut aku,berkualitas,berpengalaman,bersih dari kotornya dunia politik,dari keluarga terpandang,benar2 mengetahui karakteristik OKUS,sepertinya beliau siap mengapdikan dirinyo membangun okus,dan mungkin nantinyabeliau akan ikut dalam bursa pemilihan.aku yakin beliau pasti menang

  69. waii..benarnian,ketika aku balik ke okus,aku saangat kaget.rumah camat mewah nian,wehh..mobil dinasnye pake rush baru,pejabatnyo benar -benar poya -poya.padahal PAD OKU Selatan sangat minim.masyarakat nya sangat miskin,tingkat penganguranya tinggi,tapi yang buat aku tak abis pikir masyarakatnya juga pasrah aja.BaWASDA sepertina tidak berfungsi,DPRD cuma bisa tidur dan menungu komisi dari pejabat Pemda.CPNS harus setor uang dalam jumlah yang sangat besar ke pejabat Pemda.pokoknya menurut aku selama posisi penting dipemda masi diduduki oleh orang -orang pemerintahan yang lama,sampai kapan pun okus akan terus tertinggal..begitu juga orang orang yang duduk diDPRD,orang – orang yang sudah berkecimpung didunia poliitik pasti akan tetap berbuat sama dengan pemerintahan sebelumnya,karena mereka pasti hanya mementingkan kepentingan golongan dari pada masyarakat..oku selatan ini membutuhkan orang -orang jujur.

  70. Assalamu’alaikum Seluruh Warga OKU-Selatang

    Saya selaku putra kelahiran Kota Muaradua turut prihatin dengan ungkapan warga kota muaradua ditulisan web ini. Setiap kali saya pulang ke kampung halaman, disaat merindukan kedamaian masa-masa kecil dulu.
    Setidaknya sekarang saya merasa bersyukur melihat perkembangan pembangunan Kota Muaradua saat ini walau masih jauh dari harapan.
    Memang mudah untuk melihat kesalahan dan kelemahan orang lain tapi begitu sulit untuk mengakui segala kejelekan kita.
    Siapapun yang jadi bupati kota muaradua saat ini pasti akan mengalami hal yang sama, akan di hujat sana-sini. Menata pemerintahan tidaklah semudah menata barang-barang ditoko, itu harus sama2 kita sadari.
    Tentang Premanisme, kita harus mencontoh Rosulullah dalam memimpin, sebelum beliau memerintah maka beliau menaklukkan dulu hati Umar (seorang preman yang disegani waktu itu) dan akhirnya Umar menjadi benteng bagi perjuangan Rosulullah.
    Semoga Bupati OKU Selatan dapat mencontoh itu, untuk membasmi premanisme kota Muaradua.

  71. buat LSM yang ada di oku selatan
    jangan cma bsa menghujat
    di oku selatan skarang telah terjadi kkn super besar
    yang dilakukan oknum2 pejabat
    smuaaaaaaaaaaaaaa
    jgn cma menyalahkan bupati
    trus terang memang bupati kita kurang tegasssssssss
    karena rata2 proyek di oku selatan gak da yang beressss
    kacau galooooooooooooooooo
    tpi tdk ada tindakan

    pesan penting buat LSM yang ada di oke selatan
    klo pengen oku selatan maju
    mariiiiiiiiiiiii
    kritik dengan benar dan tanpa pamrihhh
    jangan ngrtik tpi klo lah dienjuk DUIT LANGSUNG DIAMMM.

  72. MARI GOLPUT
    SEBELUM KITA DAPATKAN CALEG YANG BENAR2 INGIN MEMAJUKAN OKU SELATAN.

    SEPERTINYA CALEG YANG AD DI OKUSELATAN SEKARANG CUMO PENGEN NUMPANG KORUPSIIII

  73. benar setuju aku dengan kawan tuh,memang caleg caleg oku kurang berkualitas cuma memanfaatkan kesempatan buat ikut – ikutan KKN.menurut aku,DPRD,BAWASDA,Pejabat-pejabatnya harus dirombak total!!jangan ada lagi Muthadin Cs and the Gank.karena kalo tidak dirombak total,tetap saja akan ada KKN lagi..kapan lagi oku selatan bisa maju..marilah masyarakat oku selatan harus labih bijaksana dalam memilih wakil dan pemimpin kita..

  74. pokoknYO…Maju OKus..akU wong kisam asli siap membantu apapun untuk kemajuan okus,,pilih pemimpin&wakil yang terbaik.seperti yang HimBawan Mamang Kito tu,Putra M”sukseskan pemilu,ingat 3B bibit,bobot,bebet dalam memilih..”.hidup OKUS

  75. ai…. sudahlah, memang mak itulah tabiat wong kito tu, yang ptg perut kenyang. dak peduli samo lingkungan. biarlah bupati dan kroni2 nyo tu mati ngubur dewek….
    kampanglah kau bupati… myesal aku dukung kau dulu…..
    Tai pilat nian….
    ktmu kau dewek an d jogja , ku bunuh kau…

  76. sorry td salah namo
    ai…. sudahlah, memang mak itulah tabiat wong kito tu, yang ptg perut kenyang. dak peduli samo lingkungan. biarlah bupati dan kroni2 nyo tu mati ngubur dewek….
    kampanglah kau bupati… myesal aku dukung kau dulu…..
    Tai pilat nian….
    ktmu kau dewek an d jogja , ku bunuh kau…

  77. Sabar Bae Bos,Tunggu bae setalah lengser kagek Bupatinyo…Aku kmren Mudik Ngejingok Komplek Pemdanyo yg diatas bukit,wuih,,,,mantap nian, tapi sayang dak jadi2 padahal caknyo lah lamo ngebangunnyo…Kalo soal Bupatinyo maitu, lah rahasia umum,Bupatinya to kato aku Buyan,galaknyo di begoi samo kroni dan bawahannyo,yo cak itulah kalo wong besak gayo n besak kepala jd bupati, belum bae jabat,baru setahun ado kasus di jogja hehehehe…
    Anak Puyang Tiga di Haji
    (Jakarta)

  78. Bagi Saudara saya sesama MUslim,Hati2 ternyata daerah2 kita telah di incar untuk penyebaran agama tertentu,so waspadalah…waspadalah…waspadalah

    Klik disini

    http://www.sabda.org/misi/suku_isi.php?id=46

    SUKU DAYA
    Rumpun : Ogan
    Wilayah : Sumatera
    Jumlah Penduduk : 50.000
    Persentase Kristen : 0,01%
    Kristen yang diketahui : 5
    Alkitab : Belum
    Film Yesus : Belum

