Jembatan Ampera Dikhawatirkan Ambruk


ampera1.jpg ampera2.jpg

Satu-satunya jembatan megah peninggalan masa Presiden Sukarno yang telah menjadi simbol Kota Palembang adalah Jembatan Ampera. Jembatan besar yang menghubungkan kawasan ulu dan ilir sungai Musi ini kondisinya sudah tak sekokoh dulu lagi. Apalagi jumlah kendaraan yang menjadi beban jembatan setiap harinya terus bertambah banyak. Bahkan kerap kali jembatan Ampera menjadi jalur macet.

Perencanaan pembangunan Jembatan Ampera jaman dahulu ternyata sudah memperhitungkan kondisi di jaman ini. Jembatan Ampera yang di bangun puluhan tahun itu ternyata masih mampu bertahan dalam kondisi sakarang dengan beban yang sangat jauh berbeda. Bahkan, saat ini pemerintah kita nampaknya tak berani membangun jembatan sekelas jembatan Ampera yang memadukan kontruksi dengan teknologi. Jembatan Musi II yang belum setua Jembatan Ampera saja kondisinya tak sekokoh jembatan Ampera.

Setiap tahun pemerintah selalu menganggarkan dana yang sangat besar untuk perbaikan jembatan Ampera. Namun kita hanya mendapati perbaikan dimaksud hanya berupa pengecetan dan perbaikan alakadarnya saja. Sedangkan dibagian struktur jembatan sama sekali tidak pernah diusik.

ampera-lama.jpg ampera-lama1.jpg

Jika kita menengok ke bagian pondasi tiang jembatan Ampera, kita akan melihat kondisi yang mengkhawatirkan. Tiang jembatan sudah mulai rusak corannya. Namun belum pernah sekalipun hal itu diperbaiki.

Beberapa kali tiang jembatan ampera tersenggol kapal ponton pengangkut batubara. Setiap kejadian maka akan diminta denda kepada pemilik kapal dengan jumlah sangat besar. Bisa milyaran rupiah. Alasannya untuk perbaikan. Namun uang yang besar tersebut tak diketahui lagi kemana raibnya, sebab setiap ada perbaikan jembatan ampera selalu menggunakan biaya dari APBD dan APBN. Belum pernah ada laporan tentang penggunaan uang hasil denda dari perusahaan kapal yang menabrak tiang jembatan.

Saat ini kondisi jembatan ampera memasuki masa yang sangat kritis. Jika tidak diperbaiki maka dikhawatirkan akan ambruk.

Menurut pihak Pemprop Sumsel, tahun depan akan dianggarkan dana perbaikan jembatan ampera dengan jumlah yang sangat besar. Bisa puluhan hingga ratusan milyar. Tapi kita tidak tahu pasti siapakah kontraktor yang akan dipercaya untuk mengerjakannya. Sebab jika kontraktor yang masih kroninya Gubernur tak satupun yang beres. Mereka sekedar cuma bisa mengeruk untung saja.

About these ads

2 Tanggapan

  1. Jembatan Ampera Dikhawatirkan Ambruk, mungkin dari konstruksinya ya…, bagus itu dipertanyakan, namun yang pasti menurut saya satu persatu Simbol Sriwijaya kita akan pupus ditelan koruptor, sepanjang kkn masih bertelur binak di Provinsi ini kemungkinan besar siapapun yg jadi pemborongnya akan tetap melakukan perbaikan hanya sebatas pengecatan. Tolong masalah Jembatan Ampera terus di muat dengan informasi yang up to date, jangan sampai yang lama kita tinggalkan, sementara Musi III kita mulai, atau kita tak mampu merawat yang lama. Saya sangat setuju Ampera diperhatikan terus…., Salam

  2. raso pempek tuh kurang di jembatan tuh bos makonyo jembatan tuh ambruk…sundul gan buat korupsi…wkwkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 744 pengikut lainnya.