Bakal Calon Bupati OKI Mulai Bersaing Tidak Sehat


imag0799.jpg

Cari Dukungan Iskandar Rajin Kondangan

Dekati masyarakat tolak sawit desa Rambai

Untuk memperkenalkan diri dalam rangka mencari dukungan, Iskandar SE, Wakil Bupati Ogan Ilir (OI) rajin menghadiri pesta, baik itu pesta perkawinan, sedekah Haji (Syukuran menjelang keberangkatan calon haji) maupun acara lainnya yang dihadiri oleh orang banyak orang di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kabupaten tetangga OI dimana ia minat untuk ikut dalam pencalonan Bupati nanti.

Hal ini diungkapkan oleh tokoh masyarakat Pampangan Ujang Iskandar Elfatih.

Selanjutnya tokoh yang juga ketua PMPB Pampangan ini mengemukakan bahwa akhir-akhir ini Wabup OI tersebut rajin menyambangi pesta yang dilaksanakan oleh warga di Kecamatan Pampangan dan Pangkalan Lampam.

“Berdasarkan keterangan warga bahwa kedatangan Pak Iskandar tersebut memang diundang karena memang masih ada “mambu serai kunyit” (masih ada hubungan keluarga-red). Namun selama ini beliau tidak pernah datang kesini, baru menjelang Pemilukada inilah beliau rajin kondangan menurut keterangan warga,” kata Ujang Iskandar.

Selanjutnya menurut Ujang Iskandar ini suatu fenomena baru bagi masyarakat, sebab dalam setiap kehadiran di acara tersebut sang Wabup selalu diminta untuk berpidato atas nama mewakili para tamu. Dalam sambutannya tidak segan-segan Iskandar memperkenalkan dirinya sebagai Wakil Bupati OI yang akan siap maju memperebutkan kursi nomor satu di OKI.

Hal senada juga dikatakan oleh beberapa warga kecamatan Pampangan dan Pangkalan Lampam yang ditemui oleh wartawan majalah INTEL beberapa waktu lalu.

Rahat, salah seorang warga desa Lirik kecamatan Pangkalan Lampam menyatakan memang benar Pak Iskandar Wabup OI hadir di pesta resepsi perkawinan anak salah seorang warga di desanya hari Senin (5/11/2007) lalu.

“Kalau memang ada sanak keluarganya disini kenapa selama ini tidak pernah datang kesini, baru nak Pilihan inilah, bahkan beliau diberi kesempatan pidato oleh MC untuk memperkenalkan diri sebagai calon Bupati OKI,” kata mantan Kades Lirik ini yang dibenarkan oleh warga lainnya.

Demikian pula menurut pengakuan masyarakat desa Rambai dan Perigi kecamatan Pangkalan Lampam. Salah seorang warga desa Rambai menyatakan bahwa Iskandar Wabub OI pernah kondangan di desanya Kamis (15/11/2007) sekitar tengah hari dan kemudian sorenya diteruskan ke desa tetangga Perigi (Talang Nangka).

Bahkan waktu di Rambai acara sedekah haji sudah selesai. hampir bubar tapi ada yang minta kumpul lagi di salah satu rumah warga untuk mendengar pidato Wabub OI yang juga calon Bupati OKI.

Menurut warga dalam sambutannya Iskandar disamping memperkenalkan diri juga sempat menyinggung masalah program sawit yang menjadi permasalahan di desa ini.

“Akibatnya sekarang kondisi desa kami (Rambai) yang sudah agak tenang sekarang menjadi memanas kembali dari kolompok tolak sawit, karena pengaruh dari pidato Wabup OI tersebut,” kata warga tadi.