    Suku ini menetap di pinggir aliran Sungai Ogan dekat dengan kota Simpang dan Pulauberingin, dan sekitar kota Martapura. Terpusat di Kabupaten Ogan Komering Ulu, meliputi Kec. Baturaja Timur, Baturaja Barat, Simpang dan Muaradua. Tiga dialek dari bahasa Melayu, yaitu dialek Lengkayap, dialek Aji, dan dialek Daya dimaksudkan dengan istilah Suku Daya ini. Masyarakat suku ini tidak mementingkan kesatuan geografis sebagai suatu kesatuan hidup setempat, melainkan sebagai masyarakat geneologis, misalnya, marga Aji atau Buay Aji. Itulah sebabnya nama-nama kampung orang Aji berdomisili banyak menggunakan kata Aji atau Haji, umpamanya Haji Mena, Haji Pemanggilan, Pekon Aji, dsb. Jika ada orang Kristen yang telah memperoleh hidup kekal melalui Tuhan Yesus dari suku Aji, mereka belum berhasil menyampaikan sukacita yang mereka miliki kepada sukunya sendiri.

    Berdoa supaya orang percaya semakin terbeban untuk suku Daya sehingga suku ini semakin diperhatikan dan didoakan oleh orang-orang yang sudah mengenal Allah.
    Berdoa untuk orang-orang yang akan membawa Kabar Baik kepada orang Daya. Berdoa supaya mereka terbuka kepada panggilan Tuhan. Berdoa supaya mereka diberi keberanian dan kesabaran yang akan dibutuhkan untuk menjangkau suku ini. Berdoa supaya mereka dapat menyatakan kasih Yesus Kristus kepada orang-orang Daya.
    Berdoa untuk para murid Yesus (pendatang) yang tinggal di kota Martapura dan Muaradua supaya mereka dapat menyatakan kasih Yesus Kristus kepada orang-orang Daya.
    Berdoa supaya orang yang sudah sungguh-sungguh percaya boleh bertambah teguh dalam iman mereka, meskipun banyak mengalami rintangan.
    Belum ada satu kitab pun yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Daya. Demikian halnya dengan rekaman Injil. Doakan dalam mempersiapkan bahan yang bisa dipakai untuk menjangkau suku ini.

  79. Kita harus bersukur dengan keadaan OKU Selatan skr…dibandingkan sbelum terbentuk mnjadi Kabupaten,jangan hanya bisa saling menyalahkan..cba kalian yg bekerja apakah mampu.!skr yg kita perlukan…saling bantu dalam pmecahan msalah yg ada,bkan saling memojokkan…bupati dan wabub blum tentu bersalh atas semua yg terjadi skr…siapa tau justru kroni2nya lah yag BANGSAT…

  80. aq tita….salahsatu pns oku selatan…kcewa emang,,,ngliat sbagian org2 yg sibuk mencari sesuap nasi dg cara yg ga cantik,tapiii…………
    tidak smua pjabat yg kalian bilang itu bobrok, lhoo,,jgn dihinadina dong daerah itu,asal kalian tau….gw org jatim yg mrantau disana,,,pngen ngliat oku selatan sperti daerah gw…
    so….qt bangun bareng2 yuk okus, biar cantik nan indah…

  81. pertama, aku senang betul bisa gabung di web ini, saat membaca ulasan di diatas aku sangat senang karena masih ada yang perhatian atas kondisi yang di alami kabupaten OKUS. saya sangat mengerti mengapa banyak kritikan datang dari berbagai pihak atas apa yang terjadi di daerah OKUS. sebagai kabupaten baru mekar, kita harus maklum bahwa “masyarakat OKUS baru belajr berdemokrasi”, sebuah perubahan politik yang memunculkan dinamikanya sendiri. oleh karena itu, sebuah pandangan objekyif rasional yang kita perlukan dalam meninjau permasalahan yang ada di daerah OKUS tercinta. sebagai orang yang pernah terlahirkan di sana, saya terpanggil untuk kembali kekampung halaman, membangun OKUS agar menjadi daerah yang maju. saya telah belajar, bahwa perubahan itu dapat terjadi dengan efektif melalui kekuasaan. nantikan saya, Edi Candra memimpin OKUS menjadi kabuapten yang tidak di pandang sebelah mata. saya juga mengajak saudara2 ku yang merasa punya ikatan primordial untuk kembali ke kampung, kita aplikasikan semua ilmu yang kita peroleh di negeri orang untuk membangun OKUS. kita bangun gerakan ZIONIS PULANG KAMPUNG dan menjadikan OKUS daerah yang makmur, aman dan sentosa. ini adalah mimpi saya dalam hidup, karena mimpi adalah awal kita melangkah. kita bangun OKUS dengan landasan ilmu,teknologi,serta iman. YAKIN USAHA SAMPAI. Edi Candra

  82. EH PADA TAHU GAK ?
    BBRP WAKTU LALU PKK OKS YANG STUDY BANDING KE SRAGEN NGINAPNYA BOK..!! DI HOTEL SAPHIR..!! HOTEL BINTANG LIMO DI JOGJA…!! 2 BIS COBA BAYANGKAN..!! BERAPA DUIT DIHABISKANYO…!!

    JADU BUPATI CUMAN BUAT FOYA-FOYA SAJA..!!
    GANTI SEKARANG SAJA…!!

  83. kalau kato aku tadin itu udah jelas KKN. contoh pamili dio dari sunur jadi PNS galo. BKDnyo LAMTA ADEK TADIN kalau nak masuk PNS minimal 65-90jt D3.65jt S1,65jt. camat bae dari guru SD, kepala dinas GURU SD, mano nak maju oku selatan. wong lolo milih bupati tamatan SMP. yuhana anggota DPRD okus tes PNS bae jadi. dikernokan bapaknyo bupati.

  84. aku blm tetu mnyalahkan bupati/wabub…tp ado wong dbwahnyo(Timses) yg Kampret….mada’i ado yg lulus dr SMA(mengambil jatah CPNS dr Umum yg mengundurkan diri)…kl dak salh inget aku ado 5 wong.
    klo memang ca itu,,jgn yg dri lulusan SMA tu..ganti dengan wong yg lulusan yg mngundurkan dri tsb….katek OTAK NIAN BKD OKUS NI….
    INGAT ADA HIDUP SETELAH MATI,KALIAN AKAN MEMPERTANGGUNG JAWABKAN ITU…….KASIAN DENGAN WARGA OKUS…

  85. sedih sekali melihat keadaan oku selatan,tapi keadaan dioku selatan saat ini sangat jauh tertinggal,dibandingkan dengan kabupaten lain sangat jauh tertanggal.sampai tingat sma tidak pernah tahu tentang komputer,padahal seharusya sudah dikenalkan dari tingkat SD,penerimaan CPNS harus dengan uang sogokan,Seluruh pejabat OKUS KKN,dari tingkat camat sampai bupati.mereka hidup bermewah mewah,sedangkan masyarakat hidup jauh dibawah garis kemiskinan&kebodohan.pola pikir masyarakat okus yang sangat rendah&sempit,mereka asal diberi uang cukup 50rb,mereka tdk sadar politik uang.caleg2 memanfaatkan kesempatan untuk mencari keuntungan sebesar2nya,kalian semua penguna web ini,diharab sabar,saya punya beberapa bukti lengkap kecurangan2 pejabat okus dari eksekutif(pemerintah)legeslati(DPRD Tk 2),nanti tingal kita sebar luaskan untuk membuka mata kalian.tiggal diproses.

  86. kkn memang sangat memprihatinkan sekali.oku selatan pejabat2 nya smua lupa diri

  87. kabupaten oku selatan semakin maju.
    dibawah kepemimpinan Bapak Muhtadin Serai
    selama 3,5 tahun berjalan
    gedung perkantoran telah dibangun di atas permukaan bukit dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
    jalan menuju perkantoran pemda baru sudah di cor beton
    gedung kesenian sudah berdiri
    taman kota sudah dibangun, terminal sudah ditempatkan di tempat yang baru.
    Ini semua berkat kepemimpinan Bapak Muhtadin Serai.
    mudah-mudahan dalam menghabiskan masa 5 tahun dapat langsung dirasakan masyarakat oku selatan

  88. saya putra asli muara dua. merasa kagum kepada kabupaten oku selatan, sepuluh tahun yg lalu saya tinggalkan ternyata banyak terjadi perubahan. dulu teriminal semerawut dan menumpuk dipasar, tapi sekarang sdh pindah ditempat yg baru dan tertata dg baik, terminal lama sekarang sdh menjadi taman kota yg indah, juga gedung kesenian sdh berdiri dg megah. gedung perkantoran yg baru berdiri mgah diatas bukit, sebagai pusat utk memberikan pelayanan kepada masyarakat oku selatan, ini semua berkat kepemimpinan bpk Muhtadin Sera.i yg dibantu oleh pejabat-pejabat yg berpengalaman dibidangnya, yg kebanyakan berpendidikan S2. selamat kpd bpk bupati terus tingkatkan pembangunan, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat OKU Selatan .

  89. Siapa yg mengatakan OKU Selatan tdk maju adalah org yg punya iri dengki, tdk menggunakan hati nurani, hatinya tertutup oleh hasutan iblis, tdk mau mengakui kelebihan org lain, karena dirinya tdk mampu, seharusnya org semacam ini perlu dimasukan kerumah sakit jiwa.

  90. Assalamua’laikum wr.wb
    Pak Indra, terima kasih komentarnya atas napak tilas kami sekeluarga ke M2 baru baru ini.s
    Saya sangat sependapat dgn anda yg optimis akan potensi kota yg kita cintai ini.
    Kalau ada kesempatan silahkan mampir di gubuk kami di kota hujan, menikmati kopi muaradua yang
    Sy jamin tdk kalah dgn kopi aceh atau bali. Makan siang dgn pindang patin tempoyak.
    Nyak wat kantik da parda golfer jalma ranau gelarni goh2 hik niku direktur salah satu persh asuransi terbesar.

    Mari kita bangun kota m2 dgn insan yg beriman dan taqwa.

    Wassalam,
    Er

  91. Waa alaikum salam…

    Mr. Er, terimaksaih atas undangannya.. insyaalah bila Allah mengizinkan langkah kaki dan gontaian tangan saya dapat siraturahmi ke tempat bapak, sebaliknya demikian bila ada senggang waktu dengan senang hati saya hrp Bapak dapat singgah ke pondok kubu kami. Smoga kesehatan dan rahmat Allh senantiasa sll bersama Bapak dan Keluarga. Amiii.. ya rabb…

    Asalamkm…. Anak Puyang Tiga di Haji Artikel anda sangat bagus sekali. Saya yakin dan percaya anda pemerhati sejarah khususnya di daerah aji say (marga haji ). Mudah – mudahan harapan Anda dapat terwujud, tentu juga tak kalah pentingnya dg harapan-harapan kita untuk OKUS dimasa yang akan datang akan lebih baik lagi dari masa sekarang.
    Melihat dan membaca sebuah nama ” Anak Puyang Tiga di Haji” saya langsung merinding dan sekaligus bersyukur pada Allah ternyata masih ada digenarisi kita yang peduli dengan keberadaan Beliau. Sebelumnya saya mohon maaf yg sedalam – dalamnya hanya sekedar saran sebaikya pakai namanya ” Anak Cucung Puyang Tiga di Haji ” namanya lebih pas dan mengena di generasi kita sekarang. Sebagai bahan kajian Adapun Puyang Tiga Di
    Haji di tiga tempat beliau ada anak dan keturunan, diantaranya : 1.Sukarami haji dan Tanjung raya Haji, 2. Kuripan Haji dan Surabaya Haji, 3. Pauh Haji ( Sukabumi). Terimakasih dan mohon maap sedalam – dalamnya.

    Wassalam
    Indra
    .

  92. awu weh…maaf ba…kaman to soalnya buru2,hehehehehe,adk baknya adak,aman gawoh,thanks ba masukannya,—peace—

  93. Ok .. payu kidah aman mai tu. Penigha tinggal di mana. Mta alamatnya kan pacak siangkauan Hubungi ak di sini 021-95807601.

    Thks

    Indra

  94. herman kau itu idak ngerti apo2. herman buyan muaraduo itu camat dari guru SD, kepala dinas dari GURU SD, BKD dari guru SD. mereka itu tamatan SPG sederajat SMA. seandakan merka ada gelar S1 itu palsu herman bugu/buyan. contoh lamtana BKD. mansur CAMAT. DLL.

  95. memang byan nian si herman tu. termasuk jugo si ‘bangun’

  96. LOLO

  97. pernah tidak kalian berpikir??ketika caleg atau calon bupati OKUS jadi mereka dapat mempertangung jawabkan,jabatan maupun janjinya???kita lihat saja ketika kampanye;ada tidak yang berani memberitahukan siapa dia sebanarnya,contoh;dengan meningalkan nomor telpon/ alamat diatribut kampanye.karena mereka hanya memasang muka dan nama serta janji 6 janji busuk lainya,mereka takut jati dirinya ketahuan.ketika mereka jadi mereka tinggal lari saja dibalik jabatanya tanpa bekas.