Hal ini sangat disesalkan oleh Ketua PMPB Pampangan, “Selaku pejabat hendaknya jangan mengeluarkan statemen yang dapat meresahkan masyarakat. Saya memang tidak hadir dalam acara tersebut namun dari keterangan beberapa warga yang datang ke markas PMPB mereka bilang begitu. Namun perlu kita cermati dulu sebab permasalahan di Rambai dan Perigi adalah masalah yang kompleks. Tidak bisa dilihat hanya sepintas lalu atau mendengar sepihak dari orang-orang tertentu saja. Karena disana ada dua pendapat yaitu antara pro dan kontra sawit maka kita harus tahu dulu akar permasalahannya apa. Sedikit saja kita salah ngomong bisa saja diartikan berbeda bagi masing-masing kelompok.” Ungkapnya.

Selanjutnya tokoh yang akrab disapa Ujang ini menjelaskan bahwa akar permasalahan sebenarnya adalah karena ketidak-mengertian sebagian kecil masyarakat terhadap program sawit sehingga dikhawatirkan akan merugikan mereka. Kekhawatiran inilah sengaja dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu. Sebab informasi yang beredar disana bahwa sawit itu akan merugikan karena akan menggusur kebun karet rakyat, kemudian sungai akan menjadi kering karena dihisap oleh sawit lalu warga tidak bisa apa-apa lagi karena semua sudah menjadi milik perusahaan tanpa ada milik rakyat.

Padahal semua itu kan tidak benar, entah siapa yang menyebarkan issu seperti itu. Kami sebagai organisasi komitmen untuk mengamankan program Pemerintah, sedangkan perusahaan hanyalah pelaksana dari program tadi. Selagi mereka benar maka akan kami dukung tapi jika mereka melakukan kesalahan maka kami pun tidak akan tinggal diam. Masyarakat yang sudah terprovokasi kemudian dengan keras menolak karena image yang tercipta sawit merugikan tidak menguntungkan. Padahal sudah jelas Pemerintah tidak memaksa bagi masyarakat yang menolak, silahkan tapi jangan mengganggu yang ikut program. Namun kenyataannya mereka punya tedensi untuk menggagalkan program secara keseluruhan. Kan ini merugikan semua pihak bahkan merugikan negara karena menyangkut aset daerah yang juga aset negara.

Perlu diketahui lahan yang dikeluarkan izin nya oleh Bupati OKI adalah tanah basah atau lahan gambut yang selama ini tidak bisa dikelola secara manual kecuali dibakar waktu kemarau panjang yang disebut sonor, dan itupun akan dikembalikan kapada rakyat dalam bentuk plasma. Sedangkan lahan kering atau tanah talang tidak diganggu sama sekali. Informasi inilah yang selama ini sengaja diputar balikkan oleh pihak tertentu.

Jadi saya mohon kepada Pejabat jangan sembarang mengeluarkan statemen karena bisa jadi statemen tersebut akan menjadi boomerang menghantam dirinya sendiri.

“Program sawit di daerah ini bukan hanya program Bupati Ishak Mekki tapi juga Program Pak Gubernur bahkan program Revitalisasi adalah program nasional. Jadi menyelamatkan program adalah tugas kita semua selaku warga negara yang baik. Ini daerah saya jelas saya punya kepentingan untuk kemajuan desa saya. Lihat lah desa-desa yang telah tergabung dalam program sawit masyarakatnya sudah merasakan dampak positip dari program tersebut”, ujarnya.

Kenyataannya mereka yang merasakan manfaatnya jumlahnya jauh lebih besar dari yang menolak, bahkan mereka yang awalnya dulu menolak sekarang ikut merasakan hasilnya. “Jadi apa yang dulu mereka dengar dan mereka takutkan ternyata tidak terbukti” tandas Ujang mengakhiri pembicaraan. (Bdr)

About these ads

29 Tanggapan

  1. MANTAPKAN TEKADMU PAK IS..
    UNTUK SEGERA MEMIMPIN OKI. KAMI YAKIN BAPAK BISA MEMIMPIN RAKYAT SECARA ADIL DAN BIJAKSANA.
    KAMI MAU PEMIMPIN BERSIH DAN ELEGANCE, KUAT DALAM TEKAD MEMBANGUN TAPI RAMAH DAN TERBUKA DITENGAH RAKYAT.