  98. Saya juga sangat menyayangkan kegagalan pembangunan di Kabupaten OKU Selatan. Saya lihat sendiri kok. OKU Selatan hanya sibuk memenuhi kebutuhan Pejabatnya daripada masyarakatanya. Contohnya, mereka lebih sibuk menyediakan sarana kendaraan dinas yang mewah sekelas Mobil Strada dan lainnya daripada menyediakan sarana jalan yang lebih dibutuhkan masyarakat.
    Pernah ada rapat di Palembang. Peserta dari OKU Selatan mobilnya berderet-deret, mewah pula, tapi orang-orang yang ikut rapat ga ngerti apa-apa tentang rapat yang diikuti. Sungguh disayangkan. Mungkin ya karena pejabat2 tersebut banyak yang tidak capable alias tidak mampu.
    Semoga terjadi perbaikan struktur organisasi dan pola pikir di OKU Selatan supaya menjadi lebih baik….

  99. saya minta tolong donk diperbaiki jalan ke arah muaradu kisam donk terutama di kecamatan buay runjung (blambangan) dan knp sering mati lampu disana.OKU Selatan Maju Terus………………………..

  100. tolong dibersihkan sampah2 yang ada didanau ranau donk

  101. buyan sekla jema ribut di sisni ne

  102. hidup rantau panjang…….
    hidup jema haji…
    mana perenik kak balak pak teha sida pintor2 to payu kita ulang kita perda2 majukon mura dua
    wasalam:doni armada bogor.co.id

  103. hellooo.. artikel nya bagus2 thanks n salam kenal ya..

  104. Memang lebih mudah berkomentar daripada bekerja. Berita yang buruk lebih cepat direspon dan ditanggapi, bahkan lebih banyak kecaman daripada solusi yang ditawarkan, cermin budaya dan mentalitas masyarakat! Memang sudah seharusnya pers menyajikan berita secara akurat dan yang sebenarnya, namun sebaiknya pula pers mampu mengarahkan masyarakat kepada opini masyarakat yang membangun, mengingat Maraknya anarkisme dimana- mana dapat dijadikan barometer kemampuan masyarakat mencerna informasi.

  105. saya putra asli muara dua. merasa kagum kepada kabupaten oku selatan, sepuluh tahun yg lalu saya tinggalkan ternyata banyak terjadi perubahan. dulu teriminal semerawut dan menumpuk dipasar, tapi sekarang sdh pindah ditempat yg baru dan tertata dg baik, terminal lama sekarang sdh menjadi taman kota yg indah, juga gedung kesenian sdh berdiri dg megah. gedung perkantoran yg baru berdiri mgah diatas bukit, sebagai pusat utk memberikan pelayanan kepada masyarakat oku selatan, ini semua berkat kepemimpinan bpk Muhtadin Sera.i yg dibantu oleh pejabat-pejabat yg berpengalaman dibidangnya, yg kebanyakan berpendidikan S2. selamat kpd bpk bupati terus tingkatkan pembangunan, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat OKU Selatan .

  106. aji nikuna jelma bugu. kato siapo pejapat muaradua S2, S2nyo iyu palsu aji lolo contoh KEPALA BKD guru SD tamatan SPG. gelarnyo itu SOS MM itu palsu. kalu kau naktau gelar SOS artinyo sarjana oku selatan MM artinyo muntah mising itu gelar pejabat muaradua. dasar aji bugu.

  107. ngapo kau nak iri nian dg kep.BKD. buktinyo dio mampu wajar dio jadi pejabat, kakak nyo bupati, kage kalu kau kepengen nunggu kk kau jadi bupati, jangan banyak ngomong lur, kau ngerti idak,urusi bae pekakas kak tu hidup apo idak lagi, karena neman igo melunte, aku tau siapo kau, karena kau tu sdh stress, berobat dulu kerumah sakit jiwo, tau dak kau OKU selatan idak berdiri jadi kabupaten , kalu idak perjuangan pak muhtadi, dio la berkorban harto bendo, wajar dio nikmati dan dio ngajak dulurnyo, ngapo kau nak iri, kau jingo OKU selatan kemajuannya begitu pesat, jalan dimano-mano sdh dibangun, gedung perkantoran, gedung kesenian, taman kota, dan banyak lagi, masyarakat oku selatan seharusnya berterima kasih, percuma kau ngomong denger ke wong ida, kau tu buyan alias bange.kalu kau dak puas temui aku, diterminal, siapo dak kenal dg aku.

  108. ngapo kau nak iri nian dg kep.BKD. buktinyo dio mampu wajar dio jadi pejabat, kakak nyo bupati, kage kalu kau kepengen nunggu kk kau jadi bupati, jangan banyak ngomong lur, kau ngerti idak,urusi bae pekakas kau tu hidup apo idak lagi, karena neman igo melunte, aku tau siapo kau, karena kau tu sdh stress, berobat dulu kerumah sakit jiwo, tau dak kau OKU selatan idak berdiri jadi kabupaten , kalu idak perjuangan pak muhtadin, dio la berkorban harto bendo, wajar dio nikmati dan dio ngajak dulurnyo, ngapo kau nak iri, kau jingo OKU selatan kemajuannya begitu pesat, jalan dimano-mano sdh dibangun, gedung perkantoran, gedung kesenian, taman kota, dan banyak lagi, masyarakat oku selatan seharusnya berterima kasih, percuma kau ngomong denger ke wong ida, kau tu buyan alias bange.kalu kau dak puas temui aku, diterminal, siapo dak kenal dg aku.

  109. ngapo kau nak iri nian dg kep.BKD. buktinyo dio mampu wajar dio jadi pejabat, kakak nyo bupati, kage kalu kau kepengen nunggu kk kau jadi bupati, jangan banyak ngomong lur, kau ngerti idak,urusi bae pekakas kau tu hidup apo idak lagi, karena neman igo melunte, aku tau siapo kau, karena kau tu sdh stress, berobat dulu kerumah sakit jiwo, tau dak kau OKU selatan idak berdiri jadi kabupaten , kalu idak perjuangan pak muhtadin, dio la berkorban harto bendo, wajar dio nikmati dan dio ngajak dulurnyo, ngapo kau nak iri, kau jingo OKU selatan kemajuannya begitu pesat, jalan dimano-mano sdh dibangun, gedung perkantoran, gedung kesenian, taman kota, dan banyak lagi, masyarakat oku selatan seharusnya berterima kasih, percuma kau ngomong denger ke wong ida, kau tu buyan alias bange.kalu kau dak puas temui aku, diterminal, kalu nak gigi kau rontok.

  110. pak muhtadin, jangan hiraukan orang yg mencemohkanmu, biar anjing menggonggong namun kafilah tetap berlalu, teruskan pembangunan oku selatan, saya tau betul bapak sosialnya tinggi , suka membantu org yg kesulitan, mudah berkominukasi, tdk sombong walaupun bpk seorg bupati, mudah ditemui dan tdk mudah pemarah, kami do’akan semoga bpk sehat dan panjang umur. sehingga oku selatan tambah maju, rakyat sejahtera dan makmur, walaupun kami tau perubahan itu tdk seperti membalikkan telapak tangan, memang perosesnya memakan waktu yg panjang. namun perjuagan bpk akan dikenang sepanjang masa nantinya, biasa org tidak puas itu karena punya kepentingan, tapi tdk terkabul, saya lihat bpk sdh tegas memberantas korupsi, buktinya kepala dinas Perhubungan sdr Badarudi, dan kepala dinas Pariwisata sdr Yusuf Arni bapak langsung copot dan dimeja panjangkan, karena terbukti melakukan korupsi. menyusul lagi Sekda sdr Ardin Bahtiar yg melakukan kesalahan pembelian tanah jogya yg bermasalah, dan kasusnya sdg di proses di kepolisian, menyusul akan dipecat kalau terbukti, disini terlihat pak bupati tdk main-main dg bawahan yg melakukan korupsi. bravo pak muhtadin…..

  111. juki kau itu justru lbh gilo perlu dibawa ke rmh sakit jiwo. kau ado dimano biar aku cari di terminal m2 namo asli kau siapo.

  112. pemerintahan OKU Selatan adalah pemerintahan keluarga..mengapa demikian?? karena banyak para pejabat2 dikalangan OKU Selatan berasal dari keluarga Bupati ataupun Wabub..
    kami sangat kecewa dengan hal ini..seharunya sebuah profesi itu harus sesuai dengan jenjang pendidikannya..tetapi mengapa yang terjadi belakangan ini di Kab. OKU selatan banyak para Pejabat2 tidak sesuai jenjang pendidikannya yang lebih parahnya lagi pejabat2 tsb berasal dari kalangan keluarga pemerintahnya..

  113. Mantaaap..
    Yg d posting adlh “OKUS kab baru yg brpeluang gagal”
    Dua sisi kgagalannya
    SDA: d okus sangat brlimpah utk buat peluangny TIDAK gagal, bs kt inventarisir SDA okus oke koq..

    SDM: itu yg jd prdebatan kita skrg! Yg mmungknkan peluang GAGAL nya okus,

    SEANDAINYA:
    state yg m2okus benar 100% knapa tidak ada complain dr msyrkt scr FRONTAL, krn eselon pejabat hrs sesuai dg jabatannya, apa lg dg adny PP.41 skrg..

    Bung m2okus, untuk AWAL sy bs siapkan 6truk massa, you brp? Berikut data2 konkrit!

  114. Giran dan Kijan manusia Binatang, Anjing Kurap.pppppp….////.

  115. Oi. Giran / Kijan. Kau dak usah banyak komentar’ kalu melawan nian kutunggu kau loket Ranau Indah diterminal muara dua. dak usah ngurusi pejabat, kau ngerti idak, apo dio pacak kau awak bange, apo kau iri dg pejabat, wajar dio jadi pejabat, payah jeme sekolah bertahun-tahun duit abis jual sawah, sekrang dio tinggal nikmati saje, kalu Kau sekolah idak, karena buyan, pacak kau ngate jeme saje, begawe dak galak sare alias pemalas, buyannnn………….???????

  116. Benar nian kate Memek, base Giran / Kijan tu Buyan, karene Die gala jilati Memek Umaknye, jadi otak dan pikiran nya kotor, IRI DAN DENGKI melihat jeme senang,

  117. Oi. m2okus, kau kutunggu di loket Ranau Indah Muara Dua, namaku Herman Bangun, dak kateyg dak kenal dg Aku, gek kupotong leher Kau, sebutkan siapo namo Kau, anak siapo Kau. sekalian suruh Bpk Kau datang, Kau memang anak kurang ajar, dasar Babi hutan Kau………..???????????

  118. Oi , mamane kamu berdue saling kate, cuka kinai sdr Sekda Ardin Bahtiar, korupsi 2,5 milyar, duit habis tanah nye dengate, hartenye sekarang rumah nye di Plg ade 3 buah, besar seperti istana, anak nye 5 punye mobil mewah gale, nah itu baru diurusi,

  119. kalu kamu memang setuju untuk mebangun okuS yang bisa maju bersama2 seperti kab. lain mari kita sorot terus perkembangan okuS dan awasi pelaksanaan pembangunan di daerah lingkub okuS dan bila perlu kita mendirikan organisasi untuk kemajuan okus. jgn hanya membuat keluarga mutahdin cepat mati seperti itu karena sebentar lagi mutahdin mungkin akan mati coz sakit jantung, dan kita harus yakin itu

  120. Herman,memek,gledek:
    Yg mengatakn org buyan biasanya dirinya sndiri yg bange!
    Tidak tau prmasalahan! Tidak ada pengalaman! Tdk ada pndidikan!

    Cb klu d tanya solusi dg kalian, kalian hny bs jwb, bange,memek,buyan,dsb..
    Sy hny mnwarkan dg m2okus “perlawanan” konkrit yg sprtiny SANGAT PAHAM dg kejahatan yg trjadi d okus ku trcnta!

    Maaf,bagi aktifis tdk akn pernah TAKUT dg preman kls teri sprti kalian kroniNYA ini!

    Krn trbuang,trbuai,bhkan trbunuh adlh konsekswensi prjuangan..

    M2okus tetap 6truk..

  121. Kamu pikir enak motong2 leher org!
    Bukan itu yg d minta pengelola blog ni klu kalian ngerti, bange!
    Dasar preman klas teRi lo.. Msyrkt Oku selatan hrs berikan kontribusi solusi, bukan nak memek,pepek yg kalian katokan tu..

    Berjuanglah terus kwn2, trus sebar luaskan kejahatan2 pejabat okus yg akn brpotensi gagalnya kab baru ini, jgn hny takut dg gertakan preman klas teri, kt jg biasanya aksi brhdapan dg preman2 klas kakap pejabat..

    Bravo OKUs!!