  2. aku pikir yang tidak sehat ini justru berita headline nyo. dak ada yang bener. aku jadi heran berita seperti ini kurang bermakna bisa saja dimuat, bagi kami pak is wajar saja memenuhi permintaan undangan warga untuk datang hajatan, jangan diplintir plintir macem ini, beliau itu punyo guguk besar dari pematang panggang sampe ke palembang, jadi sekarang ini beliau jadi pejabat baru disorot terus aktivitasnya, padahal dari dulu sebelum beliau jadi pejabat, baek beliau maupun keluarga besaknya hubungan dengan sanak famili handai taulan serta kerabatnya sudah tejalin erat. dan sangat wajar bagi beliau yang punya tata krama mau punya hajat mencalonkan diri sowan dulu ke keluarga besar minta advis,saran dll.

  3. Memang mendekati masa pilkad sesuatu kurang mengenakkan bagi para Balon….kenapa??? karena sitiap tindak-tanduk mereka selalu dicurigai sebagai ajang cari dukungan..atau apalah namanya…yang jelas image itu tidak bisa lepas dari seorang balon….

  4. ya pak. kita kan orang orang yang sudah makan pendidikan , jadi gunakan ilmu kita itu untuk kemaslahatan umat, bukan untuk melintir umat dengan buat berita dak senonoh. baeklah kito demi kemajuan daerah kito dewek, jangan dijadikan ajang plintir plintiran, kesian dengan rakyat kito dewek jadi korban. mari kita belajar jujur dengan diri sendiri, kemudian baru kita jujur dengan tugas dan rakyat, akhirnyo kan kita jujur juga dengan Allah. nah itu yang ideal dicari dan didambakan rakyat.

  5. Assww. Betul nian pak hasan..
    kalu pendapat pak hasan seperti itu, artinya kami nak memilih calonnya pak hasan saja, dan kami juga siap untuk mengajak warga kami memilih calon yang bisa memenuhi harapan kami kampung kuta rajo. wass.

  6. Kembali ke Judul: “Bakal Calon Bupati OKI Mulai Bersaing Tidak Sehat”
    Aii Lur,wartawannya sudah benar. Masalahnya barang kali yang bersaing itu gak pernah baca koran. Di koran kan banyak sekali dimuat iklan berobat gratis. Mereka berobat mungkin takut biayanya mahal. Jadi mereka bersaingnya tidak sehat. Cepet gih berobat, mumpung gratis. Jadi bersaingnya bisa sehat gituu.

  7. na..itula awak ni ..sudah makmur idup ,,masih bae berobat nak nyari gratis gratisan…lur yang grratis itu cuma untuk wong dak mampu..aaii..kau nih cemekekan nian,buntut udang kau tu kepanjangan,,ha ha ha ha ha ..

  8. haha…haha…haha. lamun bukan soal biaya, artinyo dio wong tu memang ladas besaing dak sehat? kito rakyat ni berejo pulo. ibarat buntut udang kau tadi, kipat kanan mundur kiri, kipat kiri mundur kanan.

  9. ha ha ha ha ha..
    jangan kau balek baleken…
    yang punyo buntut udang panjang itu kau, bukan aku..ha ha 1000x

  10. Saya dukung iskandar
    karena kami mendambakan pemimpin yang arif dan bijaksanan.
    Iskandar di dikamu banyak harapan rakyak menunggu dan mendukungmu, karena kamu mempunyai predikat pemimpin yang bersih, elegance, kuat dalam tekad membangun tapi ramah dan terbuka di tengah rakyat.
    Pematang mendukungmu……………… Bravo!