  122. pokoknya tadin dan atek – anteknya harus dibabat abis…begitu juga dengan Legeslatif sekarang yang cuma bisa duduk diam nugu duit dari PEMDA.pokoknya rakyat OKU Selatan sedah kecewa berat dengan pemerintahan yang terdahulu,dari era Rusli maupun Tadin.Rakyat butuh pemimpin baru yang berpengalan,cerdas, dan berbobot.Berpengalaman bukan cuma bekas PNS saja,tetapi calon pemimpin oku selatan harus berwawasan luas dan sangat mengerti untuk pembangunan di OKU Selatan,dengan membandingkan dengan kabupaten lain diseluruh Indonesia.Kalo cuma pejabat daerah aja,tapi tidak pernah menjadi pejabat diluar SumSel,Percumah OKU Selatan tetap jalan ditempat..

  123. “Sekda OKU Selatan M Ardin Bachtiar SH mengatakan, tanah tersebut telah dibeli secara keselurahn sebesar Rp 2,5 milyar lebih”.PEMDA beli tanah sengketa??Ini suatu penyimpangan..,uang rakyat dihambur hambur kan..,Hal ini harus ditelusuri.

  124. Rusli Nawi dijadikan terdakwa dalam kasus dugaan korupsi uang Rp 240 juta. Uang tersebut seharusnya digunakan sebagai pembayaran uang muka (DP) untuk pembelian mobil dinas sebanyak sembilan unit. Namun sayangnya, dalam dakwaan, uang tersebut tidak digunakan sebagai pembayaran uang muka pembelian kendaraan dinas, melainkan ia gunakan sebagai biaya operasional pejabat bupati yang kala itu dia sebagai pejabatnya.

    “Sidang putusannya ini sedikit mengagetkan pengunjung. Apalagi waktu sidangnya berlangsung sukup sore. Padahal, mereka yang akan menyaksikan sidang, termasuk wartawan sudah nyanggong sejak pagi, namun sidang baru dilaksanakan sekitar pukul 14.45 WIB. Pengawalnya pun cukup banyak. Pria berwajah seram berjaga-jaga disegala penjuru pintu masuk. Mereka mewanti-wanti wartawan agar tidak sembarang ’jepret’ (foto), apalagi ketika terdakwa masih duduk di kursi, mereka mengingatkan wartawan untuk tidak mengambil gambarnya. “

  125. Kontraktor Multiyears perkantoran

    “bobroknya” pekerjaan perkantoran tersebut tidak bisa lagi ditutupi oleh pemerintah. Pemerintah harus tegas untuk menjaga wibawa di mata masyarakat.
    “Masa pekerjaan kontraktor tersebut telah habis tetapi sayangnya belum ada yang selesai dan bangunannya juga tidak berkualitas.
    Kenapa harus memakai kontraktor tersebut???
    adanya indikasi penyipangan KKN ???

  126. BERAPA PAD UKO SELATAN???SESUAI TIDAK ANTARA LAPORAN KEUANGAN DENGAN KENYATAAN???KENAPA PEMDA OKU SELATAN SELALU MEMBODOHI MASYARAKAT..

  127. Jika memang OPINI oku_s berpeluang gagal d karenakan pengelolaan pemerinthn yg tdk bagus, sbg org asli okus sy sngat mendukung PENYEBARLUASAN kjahatan2 yg d lakukan oknum2NYA..
    suatu saat kt brgabung dlm satu garis prjuangan demi TIDAK GAGALNYA OKU_S..
    lanjutkan bung, telanjangkan kejahatannya..

  128. Lanjak kan lah galo.
    Katik obat untuk wong yg dak sngajo mimpin okus,sampe2 peluang gagalnyo besak.
    Kabar2i be

  129. Tak santet kabeh,
    Klu maling duit rakyat:@:@:@

  130. BUyan,bugu,bengal ndak ribut disini…kau semua tuh buyan,kau yang ribut,wong yg diributkan bae dak ribut malah lemak2an tiduk nyenyak dirumahnyo….buyan

  131. pejabat okus dan kroninya sudah terbukti koripsi,gagal dalam menjalankan pemerintahan,DPRD OKUS sebagai wakil rakyat,tidak bisa menjaga amanat rakyat!!apabila Masyarakat OKU Selatan masih memilih wajah lama!!! siap2 siap lah OKU Selatan menjadi kabupaten paling hancuRRRRRRRRRRR!!!!!!…

  132. pilih yang berpengalaman,jujur,berwawasan luas!!!!

  133. Okus maju laju lah dulu kau maju, kalau aku ni biarlah mundur2 dulu. Kl lah dak katik pejabat okus yg KORUP baru aku melok maju yo..
    Kito penjaro kan bae budak2 tu!

  134. sanakkkk….gawat nian kito tuu…segalo pejabat OKU Selatan mikiri Duittt tulahhh…idak DPRD,Pemerintahnyo….Kusumpai buncit galo perut kau tuujhhhh

  135. Hai Orang-orang yang beriman, yang tidak beriman tidak hai…. Saya setuju dengan komentar anda semua..tp ketahuilah salah satu kunci dr pd kemajuan pembangunan adalah JALAN krn jalan penghubung dg kabupaten kita cuma satu-satunya dan rawan kecelakaan…. dan SDM dr pd Kabupaten yang kita cintai ini msh sangat kurang…jd tidaklah bijak kalau kita saling menyalahkan dan menjatuhkan..tp inilah saatnya kita utk membenahi dan memperbaiki semua…sbnrnya ini bukan semata-mata kesalahn BUPATI kita tp kroni-kroninya yg ingin menjatuhkan yg mempunyai maksud dan tujuan…… sadarkah kalian sebentar lg akan diadakan Pemilihan CALEG, trs di lanjutkan Pemilihan CABUP….seperti pepatah mengatakan lebih baik kita mempunyai seorang pemimpin yang berhati baik walaupun pendidikan tdk seberapa dari pada seorang pemimpin yang berpendidikan tp tdk mempunyai hati…

  136. Salut buat Bapak Bupati Muhtadin Serai, karena merangkul semua musuh politiknya pada saat pemilihan dulu dan memposisikan mereka dlm birokrasi oku selatan sesuai dg kemampuan mereka……. ini adalah figur Pemimpin yang patut dicontoh dan saya anggap Profesional mengutamakan kepentingan kemajuan oku selatan dr pada kepentingan pribadinya…. Salut Bos

  137. Ai kentut …. kentut ….

    suaro kau tu cak bunyi kentut mal!
    kau tu cengki tukang cuci bokongnyo Tadien yo?

  138. Yang bilang bupati Muhtadin sukses, bego…
    siap-siap aja jelang lengser dia.. banyak kasus akan.. Kami ungkap, korup pasar selabung dll, n KKN proyek-proyek pembangaunan yang dikerjakan oleh sodara dan mantu dia.. bayar sana-sini biar kasusnya tidak diperpanjang..

  139. Rekan Se OKU Selatan,

    Dalam pesta demokrasi tidak semuanya berjalan sesuai harapan, semua pilihan juga belum tentu membuahkan hasil yang baik. Bupati bp Muhtadin Sera’i sekarang dipilih oleh rakyat, pada waktu itu dia yang dipercaya, maka beliau sepenuhnya tidak bisa di salahkan, namun juga ketidak cermatan masyarakat dalam memilih.

    Namun dalam penyelesaian masalah, bukan mencari siapa yang benar dan siapa yang salah, apalagi mengkambing hitamkan orang lain, tetapi sebagai masyarakat kita diskusi terbuka dengan beliau bupati (minta waktunya), menjelaskan kebocoran, kekurangan dan memberikan semacam advise untuk kemajuan OKUS.

    Begitu juga sebaliknya, pemerintah harus membuka diri bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan saran demi kemajuan, mengakui kesalahan, dan melihat semua hal positif, demi perubahan bersama.

    Tidak menutup kenyataan yang ada, bahwa pembangunan OKUS sudah meningkat semenjak kita lepas dari OKU induk, namun sebagian belum menyentuh masyarakat. Setiap perkembangan pasti ada yang pesat atau lambat, tergantung dari banyak faktor.

    Kebocoran salah satu sebab penyengsara rakyat, maka sebagai masyarakat dan pemerintah harus bersatu memerangi ini.

    Itulah gunanya banyak masyarakat OKUS yang mempunyai pemikiran luas, agar bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan bersama.

    Mari,,,,,,saya ikut mendukung program pemerintah OKUS untuk kemajuan bersama.

    Semoga ……………….
    Hengki AST

  140. inilah masyarakat kitoni, taunyo cuman mengkritik dan menyalahkan cubo bekaco dl siapo kamutu…………………….? kentut-kentut mulut kau yg bau kentut……….! Sekali lg bersikaplah dewasa, hadapi kenyataan sembari kito cari SOLUSINYO………………………bukannyo menyalahkan dan memfonis maitu…………..mano nak maju OKU Selatan ini, sebentar lg kan nak Pemilihan CABUB disino kito carilah pemimpin yg biso memajukan OKU Selatan.

  141. Selamat Datang di Bumi Serasan Seadanya
    Kabupaten terbusuk di Indonesia, terjelek, termiskin, terkorup.
    Semoga Allah Melaknat Para Pemimpin OKUS yang korup.

  142. ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ehk!…ehk ! ha ha ha ha ha ha ha ha ha selamat buat yang bikin blog.

  143. payah gale
    jeme palak betaguk

  144. dasarr payah jeme kite
    dasar palak betaguk…

  145. Makmane nak maju
    amu korupsi lum di berantas
    padahal kabupaten baru..
    Muaredue …badahku balik…

  146. salam ngah Dawi…
    di Pemda OKU SELATAN
    Kebile ngulang ke BEkasi…?

  147. Emboh, emboh, bantu, bantuk ni kuti unyin ni,,,,, kah bijak ngumung gawoh,,, ngumung kah pandai di maghdua gawoh,, cukah amon kuti merantau mit daerah ni hulun,,,,, pasti njuk sisui dugukan na kunyin

  148. Putik kunyin banguk ni kuti na,,,,, amon kuwawa dang kah di lom situs sa gawoh,,, kutunggu kuti di pasagh atau sepok’i nyak di sunur, kutebas kunyin batang galah ni kuti. At mik at si mak pandai di nyak..

  149. Amon kamu nak tau Bupati itu saudara aku, jika ado yang nyakiti dio, berarti samo bae kamu nyakiti aku. Kalau aku disakiti, team Sunur + team Herman Bangun dak bakalan diam.

  150. OKUS bupatinyo mantan preman…
    proyek-proyek okus digarap sama anteknyo + adik-kakaknyo + mantunyo…
    ndak cocok jadi pejabat bupati..
    okus ndak maju-maju…

    .

  151. kawan – kawan,sanak – sanak…gabung bae di facebook Group oku selatan 2010…apo lagi disano ado moderatornyo yang maling teriak maling…

  152. ado macam – macam kadidat bupati yang disebutkan di FB OKU Selatan 2010..tapi dak katik yang kompeten….ado yang la bebau2 korupsi…ahh sudah lah…bener kato kawan okus maju tu…aman masyarakat oku selatan masi dukung yang itu2 lah…idakan maju oku selatan….

  153. ali buto tunggu bae mato kau nak ku buto konian tinggal nunggu waktu bae kau pecak preman besak nian kau tau aku wong oki besak di rantau tunggu bae nak kutebas galo leher2 wong sunur itu

  154. payah amon jalma tiuh bugu munih jadi bupati,at bakalan berkembang malah hancur jadi wat, apalagi kroni2ni mata duit hik atpandai artini dosa perasaanni huriksa seunini padahal mon mati atpandai diusung duitni hasil korupsina si di usung kah dosa hik siksa kubur terus menerus sampai ahir jaman

  155. makonyo pilihlah calon bupati yg jujur,pintar dari segi apopun

  156. Skala ukur yg dipake supriyadi itu adalah skala ukur sentiemen terhadap pejabatnya bukan dngn skala realistis. otak km2 kebanyakan tidak jalan jadi ikut bae dngn pandangan serba buruk itu. bayangkan kalo oku selatan tdk jadi kabupaten… dak pacak kamu nak bekoar aku orang oku selatan…. pasti disebut msih orang dusun dan kecamatan lur km.. km yg pikiranyo idak jalan itu. OKU dan OKU Timur letaknya mmang sdh strategis dari semula jadi tinggal meneruskan saja seluruhnya. Lah kalo OKU selatan nak dipajai galo wong yg baru buka usaha, kebon kopi bapak2 km yg cuma 1/2 hektar… untuk naikan PAD matiiiiiiiii masyarakatnyo kalo dipaksa luuurrrrrr… jadi butuh pemikiran dan juga hati nurani dijalankan itu bru namanyaa pemimpin mengayomi dan melindungi masyarakat.. Jadi renungkanlah dan jalankan pikiran yg sehat itu baru km….. keluarkan pendapat km untuk membangunn bukan menyudutkan daerah sendiri.