  11. Menciptakan image yang positif oleh para calon dalam kontestan pesta demokrasi adalah fenomena yang sudah lumrah. Akan tetapi ada catatan yang saya akan berikan pada para calon : dalam mencari simpatik pada masyarakat jangan membuat persolan baru yang nantinya akan berujung pada persaingan tidak sehat antara kalian semua. Pada hal kalian harus menjadi teladan yang baik, karena kalian akan diplih rakyat dan akan memimpin rakyat. (Budak OKI, study di Jogja)

  12. ya sepertinya bapak iskandar ini sangat tepat untuk dipilih para konstituen OKI untuk dijadikan pemimpin berikut. kami baca dari latar belakang pribadi beliau dan sejarah keluarga besar beliau dalam berkiprah di pemerintahan daerah OKI, patut mendapat acungan jempol…..mari kita sama sama mendukung putra daerah terbaik untuk dijadikan pemimpin kita.
    salam kami dari jauh buat bapak iskandar dan keluarganya, semoga semua warga OKI memilih beliau…kami gantungkan asa kepada mu wahai bapak yang bijak dan tegar.

  13. terimakaseh bung nirwan, saya sudah terima fax dari anda data data jagoanmu. kami juga setelah membacanya menjadi sangat antusias bahwa beliau sesungguhnya sangat pas untuk menjadi pemimpin kami setelah ini. tadinya kami dak punya harapan tentang siapa yg terbaik akan kami pilih, tapi ternyata memang betul setelah kami tahu dan bertanya kepada masy. bahwa bapak kita ini orangnya sedikit bicara tapi banyak kerja, ramah tidak kebesakan segek, membaur dengan semua masyarakt itu sudah sejak zaman kakek buyutnya, cerdas dan pintar serta piawai dalam memimpin secara bijaksana, terbukti beliau pada saat pemilihan salah satu ketua dpw partainya,, beliau sukses, menandakan beliau ini pintar cerdas disenangi banyak orang, serta karakternya sangat kuat dalam kepemimpinan.
    wassalamu’alaikum ww

  14. pilhlah yang sudah berpengalkaman dan telahg teruji kepemimpinannya, kemajuan OKI yang selama hampir 5 tahun telah dinakodai oleh sosok pemimpin yang merakyat,terbuka alias tidak Sombong lagipula bersipat Darmawan.
    sipat tersebut melekat pada Sosok Ir.H.Ishak Mekky,MM.
    Sepatutnyalah kita dukung beliau untuk melanjutkan kepemimpinanya .

  15. saya pilih iskandar sbg bupati oki, sebab pejabat yang sekarang cuma banyak janji tapi tidak ada yang benar-benar bekerja untuk rakyat, katanya program sekolah gratis, berobat gratis, SIM gratis, KTP gratis, semua serba gratis, tapi kenyataannya yang gratis cuma keluarga dan kerabatnya saja,padahal keluarga dan kerabatnya sudah kaya raya. sekarang KKN nya nggak ketulungan bos, trus siapa yang menentang disikat, dibanding iskandar lebih parah ishak, kalau dia berkunjung ( kampanye red ) duit yang dipakai ya.. duit siapa lagi kalau bukan duit untuk APBD

  16. saya setuju dengan mas nirwana, bupati membuat program sekolah gratis (hal ini sudah dicanangkan dari beberapa tahun lalu ), sedangkan dari anggaran APBD, untuk bantuan kesekolah-sekolah hanya beberapa persen dari kalau sekolah tersebut memungut biaya dari siswanya, nah bisa kita tebak, sekolah menjadi kalang kabut untuk membiayai kebutuhannya, apalagi sekarang persaingan antar sekolah di OKI sangat kompetitif dalam mengejar prestasi,bisa kita bayangkan kalau sekolah tersebut gratis, dari mana sekolah membiayai keperluan untuk kemajuan sekolah, seperti kegiatan ekstrakurikuler siswa, fasilitas penunjang mutu sekolah, gaji guru honor dan sebagainya, kalau sekolah hanya menunggu dan mengharap bantuan dari pemerintah daerah yang jumlahnya hanya 35% dari kebutuhan sekolah tersebut dan turunnya pun tidak setiap bulan, bisa kita pastikan pendidikan di sekolah tersebut tidak akan seperti yang kita harapkan dan lama-lama sekolah tersebut akan menjadi kandang kambingggg…..yang sekolahnya juga kambing, yang mengajar juga kambing, baru sekolah tersebut sukses sebagai sekolah gratis

  17. yth, pak iskandar
    sekiranya boleh kami berpesan sama bapak, apabila tuhan mengizinkan bapak memimpin daerah OKI nanti, berbuatlah yang terbaik dan menjadi suri tauladan bagi masyarakat OKI, seperti apa yang sudah diperbuat oleh orang tua bapak terdahulu memimpin Indralaya, pampangan, pendopo dll, orangtua bapak sungguh seorang pemimpin legendaris, tak ada satu sen pun dibawa sewaktu beliau pensiun, inipun diakui oleh gubernur waktu itu yaitu bapak H.Asnawi Mangku alam,alm. dan seluruh masyarakat daerah yang pernah beliau pimpin,semua mengakui,,, bahkan pak gubernur asnawi almarhum bercerita bahwa orang tua bapak menolak untuk dicalonkan sebagai salah satu camat di DKI, pecalonan ini dikarenakan beliau adalah salah satu pemimpin yang terbaik dan yang terbersih tetapi pencalonan ini beliau tolak secara halus lantaran beliau sangat idealis dengan daerah kita ini. bahkan sebelumnya karier militer beliau pun sangat sangat mengesankan sampai sampai beliau menjadi salah satu tentara 45 andalan sumsel yang dikirim ke divisi siliwangi menumpas pasukan kartosuwiryo,
    (cerita ini saya dapatkan dari arsip buku harian kakek saya sebagai sahabat karib orang tua bapak iskandar.)

    salam kami dari jauh.

  18. waauu…
    alangkah lemak punyo pemimpin seperti orang tua pak iskandar itu, kalau sekarng ini mungkin tak ado lagi orang yang mempunyai pendirian begitu kuat. mudah2an anaknya bisa meneruskan sifat sifat kepemimpinan bapaknya, BUAH MANGGA TAK AKAN JAUH JATUH DARI POHONNYA. amin…

  19. MOHON MAAF SEBELUMNYA, SAYA TERKESAN DENGAN SIKAP ORANG TUA PAK ISKANDAR, SAYA INGIN MENEKANKAN BAHWA INILAH YANG NAMANYA PENGABDIAN SESUNGGUHNYA, SUNGGUH SUNGGUH MENAKJUBKAN APABILA TAK ADA KENANG KENANGAN BAIK BERUPA UANG, TANAH ATAU YANG LAINNYA YANG DIBAWA SAAT PENSIUN, DALAM MENGABDI KE NEGARA DARI MULAI MASA KETENTARAAN 45, SAMPAI MENJADI PIMPINAN BERBAGAI DAERAH YANG BEGITU BANYAKNYA. COBA KITA BAYANGKAN DAN KITA BANDINGKAN DENGAN MASA SEKARANG INI, SEPERTI LANGIT DENGAN BUMI TIPE KEBANYAKAN PEJABAT KITA SEKARANG KALAU DIBANDINGKAN DENGAN ORANG TUA PAK ISKANDAR. YANG JADI PERTANYAAN SEKARANG APAKAH SIKAP PAK ISKANDAR INI MENCERMINKAN GAYA KEPEMIMPINAN ORANG TUANYA ? KALAU MELIHAT GAYA PAK ISKANDAR SEKARANG INI BETULAH KATA PAK MARLIN, BAHWA BUAH MANGGA TAK AKAN JAUH JATUH DARI POHONNYA, SEMOGA PAK ISKANDAR…KAMI SANGAT BERHARAP BANYAK DENGAN BAPAK. DAN KEPADA MASY. YANG BELUM SEMPAT DITERIMA MENGHADAP PAK ISKANDAR JANGAN DULU BERKECIL HATI, JANGAN LANGSUNG MENGANGGAP BELIAU MENGECEWAKAN, INILAH TYPE PEMIMPIN YANG SEBENARNYA, DIA TAHU WAKTU, MANA YANG HARUS DIDAHULUKAN MANA YANG TIDAK. KARENA BEGITU SELESAI SAYA MENGHADAP BELIAU, KESAN SAYA PERTAMA, OHH… INILAH YANG NAMANYA PEMIMPIN, SUBHANALLAH…..