  157. Tulisan supriyadi alias ical itu tidak berkelas karna cuman sekedar opini pribadi dio tanpa data… (omongan kelas warung) adakan research dulu sebaiknyaa kalo membandingkan lur kamu2 yg mbaco tu… jd idak sesat, sayang tangan km yg sudah biso mencet keyboard komputer tu tapi analisa pikiranyoo kurang jalan. malah caci maki kata2 kotor….. nah pertanyaanyooo siapo nian yg km nak jagokan sampai2 km menghujat bupati yg menjabat sekarang. itu lur biasonyooo biang permasalahanyooo…..
    ayoooollaahhhhh kito2 samo2 diskusi yg baguss lurrrr

  158. yg jelas bupati skarang ini memang goblok karena setiap ada yg mengkritik preman ini tidak terima bhkan langsung dimusuhi setiap ada yg mngkritiknya. bupati ini tergoblok diseluruh indonesia jadi mendingan tidak usah dipilih lg cari aja bupati yg pintar dan cerdas.

  159. ketertinggalan sebuah daerah,tergantung kepada sosok seorang pemimpin.Apakah ia ingin memajukan daerahnya atau tidak,dengan tidak luput dari pemikiran yang maju dan memang ingin berjuang untuk daerahnya.
    tidak lupa bahwa seorang pemimpin harus memiliki pendidikan dan kepribadian yang kuat.
    Saya rasa OKUS tidak akan tertinggal dan tenggelam

  160. uiii,,kwan2 yg lgi senang ngeritik, apo nian ketertinggalan di okus tu….?
    klo msalah bupati yg bengak idag, mungkin tpi klo bawahan nyo yg bengak itu mungkin krno pejabat2nyo tu byak wong miskin jd dyo pengen kayo..olh itu lah dyo korupsi manfaat ke bupati kito yg tamatan sma apo smp…?
    kito sbgai wrga yg baik dkunglah perjuangan mereka jka kalian sdh tdak snang lgi maka unt pemlhan bupati slnjutnya jgn dipilh lgi bupati yg lama dan jgn dikatoi trus kasian lah tuo bupati kito tu…

    hidup bupati okus…..
    matila ganjang para koruptor di okus………….

    hidup mahasiswa………………………………………………………………..

  161. Semua unek-unek kalian..disebabkan kesalahan yang berasal dari keluarga besar kita OKUS sendiri,sudah tau BUPATI. MUHTADIN SERA’I itu katanya tidak jelas basic disiplin ilmunya. KENAPA MASIH DIPILIH…itukan semua masyarakat OKUS yang memilih untuk menjadi Bupati OKUS…berartikan tidak bisa disalahkan MUHTADIN SERA’I… kalu seandainya masyarakat OKUS tidak setuju..AYO rame-rame semua elemen masyarakat TUNTUT bila perlu paksa untuk meninggalkan Jabatannya…siapa yang bisa menghalangi masyarakat yang marah….dengan catatan bersatu untuk kemajuan..hati-hati OKUS di ambang kehancuran,hanya masyarakat yang bisa mencegahnya..aparat,KPK,Dewan…semua itu ada prosedurnya..tapi kalau MASYARAKAT…hanya tuhan yang tau…MERDEKA

  162. Jgn bisanya menghujat berikan bahasa yang santun,Bpk H.Muhtadin Sera,i itu adalah seorang tokoh pejuang jadinya kabupaten OKU Selatan,jadi mari kita dukung beliau,jangan hanya di hujat,dicaci,dimaki,kalau itu ada kekeliruan pada beliau berikan saran kritikan demi untuk kesejahteraan masyarakat OKU Selatan,Trims dari masyarakat OKU Selatan S.Surono.Wijaya……Merdeka mudah2an OKUS Lebih maju lagi amiiiiiiiiii………………nnnnn

  163. kami wong dusun nak bepesan dikit untuk dulur2 dan kantik2 ;

    kalu kito nak ngomentari tulisan Andang Supriadi tentang OKU Selatan ini, baek kito nak dukung, nak mbantah apo nak ado aksi konstruktif, kendaknyo di pikirke dengan palak dingin.

    pengatuu nihan….kato wong ranau
    sampekelah… tulisan kamutu dengan caro yang baek…
    baek untuk pribadi kito yang komentar, dan baek jugo untuk pemerintah OKU Selatan yang kito kritik dan komentari
    bukankah tujuannyo adalah keadilan dan pemerataan pembangunan yang pada akhirnyo untuk kesejahteraan warga kito di dusun yang belum dan akan terjamah pembangunan dari hasil pemekaran Kab OKU Selatan….

    kato Pak Ustad di dusun…
    sekenyang-kenyangyo uwong yang makan duit rakyat,
    atau wong kayo tamak dan serakah yang idak pacak besyukur
    atau “jelma kesunu’an” yang sombong
    masih nak dicukupke jugo setelah dio makan tanah di liang lahat 1 x 2 meter…
    dan selapar-laparnyo kito di dusun idak sampai kelaparan pecak di somalia…

    jadi inti pesan kami wong dusun ini…
    apapun status kito…dan dimanapun posisi kito…
    kalu kito nak ngomong sepatah duo patah di forum yang banyak dibaco wong ini
    pikirke dulu ado manfaatnyo apo idak…?

    kadang kalu sampai tekabul…..omongan atau tulisan kito tu pacak jadi DO’A !!!
    ntah…. nak jadi baek… atau nak jadi betambah buruk untuk diri kito dewek yang akan datang..!!!

    semoga bae kito sanak sedulur dan sedusun jadi betambah baek dan berhasil…
    mudah-mudahan anak cucung kito di dusun khususnyo OKU Selatan pacak menikmati hasil pembangunan di kemudian hari dengan pemimpin yang adil dan amanah….aamiin

    mksh

    Wong Dusun

  164. Ass, Seluruh saudara-saudara OKUS.

    Masyarakat yang bisa maju adalah masyarakat yang dapat saling bekerja sama, tolong menolong, bahu membahu, dan bersatu untuk kemajuan daerah nya.

    jika kita ingin daerah OKUS dapat maju seperti daerah2 lainnya, mari kita bersama-sama saling bahu-membahu saling bersatu untuk membangun daerah ini tanpa terkecuali dia seorang pemimpin, pejabat, bawahan, maupun masyarakat biasa.

    tidak perlu kita saling menyudutkan, karena belum tentu kita lebih baik dan benar.
    lebih baik kita tanam kan pada diri kita dan masing-masing individu, fikirkan….

    apa yang kita bisa perbuat untuk daerah ini???

    dan apa yang sudah kita lakukan untuk daerah ini???

    Semoga bisa menjadi renungan kita semua, demi kemajuan daerah ini, daerah yang telah dibentuk dan di bangun oleh nenek moyang kita pada zaman kepuyangan hingga kita bisa ada seperti saat ini

    Wass,
    Sekindua jak Marga Buay Sandang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 747 pengikut lainnya.