  20. salut !!
    buat calon bupati OKI,, Yth, bpk ISKANDAR.
    kami dukung anda walau kami orang MUBA, karena kami tahu background ortu bapak saat beliau menjabat daerah PENDOPO- TALANG AKAR.
    Pesan kami jangan jauh jauh typikal bapak dengan typikal ortu bapak ya ..
    S E L A M A T………….

  21. BRAVO PAK ISKANDAR ….
    WARGA CENGAL MENANTIKAN KEPEMIMPINANMU ..

  22. HIDUP ISKANDAR SE
    KAMI WARGA PULAU KEMANTUNG MENANTIKAN BAPAK
    KAMI SEKARANG SUSAH HIDUP, SEMOGA BAPAK NANTI DAPAT MERUBAH HIDUP KAMI, PEMIMPIN SEKARANG BESAK OMONG ****

  23. kami warga jejawi + sp padang + berkat + Karang agung+ ulak jermon dan sekitarnya, sudah banyak dapat ampau dari pak bupati, tapi saya sebagai ketua karang taruna bersama seluruh warga kami tetap dengan tekad bulat mendukung calon bupati yang jujur dan bermental pemimpin yang baik yaitu putra daerah kami yang terbaik yth, bapak ISKANDAR SE.

  24. Di koran Sumseks berapo ari liwat kubaco Pemerintah OKI menelantarkan perpustakaan. Katonyo melanggar undang-undang. Kamu di OKI tu cubo cari wong laen bae lah. Pembangunan tu bukan cuma fisik tapi juga SDM. Gedung tu di lantak tsunami, puting beliung, banjir abis.. nak mbangun lagi perlu wong yang berotak pinter lur..

  25. betul nian wak budi, bukan pustaka bae yang ditelantarkan, tapi kami warga oki keseluruhan yg dak punyo akses ke raje, telantar galo, cuma orang orang dekat sajo yang lemak.
    hidupppp.. bapak ISKANDAR SE
    besar harapan kami kepada bapak

  26. pak suk..
    pak iskandar itu bukan bae warga jejawi + sp padang..
    beliau juga ibunya asli dari adumanis. anak cucu ketib ismail alaydrus, ketib darmo alaydrus…jadi beliau bisa juga dikatakan jelma komering
    salam kami dari p. kemantung, tj. lubuk.

  27. waduh..kami warga mesuji juga kepingin bapak iskandar SE, segera dadi pemimpin oki, yang lamo wislah minggat.

  28. Iskandar SE,
    sosok pemimpin masa depan..
    tidak pernah melakukan korupsi apalagi intervensi terhadap anak buah..
    MAJULAH TERUS PAK IS…
    KAMI PAGUYUBAN PUJASUMA AKAN MENETAPKAN BAPAK SEBAGAI PILIHAN KAMI…
    JANGAN ADA KORUPSI, NEPOTISME DAN KOLUSI DALAM PEMERINTAHAN BAPAK NANTI, APALAGI INTERVENSI SEPERTI YANG SUDAH TERJADI SEKARANG INI

  29. kalo biso kabupaten oki dimekarkan lagi,soalnya banyak nian kampung yang blm ailakukan pembangunan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 747 pengikut lainnya.